Sunday, September 10, 2023

Soal USP C2 Administrasi Transaksi 2023

 Soal C2 Administrasi Transaksi 2023

1.Transaksi pembelian dan penjualan dapat dibedakan menjadi berikut, kecuali…

a. pembelian tunai
b. penjualan tunai
c. 
kontrak sama
d. pembelian kredit
e. penjualan kredit

 

2.Cek, Bilyet giro, Cek perjalanan, draft uang, order uang dan letter of credit termasuk…

a. uang giral
b. uang kontan
c. uang saham
d. uang kartal
e. uang domestic

 

3.Bebera pihak yang terkait sehubungan dengan penggunaan cek adalah berikut ini, kecuali..

a. penerbit
b. pembawa
c. 
penerima
d. pemegang
e. pengganti

4.Surat berharga yang berisi perintah tak bersyarat dari bank penerbit, disebut…

a. cek bersilang
b. 
bank draft
c. cek perjalanan
d. vocer pembayaran
e. cek melambung

 

5.Diterbitkan oleh toko/perusahaan yang bersangkutan , baik yang diperoleh pelanggan dengan membeli sendiri atau diterima sebagai hadiah dari pihak lain, yaitu…

a. cek bersilang
b. bank draft
c. cek perjalanan
d. 
vocer pembayaran
e. cek melambung

 

 

6.Fungsi peralatan penjualan /mesin-mesin bisnis adalah berikut ini , kecuali…
a.
mencatat secara langsung setiap transaksi tunai
b.lebih efisien dalam penggunaan waktu, tenaga dan biaya
c.mempercepat dalam menyelesaikan pekerjaan
d.meminimalkan kesalahan saat menghitung
e.data yang diperoleh lebih akurat

 

7.Seperangkat system computer Kasir yang terdiri dari system operasi, hardware dan software yaitu.
a. bank draft
b. cash register
c. EDC merchant
d. 
POS (Point of Sale)
e. Barcode scanner

 

8.Printer yang digunakan untuk mencetak etiket label atau barcode pada produk yaitu…
a. 
printer barcode
b. alat untuk scan barcode
c. printer kasir atau mini printer
d. bank draft
e. vocer pembayaran

 

9.Printer yang digunakan untuk mencetak kertas struk , yaitu…
a. printer barcode
b. alat untuk scan barcode
c. 
printer kasir atau mini printer
d. bank draft
e. vocer pembayaran

 

10.Penjualan dengan tenggang waktu rata-rata di atas satu bulan …
a. 
Penjualan kredit
b. E-Commerce
c. penjualan grosir
d. Paypal
e. penjualan ekspor

 

11.Perdagan secara elektronik…
a. Penjualan kredit
b.
 E-Commerce
c. penjualan grosir
d. Paypal
e. penjualan ekspor

 

12.Alat pembayaran internasional yang digunakan untuk transaksi keuangan..
a. Penjualan kredit
b. E-Commerce
c. penjualan grosir
d. 
Paypal
e. penjualan ekspor

 

13.Istilah perbankan untuk suatu cara pembayaran yang hampir merupakan kebalikan dari system cek adalah…
a. Surat pesanan
b. on account
c. surat order
d. 
Giro
e. sales invoice

 

14.Purchase order (PO) adalah…
a. 
Surat pesanan
b. on account
c. surat order
d. giro
e. sales invoice

 

15.Faktur penjualan…
a. Surat pesan
b. on account
c. surat order
d. Giro
e. 
sales invoice

 

16.Pemberian bantuan
a. Retur pembelian
b. potongan penjualan
c. 
“ad” dan “ministrare”
d. Alur penerimaan kas
e. perusahaan dagang

 

17 Kegiatan pokoknya membeli barang dengan tujuan untuk dijual kembali tanpa merubah sifat dan bentuknya…..
a. Perusahaan jasa
b. perusahaan manufaktur
c. perusahaan sedang
d. 
Perusahaan dagang
e. perusahaan kecil

 

18.Pembeli berhak mengembalikan barang yang rusak tersebut kepada penjual, disebut…
a. 
Retur pembelian
b. pengiriman barang
c. asuransi pembelian
d. Potongan pembelian
e. pengiriman pembelian

 

19.Untuk merangsang pembeli agar segera membayar utangnya, sebelum jatuh tempo yang ditetapkan…
a. Retur pembelian
b. penawaran
c. 
potongan penjualan
d. Asuransi pembelian
e. penghapusan hutang

 

20.Penerimaan uang tunai dimulai dari terjadinya transaksi yang menyebabkan penerimaan kas…
a. Retur pembelian
b. 
alur penerimaan kas
c. paypal
d. Retur penjualan
e. potongan penjualan

 

21.Apabila pembelian barang yang dikembalikan adalah suatu transaksi yang dibayar secara tunai, maka …
a.
Penjual akan mengembalikan uangnya 

b.pembeli itu mengalami kerugian atas barang
c.Penjual tidak mengembalikan uangnya
d.penjualakan meminta uang kembali
e.Kembalian barang tidak diterima

 

