Monday, February 27, 2023

LATIHAN SOAL USP TAHUN 2022

 

. Kata ritel atau retail berasal dari bahasa Perancis “riteller” yang berarti ….
A. Membeli
B. Jual-beli
C. Memotong
D. Menjual
E. barter

2. Sistem bisnis eceran yang memakai e-retailing dimulai sejak ….
A. Sebelum 960-an
B. Tahun 960-an
C. Tahun 2000-2010
D. Tahun 2000
E. Tahun 2010

3. Berikut ini lokasi yang dipilih pengecer sebagai tempat usaha, kecuali ….
A. Pusat kawasan bisnis
B. Lokasi didala sebuah musium
C. Jalur belanja
D. Pusat belajna regional
E. Pusat perbelajaan setempat

4. Berikut ini merupakan layanan jasa dalam bisnis ritel, kecuali ….
A. Tempat parkir
B. Pembungkusan hadiah
C. Jasa pengiriman barang
D. Penguangan cek
E. Servis barang selamanya

5. Berikut ini merupakan bisnis ritel yang berdiri tahun 1970-1980-an, kecil ….
A. Matahari
B. Remayan
C. Mall
D. Hero
E. pasaraya

6. Proses perencanaan, pengorganisa sian, kepemimpinan, dan pengendalian kegiatan anggota organiasasi dan proses penggunaan sumberdaya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan usaha yang telah ditetapkan, merupakan pengertian dari ….
A. Fungsi kontrol
B. Fungsi pendorong
C. Ungsi pengorganisasian
D. Fungsi perencanaan
E. Fungsi manajemen

7. Dalam perencanaan pemasaran juga mengikuti fungsi manajemen secara umum, kecuali ….
A. Planning
B. Actuacting
C. Controling
D. Programming
E. organizing

8. Perpres yang melindungi pembisnis eceran/retail lokal adalah peraturan presiden ….
A. No 112 tahun 2005
B. No 112 tahun 2007
C. No 111 tahun 2005
D. No 111 tahun 2007
E. No 112 tahun 2010

9. Berikut yang bukan kesalahan terbesar yang dibuat pemilik ketika memulai dan mengelola bisnis yaitu ….
A. Jujur dalam berdagang
B. Menetapkan tujuan keuangan dengan tidak realitis
C. Memotong harga
D. Tidak memiliki strategi pemasaran yang jelas
E. Mengasumsikan tidak memiliki pesaing

10. Berikut ini bisnis retail yang berdiri tahun 1970-1980an, kecuali ….
A. Matahari
B. Ramayana
C. Hero
D. Pasaraya
E. ITC cempaka mas

11. Memproduksi dan memasarkan produk yang dibutuhkan segmen pasar tertentu adalah strategi bauran produk …
A. Seluruh pasar
B. Prodk khusus
C. Produk khusus yang terbatas
D. Produk tertentu yang khusus
E. Pasar khusus

12. Dalam penentuan logo dan moto usaha bisnis ritel, hal yang harus dipertimbangkan adalah ….
A. Dibuat secara sederhana
B. Bersifat komleks
C. Sukar diinget
D. Dibuat dengan padat kalimat
E. Harus berwarna

13. Harga ditentukan berdasarkan periode atau masa tertentu, merupakan metode penentuan harga menurut ….
A. Tempat
B. Pelanggan
C. Bukti
D. Waktu
E. fungsi

14. Pada langkah-langkah perencanaan pemasaran, kegiatan pengawasan dan penilaian serta diagnosisis untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan termasuk dalam tahap ….
A. Pengendalian
B. Perencanaan
C. Pelaksanaan
D. Pengorganisasian
E. Action

15. Berikut ini bukan merupakan produk dalam manajemen pemasaran adalah ….
A. Mobil
B. Barang elektronik
C. Alat-alat perkakas
D. Peralatan rumah tangga
E. Iklan

16. Tingkat kemampuan dari suatu produk dalam melaksanakan fungsinya yang diharapkan disebut dengan ….
A. Moto
B. Kualitas
C. Pelayanan
D. Kemasan
E. Kekuatan

17. Kata ritel memiliki arti ….
A. Mengurai barang
B. Menyimpan barang
C. Mencari barang
D. Memecah masalah
E. Memecah barang

18. Berikut merupakan ciri-ciri dari bisnis ritel modern, kecuali …
A. Sistem pengelolaan/manajemennya sederhana
B. Harga jual sudah tetap
C. Pemajangan produk pada rak terbuka
D. Menawarkan temoat yang luas
E. Barang yang dijual kepada konsumen memiliki banyak jenis

19. Proses pengelolaan sistem informasi ritel terdiri dari berikut ini, kecuali ….
A. Input
B. Kegiatan pemeriksaan
C. Pemrosesan
D. User
E. Penyimpanan

20. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 mengatur tentang ….
A. Keselamatan kerja
B. Ketenaga kerjaan
C. Kesehatan kerja
D. Kecelakaan kerja
E. Norma-norma kerja

21. Jika konsumen puas dengan suatu produk maka akan membuka kesempatan menjadi pelanggan. pelanggan adalah orang atau lembaga yang malakukan pembelian secara ….
A. Sati kali
B. Dua kali
C. Tiga kali
D. Dalam jumlah besar
E. Berulang-ulang

