Wednesday, May 31, 2017

ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, DAN KD KUR 2017


Lembar Kerja  NA 1.
Tugas 1:  Analisilah keterkaitan antara SKL, KI dan KD dari mata pelajaran yang Anda ampu, menggunakan format di bawah ini
Mata Pelajaran        : Produk Kreatif dan Kewirausahaan
Kelas                          : XI


KOMPETENSI INTI 1
(SIKAP SPRITUAL)
KOMPETENSI INTI 2
(SIKAP SOSIAL)
ANALISIS DAN REKOMENDASI KI
1
2
3







Keterangan pengisian kolom sbb:
1.     Kompetensi Inti Sikap Spritual (KI-1) berdasarkan KI-KD mata pelajaran/silabus
2.     Kompetensi Inti Sikap Sosial (KI-2) berdasarkan KI-KD matapelajaran/silabus
3.     Analisis: KI-1dan KI-2 mata pelajaran untuk tingkat program pendidikan 3 tahun/4 tahun (sesuai ranah /tidak sesuai ranah)
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
ANALISIS DAN REKOMENDASI KI
1
2
3
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
sesuai tingkat program pendidikan KI yang sesuai tingkat program pendidikan
Keteranganpengisiankolomsbb:
4.     KompetensiIntiPengetahuan (KI-3) berdasarkan KI-KD matapelajaran/silabus
5.     KompetensiIntiKeterampilan (KI-4) berdasarkan KI-KD matapelajaran/silabus
6.     Analisis: KI-3 dan KI-4 matapelajaranuntuktingkat program pendidikan 3 tahun / 4 tahun (pilih salah satu) dan (sesuai ranah /tidak sesuai ranah)
Rekomendasi: sesuai / tidak sesuai tingkat program pendidikan (pilih salah satu), jika tidak sesuai cantumkan KI yang sesuai tingkat program pendidikan.  


Mata Pelajaran: Produk Kreatif dan Kewirausahaan

KOMPETENSI DASAR SIKAP SPRITUAL
(KD-dari KI-1)
KOMPETENSI DASAR SIKAP SOSIAL
(KDdari KI-2)
Analisis tingkat taksonomi dan rekomendasi
Analisis Ketepatan pemilihan kata kerja taksonomi terhadap materi dan rekomendasi
Taksonomi KD dari KI-1
Taksonomi KD dari KI-2
Taksonomi KD dari KI-1
Taksonomi KD dari KI-2
1
2
3
4
5
6
1.1
2.1




1.2
2.2




1.3
2.3




1.8
2.8




1.9
2.9




Keteranganpengisiankolomsbb:
1.     KompetensiDasarSikapSpritual (KD-1) sesuaimatapelajaran
2.     KompetensiDasarSikapSosial (KD-2) sesuaimatapelajaran
3.     TentukantingkattaksonomiKompetensiDasarSikapSpritual KD-1 (memahami/mengamalkan)
4.     TentukantingkattaksonomiKompetensiDasarSikapSosial KD-2 (memahami/mengamalkan)
5.     Tentukanketepatanpemilihan kata kerjaKD-1 terhadapmateri (misalmensyukurisesuai/tidaksesuainilai-nilaiPancasila … untukbentukpengabdiankepadaTuhan Yang MahaEsa
6.     Tentukan ketepatanpemilihan kata kerja KD-2 terhadapmateri (misalMenunjukkansesuai/tidaksesuaisikapgotongroyongsebagai …dalamkehidupanberbangsadanbernegara


KOMPETENSI DASAR PENGETAHUAN
(KDdari KI-3)
KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN
(KDdari KI-4)
Analisis KD-3
Rekomendasi KD-3
Analisis KD-4
Rekomendasi KD-4
Rekomendasi KD-KD padaMapel
Tingkat Dimensi Kognitif dan Bentuk Dimensi Pengetahuan
Kesesuaian Dimensi Kognitif dengan Bentuk Pengetahuan
Bentuk Taksonomidan Tingkat Taksonomi
Keselarasan dukungan Taksonomi KD-dari KI-3 terhadap KD dari KI-4
·      Ketercapaian Dimensi Kognitif dan Bentuk Pengetahuan semua KD-3 dalam Mata Pelajaran
·      Ketercapaian Taksonomi semua KD-4 dalam Mata Pelajaran
1
2
3
4
5
6
7
3.1      Menentukan indikator keberhasilan tahapan  produksi massal
4.1      Membuat indikator keberhasilan tahapan produksi missal
Tingkat dimensi kognitif adalah menentukan (C3), dan pola keberhasilan tahapan produksi massal adalah bentuk pengetahuan Prosedural
Menentukan (C3) sesuai dipasangkan dengan pola keberhasilan tahapan produksi missal  dengan bentuk pengetahuan Prosedural
Mencipta (KA6) adalah keterampilan .ABSTRAK., tingkat KA 6
pada KD-3 MENENTUKAN (C3) sesuai keberhasilan tahapan  produksi massal dipasangkan dengan  pengetahuan PROSEDURAL
KD 3 tersebut sudah setara dengan KD-4 membuat  (KA-6)   kedua-duanya sudah masuk level LOTS

Ketercapaian Dimensi Kognitif dan Bentuk Pengetahuan semua KD-3 MENENTUKAN (C3) seharusnya MENGKREASI (C6)
Ketercapaian Taksonomi semua KD-4 dalam MENCIPTA (KA 6)
3.2       
4.2       




3.3       
4.3       




Keteranganpengisiankolomsbb:
1.     Kompetensi Dasar Pengetahuan (KD-3) sesuai mata pelajaran
2.     Kompetensi Dasar Keterampilan (KD-4) sesuai mata pelajaran
3.     TentukantingkatDimensiKognitif: memahami (C2), menerapkan (C3), menganalisis (C4), ataumengevaluasi (C5),
danBentukDimensiPengetahuan:faktual, Konseptual, proseduralataumetakognitif
4.     Tuliskanrekomendasitingkat taksonomi (kata kerjaoperasional) danpengetahuan (materi) yang sesuaitingkatannyauntuk KD yang bersangkutan
5.     Tentukanbentuktaksonomi: abstrakataukonkret.
dantingkattaksonomi: (mengolah, menalar, menyaji) atau (imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi, naturalisasi)
6.     Tuliskanrekomendasi KD dari KI-3 (KKO dg levelnya) yang selaras/setarauntukmendukungpasangannya KD dari KI-4..
7.     Tuliskanrekomendasidiantara KD-3 dari KD-KD pengetahuan matapelajaran yang harus mencapai tingkat taksonomi (KKO) tertinggi sesuai KI-3,
DanTuliskan rekomendasi diantara KD-4 dari KD-KD keterampilan mata pelajaran yang harus mencapai tingkat taksonomi (KKO )tertinggi sesuai KI-4 .


No comments:

Post a Comment