22.Apabila perusahaan melakukan penjualan secara kredit , maka perusahaan akan membuat…
a. Faktur dan kuitansi
b. faktur dan surat jalan
c. kuitansi dan nota
d. 
Faktur dan nota
e. faktur dan nota tunai

 

23.Bagi pedagang ,barang yang dibeli akan dijual kembali dengan maksud untuk memperoleh…
a. Pelanggan
b. 
keuntungan
c. titik impas penjualan
d. Laporan penjualan
e. omset penjualan

 

24.Jasa perseorangan , yaitu perusahaan yang memberikan jasa dengan tujuan memuaskan kebutuhan yang bersifat…
a. Kelompok
b. group
c. tidak ada tujuan perorangan
d. 
Perorangan
e. kelas

 

25. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, kecuali..
a. Faktor agama
b. Faktor kebudayaan
c. Faktor psikologi
d. Faktor sosial
e. Faktor personal

26. Sebuah kelompok yang mampu memberikan pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap perilaku seseorang dalm melakukan pembelian di toko ritel merupakan penjelasan dari ..
a. Kelompok acuan
b. Motivasi
c. Gaya hidup
d. Kelas sosial
e. Peranan dan status

27. Pikiran deskriptif yang dianut seseorang mengenai suatu hal adalah pengaruh dari faktor..
a. Faktor psikologi
b. Faktor agama
c. Faktor kebudayaan
d. Faktor personal
e. Faktor social

28. Pengaruh yang ada di faktor pribadi dalam perilaku pembelian konsumen, kecuali..
a. Persepsi
b. Gaya hidup
c. Usia dan tahap daur hidup
d. Kepribadian
e. Pekerjaan

29. Berikut ini yang termasuk dari perilaku konsumen ritel irrasional adalah..
a. Konsumen memilih barang yang mutunya terjamin
b. Konsumen memilih barang-barang bermerek atau branded yang sudah dikenal luas
c. Konsumen memilih barang sesuai kebutuhan
d. Konsumen memilih barang yang harganya sesuai dengan kemampuan konsumen
e. Barang yang dipilih konsumen memberikan kegunaan optimal bagi konsumen

30. Sebuah kegiatan yang memahami permasalahan kebutuhan yang dialami, maka pada saat itu seorang konsumen akan aktif dan berusaha untuk mencari tahu bagaimana cara menyelesaikan masalah kebutuhannya pada saat itu merupakan pengertian dari ..
a. Pengetahuan
b. Pencarian informasi
c. Motivasi
d. Kepribadian
e. Kelompok acuan

31. Yang tidak termasuk bagian dari karakter pelanggan adalah..
a. Pelanggan adalah orang yang teramat penting bagi perkembangan usaha ritel
b. Pelanggan merupakan orang yang berada dalam perusahaan dan memiliki pengaruh pada perkembangan pekerjaan atau usaha ritel
c. Tidak ada seorangpun yang pernah menang beraduu argumentasi dengan pelanggan
d. Pelanggan adalah orang yang tidak tergantung pada kita, tetapi kita yang tergantung padanya
e. Pelanggan adalah orang yang membawa kita kepada apa keinginannya

32. Perilaku konsumen yang mudah terbujuk oleh iming-iming diskon atau marketing dari suatu produk tanpa mengedepankan aspek kebutuhan atau kepentingan termasuk dalam perilaku konsumen ..
a. Perilaku konsumen rasional
b. Perilaku konsumen irrasional
c. Perilaku konsumen impulsive
d. Perilaku konsumen yang kompleks
e. Perilaku konsumen yang mengurangi perbedaan

33. Faktor psikologi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membuat keputusan pada pembelian. Salah satu faktor psikologi tersebut adalah…
a. Kepribadian
b. Keadaan ekonomi
c. Pengetahuan
d. Gaya hidup
e. Pekerjaan

34. Perilaku konsumen yang bersifat rasional adalah tindakan perilaku konsumen dalam pembelian suatu barang dan jasa yang mengedepankan aspek-aspek konsumen secara umum. Adapun ciri-ciri perilaku konsumen rasional adalah …
a. Konsumen sangat cepat tertarik dengan iklan
b. Konsumen memilih barang beremerk
c. Konsumen memilih barang yang mutunya terjamin
d. Konsumen memilih barang bukan berdasarkan kebutuhan
e. Konsumen mementingkan gengsi atau prestise

35. Apabila seorang konsumen telah melakukan pembelian di toko ritel bias selanjutnya melakukan evaluasi pada pembelinya termasuk kegiatan..
a. Keputusan pembelian
b. Pencarian informasi
c. Evaluasi pasca-pembelian
d. Memahami kebutuhan pribadi
e. Mengevaluasi alternative

36. Yang dimaksud dengan perilaku konsumen adalah..
a. Kumpulan berbagai faktor yang saling berinteraksi
b. Setiap orang yang mendapatkan barang atau jasa untuk digunakan dengan tujuan membuat barang dan jasa lain untuk diperdagangkan
c. Hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian
d. Kegiatan menyeluruh dan terencana yang dilakukan oleh suatu perushaan atau institusi dalam melakukan berbagai upaya agar mampu memenuhi permintaan pasar
e. Pengadaan barang atau jasa untuk keperluan konsumsi

