Lembar Kerja NA 1.
Tugas
1: Analisilah keterkaitan antara SKL, KI dan KD
dari mata pelajaran yang Anda ampu, menggunakan format di bawah ini
Mata Pelajaran : Produk Kreatif dan Kewirausahaan
Kelas
:
XI
KOMPETENSI
INTI 1
(SIKAP SPRITUAL)
|
KOMPETENSI
INTI 2
(SIKAP SOSIAL)
|
ANALISIS DAN
REKOMENDASI KI
|
1
|
2
|
3
|
|
|
|
Keterangan pengisian kolom sbb:
1. Kompetensi Inti Sikap Spritual
(KI-1) berdasarkan KI-KD mata pelajaran/silabus
2. Kompetensi Inti Sikap Sosial (KI-2)
berdasarkan KI-KD matapelajaran/silabus
3. Analisis:
KI-1dan KI-2 mata pelajaran untuk tingkat
program pendidikan 3 tahun/4 tahun (sesuai ranah /tidak sesuai ranah)
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
ANALISIS DAN
REKOMENDASI KI
|
1
|
2
|
3
|
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada tingkat teknis, spesifik,
detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian
dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan
alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah
sesuai dengan bidang kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai
dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
sesuai tingkat program pendidikan KI yang sesuai tingkat program pendidikan
|
Keteranganpengisiankolomsbb:
4. KompetensiIntiPengetahuan
(KI-3) berdasarkan KI-KD matapelajaran/silabus
5. KompetensiIntiKeterampilan
(KI-4) berdasarkan KI-KD matapelajaran/silabus
6. Analisis:
KI-3 dan KI-4 matapelajaranuntuktingkat program pendidikan 3 tahun / 4 tahun
(pilih salah satu) dan (sesuai ranah /tidak sesuai ranah)
Rekomendasi: sesuai / tidak sesuai tingkat
program pendidikan (pilih salah satu), jika tidak sesuai cantumkan KI
yang sesuai tingkat program pendidikan.
KOMPETENSI DASAR SIKAP
SPRITUAL
(KD-dari KI-1)
|
KOMPETENSI DASAR SIKAP
SOSIAL
(KDdari KI-2)
|
Analisis tingkat taksonomi dan
rekomendasi
|
Analisis Ketepatan
pemilihan kata kerja taksonomi terhadap
materi dan rekomendasi
|
||
Taksonomi KD dari KI-1
|
Taksonomi KD dari KI-2
|
Taksonomi KD dari KI-1
|
Taksonomi KD dari KI-2
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1.1
|
2.1
|
|
|
|
|
1.2
|
2.2
|
|
|
|
|
1.3
|
2.3
|
|
|
|
|
1.8
|
2.8
|
|
|
|
|
1.9
|
2.9
|
|
|
|
|
Keteranganpengisiankolomsbb:
1. KompetensiDasarSikapSpritual
(KD-1) sesuaimatapelajaran
2. KompetensiDasarSikapSosial
(KD-2)
sesuaimatapelajaran
3. TentukantingkattaksonomiKompetensiDasarSikapSpritual
KD-1
(memahami/mengamalkan)
4. TentukantingkattaksonomiKompetensiDasarSikapSosial
KD-2
(memahami/mengamalkan)
5. Tentukanketepatanpemilihan kata kerjaKD-1 terhadapmateri
(misalmensyukurisesuai/tidaksesuainilai-nilaiPancasila … untukbentukpengabdiankepadaTuhan
Yang MahaEsa
6. Tentukan ketepatanpemilihan kata kerja KD-2 terhadapmateri
(misalMenunjukkansesuai/tidaksesuaisikapgotongroyongsebagai …dalamkehidupanberbangsadanbernegara
KOMPETENSI DASAR
PENGETAHUAN
(KDdari KI-3)
|
KOMPETENSI DASAR
KETERAMPILAN
(KDdari KI-4)
|
Analisis KD-3
|
Rekomendasi KD-3
|
Analisis KD-4
|
Rekomendasi KD-4
|
Rekomendasi KD-KD padaMapel
|
Tingkat Dimensi Kognitif dan
Bentuk Dimensi Pengetahuan
|
Kesesuaian Dimensi Kognitif dengan Bentuk Pengetahuan
|
Bentuk Taksonomidan Tingkat Taksonomi
|
Keselarasan dukungan Taksonomi KD-dari KI-3 terhadap KD dari KI-4
|
·
Ketercapaian Dimensi Kognitif dan Bentuk Pengetahuan semua KD-3 dalam Mata Pelajaran
· Ketercapaian Taksonomi semua KD-4 dalam Mata Pelajaran
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3.1 Menentukan
indikator keberhasilan tahapan
produksi massal
|
4.1
Membuat indikator keberhasilan tahapan produksi
missal
|
Tingkat dimensi kognitif adalah menentukan (C3), dan pola keberhasilan tahapan produksi massal adalah bentuk pengetahuan Prosedural
|
Menentukan (C3) sesuai dipasangkan dengan pola keberhasilan tahapan produksi missal dengan bentuk pengetahuan Prosedural
|
Mencipta (KA6) adalah keterampilan
.ABSTRAK., tingkat KA 6
|
pada KD-3 MENENTUKAN
(C3) sesuai keberhasilan tahapan produksi massal dipasangkan dengan pengetahuan PROSEDURAL
KD 3 tersebut sudah
setara dengan KD-4 membuat (KA-6)
kedua-duanya sudah masuk level LOTS
|
Ketercapaian Dimensi Kognitif dan Bentuk Pengetahuan semua KD-3 MENENTUKAN
(C3) seharusnya MENGKREASI (C6)
Ketercapaian Taksonomi semua KD-4 dalam MENCIPTA (KA 6)
|
3.2
|
4.2
|
|
|
|
|
|
3.3
|
4.3
|
|
|
|
|
Keteranganpengisiankolomsbb:
1. Kompetensi Dasar Pengetahuan
(KD-3) sesuai mata pelajaran
2. Kompetensi Dasar Keterampilan
(KD-4) sesuai mata pelajaran
3. TentukantingkatDimensiKognitif: memahami
(C2), menerapkan (C3), menganalisis (C4), ataumengevaluasi (C5),
danBentukDimensiPengetahuan:faktual,
Konseptual, proseduralataumetakognitif
4. Tuliskanrekomendasitingkat
taksonomi (kata kerjaoperasional) danpengetahuan (materi) yang
sesuaitingkatannyauntuk KD yang bersangkutan
5. Tentukanbentuktaksonomi: abstrakataukonkret.
dantingkattaksonomi:
(mengolah, menalar, menyaji) atau (imitasi, manipulasi, presisi,
artikulasi, naturalisasi)
6. Tuliskanrekomendasi
KD dari KI-3 (KKO dg
levelnya) yang selaras/setarauntukmendukungpasangannya KD dari KI-4..
7. Tuliskanrekomendasidiantara
KD-3 dari KD-KD pengetahuan matapelajaran
yang harus mencapai tingkat
taksonomi (KKO) tertinggi sesuai KI-3,
DanTuliskan rekomendasi diantara
KD-4 dari KD-KD keterampilan mata pelajaran
yang harus mencapai tingkat taksonomi
(KKO )tertinggi sesuai KI-4 .
No comments:
Post a Comment