22. Kata ritel berasal dari bahasa Perancis, yaitu riteller yang berarti …
A. Mengurai sesuatu
B. Menjauhi masalah
C. Menguari masalah
D. Memecahkan masalah
E. Menambah masalah

23. Lingkungan pemasaran adalah tempat dimana perusahaan harus memulai usahanya dalam …
A. Melakukan penjualan
B. Berkompetisi dengan perusahaan lain
C. Memproduksi barang
D. Mencari peluang dan memonitor ancaman
E. Kualitas pelayanan yang baik

24. Pemasok, penyalur, pesaing, dan konsumen termasuk dalam lingkungan pemasaran ….
A. Mikro
B. Makro
C. Eksternal
D. Internal
E. individual

25. Pihak yang menyediakan sumber daya yang diperlukan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa adalah ….
A. Sales
B. Direktur
C. Pembantu
D. Penyalur
E. Pemasok

26. Dalam analisis manajemen perusahaan terdapat istilah SWOT, yang merupakan singkatan dari ….
A. Sales, weaknesess, opportunity, threats
B. Strength,, Weaknesess, Opportunity, Threats
C. Sales, Weaknesess, Opacity, Threats
D. Sales, Weigh, Opportunity, Threats
E. Semua jawaban salah

27. Tingkat kemampuan dari suatu produk dalam melaksanakan fungsinya yang diharapkan disebut dengan ….
A. Kualitas
B. Pelayanan
C. Kemasan
D. Kekuatan
E. moto

28. yang tidak termasuk kedalam bauran pemasaran ( 4P ) adalah ….
A. Price
B. Produc
C. Populariy
D. Promotion
E. place

29. Perusahaan dapat mengurangi perilaku berbahaya yang biasa dilakukan dengan cara, kecuali..... 

a. Menempelkan poster

b. Mengganti manager

c. Pelatihan

d. Penyusunan kebijakan

e. Bimbingan Teknis

 

30. Berikut ini adalah cara mendokumentasi pengamatan K3 di lapangan, kecuali ...

a. Mendaftar tertulis

b. Mendokumentasikan peralatan

c. Pengukuran

d. Membersihkan

e. Pendenahan

 

31. Contoh parameter untuk mengukur kwalitas udara, kecuali... 

a. Volume

b. Kimia

c. Kebisingan

d. Panas

e. Dingin

 

32. Di bawah ini merupakan contoh zat kimia berbahaya yang mungkin terkandung di udara dan dilarang.... 

a. Karbondioksida

b. Uap Air

c. Ozon

d. Aseton

e. Natrium

 

33. Berikut merupakan posisi kerja yang tidak ergonamis, kecuali.... 

a. Tegak lama

b. Membungkuk

c. Di luar jarak jangkauan

d. Kaki menyentuh lantai

e. Kaki diatas lantai

 

34. Dibawah ini yang bukan termasuk tujuan K3LH adalah…

a. Menjamin tenaga kerja dalam meningkatkan produktivitas

b. Mencegah dan mengurangi kerugian yang diderita oleh semua pihak yang bekerja

c. Memberi pertolongan dini bagi pekerja bila terjadi kecelakaan

d. Mencegah kecelakaan di jalan raya

e. Mencegah Kerugian

 

35. Rangkaian tata kerja yang berkaitan satu sama lain sehingga menunjukkan adanya suatu urutan tahap demi tahap serta jalan yang harus ditempuh dalam rangka melaksanakan suatu bidang pekerjaan merupakan pengertian dari........

a. Prosedur kerja

b. Keamanan

c. Keselamatan

d. Kesehatan

e. Kemakmuran

 

36. Di bawah ini merupakan hal yang harus terkandung dalam prosedur kerja adalah..........

a. Tujuan dan ruang lingkup aktivitas

b. Pencatatan terhadap Kegiatan

c. Evaluasi terhadap kegiatan

d. Siapa yang melaksanakan & apa yang harus dikerjakan

e. Benar semua

 

37. Pihak yang bertanggungjawab terhadap K3 di perusahaan/instansi, kecuali..........

a. Bagian keamanan

b. Pimpinan

c. Orang tua

d. Instruktur

e. Pemimpin dan Instruktur

 

38. Suatu kondisi dimana atau kapan munculnya sumber bahaya telah dapat dikendalikan ke tingkat yang memadai, ini adalah lawan dari bahaya (danger) merupakan pengertian dari....
a. Keamanan
b. Alat pelindung diri
c. Kesehatan
d. Kepedulian
e. Kemakmuran

 

39. Syarat-syarat helm untuk alat pelindung diri, yaitu.......
a. Tahan benturan, meredam kejutan, tidak mudah terbakar, sulit disesuaikan
b. Tahan benturan, meredam kejutan, tidak mudah terbakar, mudah disesuaikan
c. Tahan benturan, mudah terbakar, mudah pecah
d. Tahan benturan, meredam kejutan, anti air, mudah terbakar
e. Tahan benturan, tidak meredam kejutan, tidak mudah terbakar, tidak mudah disesuaikan

 


40. Berikut adalah sarung tangan khusus dalam K3, kecuali.........
a. Sarung tangan bahan campuran karet
b. Sarung tangan bahan kulit
c. Sarung tangan bahan karet
d. Sarung tangan bahan plastik
e. Sarung tangan bahan campuran karer

 

No comments:

Post a Comment