Lembar Kerja NA 3.
1.
Berdasarkan
hasil kegiatan pada lembar kerja NA 2
Tentukan model pembelajaran yang sesuai dengan pasangan KD yang saudara pilih.
Gunakan Tabel berikut ini.
PENENTUAN MODEL PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran: PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Analisis KD
|
Model Pembelajaran
|
.
|
3.11 Menentukan
indikator keberhasilan tahapan produksi
massal
|
KD-3.4 Menentukan indikator keberhasilan tahapan produksi massal Menitikberatkan pada pengetahuan Prosedural
|
Model Pembelajaran Discovery Learning (Model Pembelajaran
Penemuan)
|
4.11 Membuat indikator
keberhasilan tahapan produksi missal
|
KD 4.4 Membuat indikator keberhasilan tahapan produksi
missal Pernyataan pada
taksonomi keterampilan abstrak pada gradasi menalar (KA-6)
|
2.
Buat pemaduan proses berpikir ilmiah
(saintifik) dengan model belajar yang Saudara pilih berdasarkan analisis
menggunakan format matrik seperti tabel di atas untuk mata pelajaran yang
Saudara ampu
Matrik Perancah
Pemaduan
Sintaksis Model Pembelajaran Discovery Learning
dan Pendekatan Saintifik pada Mapel PRODUK
KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual, procedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
4. Mengolah, menalar,
danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
Kompetensi
Dasar
|
IPK
|
Sintaksis model
Discovery
learning
|
Pendekatan Saintifik
|
|||||
Tujuan Pembelajaran
|
Mengamati (mengidentifikasi masalah)
|
Menanya
(merumuskan masalah /hipotesis)
|
Mengumpulkan Informasi
(menguji hipotesis)
|
Menalar
(menyimpulkan hasil dr hipotesis)
|
Mengomunikasikan
(memformulasikanpembuktian hipotesis)
|
|||
3.11 Menentukan
indikator keberhasilan tahapan produksi
massal
|
3.11.1 Menerapkan beberapa Indikator keberhasilan produksi massal
3.11.2 Menyesuaikan keberhasilan tahapan produksi
Massal
|
3.11.1.1 Melalui Diskusi dan mengali informasi
peserta didik dapat mengklasifikasi beberapa Indikator keberhasilan produksi massal secara tepat
3.11.2.1. Melalui Diskusi dan mengali informasi
i Peserta didik dapat mengurutkan tahapan produksi Massal secara tepat dan mandiri
3.11.2.2
Melalui Diskusi dan mengali informasi i Peserta didik dapat
Mengimplementasikan tahapan produksi Massal secara tepat dan bertanggung jawab
|
1. Pemberian ransangan
2. Pernyataan/ Identifikasi Masalah
3. Pengumpulan data
|
· Guru
Meminta Peserta didik melihat gambar perusahaan yang memakai sistem produksi
massal
· Guru
Meminta Peserta didik mendiskusikan definisi serta karakteristik sistem produksi massal
· Guru
Meminta Peserta didik mengidentifikasi definisi serta karakteristik produksi
massal
· Guru
Meminta Peserta didik Menentukan definisi serta karakteristi produksi massal
secara tepat
|
· Guru
Meminta Peserta didik untuk mendiskusikan indikator keterbatasan yang ada
pada produksi massal
· Guru
Meminta Peserta didik menganalisis indikator keunggulan yang ada pada
produksi massal
· Guru
Menugaskan Peserta didik untuk menentukan indikator-indikator keunggulan dan
keterbatasan yang ada pada produksi massal
|
·
Guru Menugaskan Peserta didik
untuk Mengumpulkan indikator indikator keberhasilan produksi massal dari dari
internet
|
||
4.11 Membuat indikator
keberhasilan tahapan produksi si missal
|
4.11. 1 Mengidentifikasi indikator
keberhasilan t produksi massal
4.11. 2 Mendemontrasikan keberhasilan
tahapan produksi massal
|
4.11.1.1 Melalui Diskusi dan mengali informasi Peserta didik
dapat Menentukan beberapa indikator yang berpengaruh pada produksi massal secara tepat.
4.11.2.1 Melalui Diskusi
dan mengali informasi Peserta didik dapat Menjelaskan Keberhasilan produksi massal secara tepat
|
4. Pembuktian
5. Menarik simpulan
|
· Guru
Menugaskan Peserta didik untuk Membuktikan indikator keberhasilan produksi massal dengan menggunakan
analisis SWOT.
|
·
Guru menugaskan Peserta didik untuk Menarik
kesimpulan indikator –indikator keberhasilan produksi massal dengan menggunakan
analisis SWOT
|
No comments:
Post a Comment