37. Berikut ini definisi perilaku konsumen menurut Schiffman dan Kanuk adalah..
a. Proses membagi interaksi dinamis dari pengaruh kesadaran, perilaku dan lingkungan di mana seseorang melakukan pertukaran aspek kehidupannya
b. Suatu usaha bisnis yang berusaha memasarkan barang dan jasa kepada konsumen akhir yang menggunakannya untuk keperluan pribadi dan rumah tangga
c. Suatu proses yang dilalui oleh seorang pembeli dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi serta bertindak pada konsumsi barang dan jasa, maupun ide yang diharapkan dapat memenuhi kebetuhan seseorang tersebut
d. Aktivitas ketika seseorang mendapatkan, mengonsumsi atau membuang barang atau jasa pada saat proses pembelian
e. Kegiatan memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki

38. Berikut ini yang mempengaruhi perilaku konsumen menurut faktor psikologi, kecuali..
a. Sikap pendirian
b. Persepsi
c. Motivasi
d. Kebudayaan
e. Pengetahuan

39. Orang berasal dari sub kultur, kelas sosial, bahkan dari pekerjaan yang sama, mungkin mempunyai gaya hidup yang berbeda adalah penjelas dari perliaku konsumen faktor … dan pengaruh ..
a. Keadaan ekonomi
b. Peranan dan status
c. Pekerjaan
d. Gaya hidup
e. Keluarga

40. Menurut ilmu bisnis dan pemasaran ada 2 faktor elemen utama yang mempengaruhi perilaku konsumen, yaitu..
a. Faktor pribadi & faktor psikologi
b. Faktor psikologi & faktor kebudayaan
c. Faktor pribadi & faktor sosial
d. Faktor kebudayaan & faktor sosial
e. Faktor psikologi & faktor kebudayaan

41. Pekerjaan, kepribadian, dan gaya hidup merupakan pengelompokkan konsumen berdasarkan..
a. Astronomi
b. Ekonomi
c. Geografi
d. Perilaku
e. Sosial ekonomi

42. Orang yang berada dalam perusahaan dan memiliki pengaruh pada perkembangan pekerjaan atau usaha ritel merupakan pengertian dari..
a. Manager
b. Owner bisnis ritel (pemilik)
c. Pelanggan antara
d. Pelanggan eksternal
e. Pelanggan internal

43. Yang bukan termasuk dasar konsumen dalam mengambil keputusan pembelian adalah..
a. Harga
b. Kualitas
c. Fungsi atau kegunaan barang
d. Fashionable
e. Keuntungan

44. Pelayanan merupakan sebuah kegiatan yang ditawarkan kepada konsumen atau pelanggan yang dilayani, yang bersifat tidak terwujud dan tidak dapat memiliki merupakan penjelasan cara ..
a. Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya
b. Menarik minat konsumen untuk belanja
c. Manfaat ekonomis
d. Bentuk pelayanan penjual eceran
e. Memuaskan konsumen dengan pelayanan baik

45. Kegiatan seorang konsumen yang telah mendapatkan informasi yang tepat, yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan pembelian di toko ritel adalah kegiatan ..
a. Keputusan pengambilan
b. Pencarian informasi
c. Evaluasi pasca-pembelian
d. Memahami kebutuhan pribadi
e. Mengevaluasi alternative

46. Sebuah proses individu dalam memilih, mengatur, dan menginterpretasikan masukan-masukan informasi untuk menciptakan sebuah gambar keseluruhan yang berarti, merupakan bagian faktor psikolgi dalam ..
a. Pekerjaan
b. Kepercayaan atau sikap pendirian
c. Persepsi
d. Motivasi
e. Kebudayaan

47. Yang bukan termasuk pelayanan sebelum pembelian..
a. Gravir (pengukiran)
b. Periklanan
c. Tukar tambah
d. Jam belanja
e. Menerima pesanan lewat telpon

48. Seorang pembeli atau pemakai produk akhir yang sering disebut dengan pelanggan nyata, ia juga merupakan orang yang membayar untuk menggunakan produk yang dihasilkan merupakan definisi dari ..
a. Pelanggan internal
b. Kelompok acuan
c. Pelanggan eksternal
d. Motivasi
e. Pelanggan antara

49. Berikut ini bagian dari pelayanan setelah penjualan:
1) Penyetelan
2) Jahitan
3) Pengiriman dengan sistem COD
4) Kamar pasar
5) Pengembalian
6) Pemaren etalaser
Berdasarkan uraian di atas, yang termasuk pelayanan setelah penjualan ditujukkan pada nomor..
a. 1, 3, & 4
b. 2, 5, & 6
c. 1, 2 & 3
d. 2, 4, & 5
e. 3, 5, & 6

50. Perhatikan analisis berikut:
1) Restoran
2) Bengkel
3) Kredit
4) Penguangan cek
5) Parker cuma-cuma
Berdasarkan analisis di atas merupakan bagian dari ..
a. Kunci sukses bisnis ritel
b. Pelayanan tambahan
c. Pendapatan
d. Pelayanan setelah penjualan
e. Pelayanan sebelum pembelian

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment