MODUL
PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
UNTUK KELAS X (FASE E)
TEMA 4 |
: |
BANGUNLAH JIWA DAN RAGANYA
|
TOPIK |
: |
AKU BUKAN PERUNDUNG |
DISUSUN OLEH:
TIM P5 SMKN 1 GRATI
PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 1 GRATI
2021
AKU BUKAN PERUNDUNG
A. Tujuan,
Alur, dan Target Pencapaian Projek
1.
Tujuan
a.
Melatih peserta didik memiliki mental yang sehat
b.
Melatih peserta didik memiliki sikap dan sifat yang baik secara
kepribadiannya agar tidak terjadi perundungan
c.
Melatih peserta didik agar mampu beradaptasi dengan
teman kelas ataupun teman sekolah
d.
Melatih peserta didik dalam analisis dan menyelesaikan
setiap permasalahan/ kendala/hambatan yang dihadapi saat disekolah
e.
Melatih peserta didik untuk melaporkan, mengevaluasi,
menindaklanjuti permasalahan tentang perundungan yang terjadi disekolah
f.
Melatih peserta didik berpartisipasi dalam menciptakan
terbentuknya lingkungan sekolah tanpa ada perundungan (Anti Perundungan)
2.
Alur
a.
Persiapan
Menganalisis Perundungan
dalam kehidupan nyata maupun dunia maya
b.
Kontekstual
Analisis lingkungan dan
penyiapan sarana dan menemukan perundungan dalam kehidupansehari-hari peserta
didik, pengambilan data survey penyajian data perundungan dalam bentuk diagram
lingkaran maupun batang
c.
Aksi
Proses pembuatan
poster, praktik pementasan drama
d.
Refleksi dan TindakLanjut
-
Melakukan aktivitas fisik dan menulis refleksi
berdasarkan kriteria elemen profil pelajar pancasila
-
Melakukan aktivitas fisik, sosial dan ibadah secara
seimbang melalui berdoa bersama dan menuliskan aksi sederhana sebagai tindakan
lanjutan dari projek ini sebagai
Upstanders
3.
Target Pencapaian Projek
Setelah menyelesaikan projek, peserta
didik :
a.
Memiliki diri secara fisik ,mental dan spiritual di tengan lingkungan
sosialnya
b.
Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan pada
kehidupan sehari-hari maupun dunia maya
c.
Mengendalikan dan menyesuaikan emosi yang dirasakannya secara tepat
d.
Memiliki rasa empati pada lingkungan sosialnya untuk menghasilkan
keadaan yang lebih baik.
4.
Dimensi Profil Pelajar Pancasila
a.
Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak mulia
b.
Mandiri
c.
Gotong royong
B. Dimensi,
Elemen, dan SubElemen
No. |
Dimensi |
Elemen |
Sub Elemen |
Aktivitas |
1. |
Beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia |
Akhlak
pribadi - integritas |
Merawat Diri secara Fisik, Mental, dan
Spiritual |
·
Kenali perundungan dunia maya ·
Perluas wawasan, perdalam pemahamanmu ·
Jika aku menjadi kamu ·
Proses persiapan pementasan drama |
Akhlak
kepada manusia |
Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai
perbedaan |
·
Latih dirimu ·
Tindak lanjut (menjadi Upstander) |
||
2. |
Bergotong Royong |
Kolaborasi |
Membangun tim dan mengelola kerjasama untuk mencapai tujuan bersama sesuai dengan target yang sudah ditentukan |
·
Jika aku menjadi kamu ·
Proses persiapan pementasan drama ·
Prosess latihan pementasan drama |
Komunikasi untuk mencapai tujuan
bersama |
Aktif
menyimak untuk memahami dan
menganalisis informasi, gagasan,
emosi, keterampilan dan keprihatinan
yang disampaikan oleh orang lain dan
kelompok menggunakan berbagai
simbol dan media secara efektif, serta
menggunakan berbagai strategi
komunikasi untuk menyelesaikan
masalah guna |
·
Proses persiapan pembuatan poster ·
Proses latihan pementasan drama ·
Pelaksanaan pementasan drama ·
Tindak lanjut (menjadi Upstander) |
||
Tanggap terhadap lingkungan sosial |
Memiiliki rasa empati pada lingkungan sosialnya dengan tuntutan
peran sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk
menghasilkan keadaan yang lebih baik |
·
Temukan perundungan di sekolah |
No. |
Dimensi |
Elemen |
Sub Elemen |
Aktivitas |
3. |
Mandiri |
Regulasi Emosi |
Mengendalikan
dan menyesuaikan emosi yang dirasakannya secara tepat |
·
Aku belajar dari kamu ·
Apakah aku seorang perundung ? ·
Apakah aku seorang korban ? |
Mengembangkan refleksi diri |
Melakukan
refleksi terhadap umpan balik dari
teman, guru, dan orang dewasa lainnya,
serta informasi-informasi karir yang akan dipilihnya untuk menganalisis karakteristik dan keterampilan yang dibutuhkan |
·
Aku belajar dari kamu ·
Seberapa jauh aku melangkah ? |
C.
Pengembangan Sub Elemen
Antarfase
Dimensi Profil Pelajar Pancasila : Beriman,
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
Elemen |
Belum Berkembang |
Mulai Berkembang |
Berkembang Sesuai Harapan |
Sudah Melebihi Harapan |
·
Merawat Diri secara Fisik, Mental, dan
Spiritual |
Memahami perbedaan emosi yang dirasakan dan
dampaknya terhadap proses belajar dan interaksinya dengan orang lain; serta
mencoba cara-cara yang sesuai untuk mengelola emosi agar dapat menunjang
aktivitas belajar dan interaksinya dengan orang lain. |
Memahami dan memprediksi konsekuensi dari
emosi dan pengekspresiannya dan menyusun langkah-langkah untuk mengelola
emosinya dalam pelaksanaan belajar dan berinteraksi dengan orang lain. |
Mengendalikan dan menyesuaikan emosi yang
dirasakannya secara tepat ketika menghadapi situasi yang menantang dan
menekan pada konteks belajar, relasi, dan pekerjaan. |
Memahami perbedaan emosi yang dirasakan dan
dampaknya terhadap proses belajar dan interaksinya dengan orang lain; serta
mencoba cara-cara yang sesuai untuk mengelola emosi agar dapat menunjang
aktivitas belajar dan interaksinya dengan orang lain. |
Dimensi Profil Pelajar
Pancasila : Gotong Royong
Elemen |
Belum Berkembang |
Mulai Berkembang |
Berkembang Sesuai Harapan |
Sudah Melebihi Harapan |
· Mengutamakan persamaan
dengan orang lain dan menghargai perbedaan |
Melakukan refleksi untuk mengidentifikasi
faktor-faktor di dalam maupun di luar dirinya yang dapat mendukung/mengham
batnya dalam belajar dan mengembangkan diri; serta mengidentifikasi caracara
untuk mengatasi kekurangannya. |
Memonitor kemajuan belajar yang dicapai
serta memprediksi tantangan pribadi dan akademik yang akan muncul
berlandaskan pada pengalamannya untuk mempertimbangkan strategi belajar yang
sesuai. |
Melakukan refleksi terhadap umpan balik dari teman, guru, dan orang dewasa lainnya, serta informasi-informasi karir yang akan dipilihnya untuk menganalisis karakteristik dan keterampilan yang dibutuhkan dalam menunjang atau menghambat karirnya di masa depan. |
Melakukan refleksi untuk mengidentifikasi
faktor-faktor di dalam maupun di luar dirinya yang dapat
mendukung/menghambatnya dalam belajar dan mengembangkan diri; serta
mengidentifikasi caracara untuk mengatasi kekurangannya |
Dimensi Profil Pelajar
Pancasila : Gotong royong
|
Belum Berkembang |
Mulai Berkembang |
Berkembang sesuai
Harapan |
Sudah Melebihi Harapan |
Tanggap terhadap
lingkungan sosial |
Menunjukkan ekspektasi (harapan)
positif kepada orang lain dalam rangka mencapai tujuan kelompok di lingkungan
sekitar (sekolah dan rumah). |
Menyelaraskan tindakan sendiri dengan
tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok
di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja
efektif dan mencapai tujuan bersama. |
Membangun tim dan mengelola kerjasama
untuk mencapai tujuan bersama sesuai dengan target yang sudah ditentukan. |
Menunjukkan ekspektasi (harapan)
positif kepada orang lain dalam rangka mencapai tujuan kelompok di lingkungan
sekitar (sekolah dan rumah). |
Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama |
Memahami informasi dari berbagai
sumber dan menyampaikan pesan menggunakan berbagai simbol dan media secara
efektif kepada orang lain untuk mencapai tujuan bersama |
Memahami informasi, gagasan emosi,
keterampilan dan keprihatinan yang diungkapkan oleh orang lain menggunakan
berbagai simbol dan media secara efektif, serta memanfaatkannya untuk
meningkatkan kualitas hubungan interpersonal guna mencapai tujuan bersama. |
Aktif menyimak untuk memahami dan
menganalisis informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan keprihatinan yang
disampaikan oleh orang lain dan kelompok menggunakan berbagai simbol dan
media secara efektif, serta menggunakan berbagai strategi komunikasi untuk
menyelesaikan masalah guna mencapai berbagai tujuan bersama. |
Memahami informasi dari berbagai
sumber dan menyampaikan pesan menggunakan berbagai simbol dan media secara
efektif kepada orang lain untuk mencapai tujuan bersama |
Kolaborasi |
Tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan menjaga keselarasan dalam berelasi dengan orang lain. |
Tanggap terhadap lingkungan sosial
sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan
kebutuhan masyarakat. |
Tanggap terhadap lingkungan sosial
sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan
kebutuhan masyarakat untuk menghasilkan keadaan yang lebih baik. |
Tanggap terhadap lingkungan sosial
sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan menjaga keselarasan dalam berelasi
dengan orang lain. |
Dimensi Profil
Pelajar Pancasila : Mandiri
|
Belum Berkembang |
Mulai Berkembang |
Berkembang sesuai
Harapan |
Sudah Melebihi Harapan |
Kolaborasi |
Memahami perbedaan emosi yang dirasakan dan dampaknya terhadap proses belajar dan interaksinya dengan orang lain; serta mencoba cara-cara yang sesuai untuk mengelola emosi agar dapat menunjang aktivitas belajar dan interaksinya dengan orang lain. |
Memahami dan memprediksi konsekuensi dari emosi dan pengekspresiannya dan menyusun langkahlangkah untuk mengelola emosinya dalam pelaksanaan belajar dan berinteraksi dengan orang lain. |
Mengendalikan dan menyesuaikan emosi yang dirasakannya secara tepat ketika menghadapi situasi yang menantang dan menekan pada konteks belajar, relasi, dan pekerjaan. |
Regulasi emosi melebihi harapan |
Komunikasiuntuk
mencapai tujuan bersama |
Melakukan refleksi untuk mengidentifikasi faktor-faktor di dalam maupun di luar dirinya yang dapat
mendukung/mengham batnya dalam
belajar dan mengembangkan diri;
serta mengidentifikasi caracara
untuk mengatasi kekurangannya. |
Memonitor kemajuan belajar yang dicapai serta memprediksi tantangan pribadi dan akademik yang akan muncul berlandaskan pada pengalamannya untuk mempertimbangkan strategi belajar yang sesuai. |
Melakukan refleksi terhadap umpan balik dari teman, guru, dan orang dewasa lainnya, serta informasi-informasi karir yang akan dipilihnya untuk menganalisis karakteristik dan keterampilan yang dibutuhkan dalam menunjang atau menghambat karirnya di masa depan. |
Mengembangkan refleksi diri melebihi harapan |
D.
Relevansi Projek Bagi
Sekolah dan Semua Guru MataPelajaran serta peserta didik
Relevansi Projek bagi Sekolah |
Relevansi Projek bagi Guru |
Relevansi Projek bagi Peserta Didik |
1. Peningkatan tingkat kesadaran perundungan di
lingkungan sekolah. 2. Pencegahan terhadap kondisi tingkat siswa putus
sekolah 3. Terjadi kondisi menyenangkan pembelajaran di
sekolah. |
1. Guru memiliki rasa nyaman
terhadap sikap dan prilaku siswa 2. Guru bisa melaksanakan
pembelajaran dengan psikisis peserta didik yang siap belajar 3. Guru berkolaborasi dengan
peserta didik dalam gerakan anti perundungan |
1. Peserta didik memiliki
kesadaran dalam pertemanan 2. Peserta didik sadar untuk tidak
melakukan perundungan 3. Peserta didik lebih bisa
bernalar kritis terhadap isu-isu perundungan
dan lebih senang ada disekolah |
E. Cara
Penggunaan Perangkat AjarProjek
1.
Guru hendaknya mengetahui bahwa perangkat modul P5BK dengan tema “Bangunlah
jiwa dan raganya” dan topik “Aku, bukan perundung” ini berisi:
a.
Tujuan, alur, dan target pencapaianprojek
b.
Dimensi, elemen, dan sub elemen Profil PelajarPancasila
c.
Perkembangan sub elemenantarfase
d.
Relevansi projek bagi sekolah dan semua guru matapelajaran serta
peserta didik
e.
Cara penggunaan perangkat ajarprojek
f.
Tips untuk guru sebelum memulaiprojek
g.
Aktivitas (tujuan, persiapan, pelaksanaan, tugasmandiri)
h.
Rubrik asesmen sumatif projek
i.
Refleksi
j.
Referensi
2.
Guru hendaknya membaca, mencermati, dan memahami
setiap komponen yang terdapat pada perangkat modul P5BKtersebut.
3.
Guru hendaknya melaksanakan pembimbingan/pendampingan
projek ini dengan baik sesuai dengan ketentuan dengan mempertimbangan waktu
yang tersedia,karakteristik peserta didik, kompetensi peserta didik, dan target
pencapaianprojek.
4.
Guru hendaknya memberikan jeda waktu di antara
aktivitas untuk memberikanwaktu berpikir, diskusi, mempersiapkan material dan
refleksi di kalangan guru maupun pesertadidik.
5.
Kepala sekolah dan guru memiliki hak dan kebebasan
untuk menyesuaikan jumlah, waktu aktivitas dan juga waktu yang diperlukan untuk
menyelesaikan perangkat ajar ini sehingga setiap sekolah bisa memanfaatkan
perangkat ini secaramaksimum.
F. Tips
Untuk Guru Sebelum MemulaiProjek
Untuk mencapai tujuan pembelajaran, Guru perlu memperhatikan kebiasaan,
gaya hidup diri sendiri, karakteristik pada diri sendiri, lingkungan sekolah,
dan peserta didik. Dengan demikian, Guru dapat memperlihatkan kebiasaan,
karakteristik sejak
awalprojeksehinggapesertadidikmendapatpengertianlebihmendalamdalampraktiknya.
Beberapa hal yang dapat lakukan Guru, diantaranya:
1.
Memfasilitasi diri pengetahuan dan keterampilan
terkait perundungan verbal, perundungan fisik, perundungan sosial dan perundungan
media massa.
2.
Memfasilitasi bahan bacaan dan sarana prasarana yang diperlukan.
3.
Mengingatkan peserta didik apabila menemukan terjadinya
perundungan disekolah dilaporkan kepada guru BK untuk didiskusikan dan mencari
solusinya.
4.
Mengingatkan peserta didik untuk menerapkan
anti perundungan disekolah maupun dirumah
G. Aktivitas
(Tujuan, Persiapan, Pelaksanaan, TugasMandiri)
1.
Tujuan
Setelah mengikuti projek dengan
tema kewirausahaan ini, Peserta didik mampu :
a.
Memahami beberapa bentuk perundungan yang harusnya tidak dilakukan
kepada siapapun temasuk teman kelas atau temen sekolah
b.
Memiliki jiwa atau karakter yang baik.
c.
Mampu melatih kesehatan fisik dan mental berkelanjutan
d.
Menjaga kesehatan mental dilingkungan sekolah maupun lingkungan
keluarga
e.
Membuat poster anti perundungan
f.
membuat persiapan permentasan drama
anti perundungan
g.
membuat laporan hasildarama anti perundungan .
h.
mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil dari pementasan drama anti
perundungan
i.
menciptakan lingkungan sekolah yang menyenangkan tanpa ada perundungan
2.
Persiapan
a.
Guru bersama peserta didik merancang/menentukan
pelaksanaan pembuatan poster anti perundungan yang ditemukan disekolah maupun
disekitar
b.
Guru bersama peserta didik merancang persiapan
pementasan drama
3.
Pelaksanaan
Pelaksanaan P5BK sebagai berikut
:
No. |
Kegiatan |
Alokasi Waktu (JP @
45 menit) |
1 |
Kenali
Perundungan Dunia Maya |
2 |
2 |
Perluas Wawasan, Perdalam Pemahamanmu |
3 |
3 |
Jika aku menjadi kamu |
2 |
4 |
Aku belajar dari kamu |
2 |
5 |
Temukan perundunga disekolah |
2 |
6 |
Lihatlah disekitarmu |
3 |
7 |
Apakah aku seorang perundung |
2 |
8 |
Apakah aku seorang korban |
2 |
9 |
Latih dirimu |
2 |
10 |
Proses persiapan pementasan
drama |
15 |
11 |
Proses pembuatan poster |
5 |
12 |
Proses latihan pementasan drama |
18 |
13 |
Pelaksanaan pementasan drama |
32 |
14 |
Seberapa jauh aku melangkah |
3 |
15 |
Tindak lanjut (Menjadi
Upstanders) |
3 |
Total |
96 |
4.
Tugas Mandiri Peserta Didik
a.
Membuat poster
b.
Menerapkan anti perundungan
c.
Merancang persiapan pementasan drama
d.
Mengevaluasi hasil usaha dan menindaklanjuti hasil dari kegiatan anti
perundungan
H. Rubrik
Asesmen SumatifProjek
Lembar
Observasi1
Kelas/Fase |
: |
X/E |
Program keahlian |
: |
Agribisnis Ternak |
Tema P5BK |
: |
Bangunlah jiwa dan raganya |
Topik |
: |
Aku, Bukan perundung |
Dimensi |
: |
Beriman, Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak
Mulia |
No. |
Nama Siswa |
Belum Berkembang |
Mulai Berkembang |
Berkembang Sesuai Harapan |
Berkembang Melebihi Harapan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar Observasi2
Kelas/Fase |
: |
X/E |
Program keahlian |
: |
Agribisnis Ternak |
Tema P5BK |
: |
Bangunlah jiwa dan raganya |
Topik |
: |
Aku, bukan perundung |
Dimensi |
: |
Bergotong
Royong |
No. |
Nama Siswa |
Belum Berkembang |
Mulai Berkembang |
Berkembang
Sesuai Harapan |
Berkembang Melebihi Harapan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar Observasi3
Kelas/Fase |
: |
X/E |
Program keahlian |
: |
Agribisnis Ternak |
Tema P5BK |
: |
Bangunlah jiwa dan raganya |
Topik |
: |
Aku, bukan perundung |
Dimensi |
: |
Mandiri |
No. |
Nama Siswa |
Belum Berkembang |
Mulai Berkembang |
Berkembang Sesuai Harapan |
Berkembang Melebihi Harapan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I.
Refleksi
1.
Refleksi PesertaDidik
Refleksi
Peserta Didik 1
Item Pertnyataan |
Sangat setuju |
Setuju |
Tidak Setuju |
Sangat Tidak Setuju |
Tidak Tahu |
Melalui
projek ini, aku memahami bentuk-bentuk perundungan |
|
|
|
|
|
Melalui
projek ini, aku mampu membedakan setiap bentuk perundungan (fisik, verbal,
sosial dan dunia maya) |
|
|
|
|
|
Melalui projek
ini, aku mampu Belajar sikap
anti perundung |
|
|
|
|
|
Melalui
projek ini, aku mampu Beradaptasi
dengan teman sekelas ataus ekolah dengan baik |
|
|
|
|
|
Melalui
projek ini, aku mampu Meraskaan
lingkungan sekolah yang menyenangkan |
|
|
|
|
|
Melalui
projek ini, aku mampu melakukan pelaporan baik secara lisan maupun tulisan ketika terjadi perundungan |
|
|
|
|
|
Melalui
projek ini, aku mampu melakukan evaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi Dari kegiatan anti perundungan |
|
|
|
|
|
Melalui projek ini, aku mampu merancang
persiapan pementasan drama anti perundungan |
|
|
|
|
|
Melalui projek ini, aku mampu
membuat poster |
|
|
|
|
|
Melalui projek ini, aku dapat berpartisipasi dalam
menciptakan terbentuknya sekolah yang menyenangkan |
|
|
|
|
|
Hal yang sebelumnya ingin aku pelajari
mengenai perundungan |
Hal yang ingin aku pelajari lebih lanjut
mengenai anti perundungan |
||||
|
|
||||
Manfaat yang aku peroleh setelah
melakukan kegiatan anti perundungan (bentuk-bentuk perundungan baik secara
verbal, fisik, sosial dan dunia maya) |
Pengalaman yang paling berkesan selama
aku melakukan kegiatan anti perundungan |
||||
|
|
Refleksi
Peserta Didik 2
Nama : Kelompok : Nama anggota :
A. B. C. D. E. |
||||||
|
A |
B |
C |
D |
E |
Siapakah
teman yang menunjukkan sikap positif sepanjang projek ini? ..................................... |
Kontribusi Selalu
memberikan ide, gagasan dan masukan dalam kerja kelompok |
|
|
|
|
|
Siapakah
teman yang menurutmu kurang berkontribusi dalam kerja kelompok? |
|
|
|
|
|
|
..................................... |
Solutif Selalu berusaha mencari solusi dalam permasalahan kerja kelompok dan
mencapai tenggang waktu yang ditentukan bersama |
|
|
|
|
|
Saran
apa yang dapat kamu berikan agar teman tersebut dapat bekerja lebih baik? ..................................... |
Sikap diri Dapat mengatur diri, menjaga sikap dan memberikan suasana
menyenangkan dalam kerja kelompok, serta terbuka menerima pendapat atau kritik |
|
|
|
|
|
Hal
yang paling menyenangkan dalam projek ini: ..................................... |
Fokus Selalu fokus dalam bekerja |
|
|
|
|
|
Hal
yang paling tidak aku sukai dalam projekini: ..................................... |
Kepemimpinan Dapat mengajak teman dalam kelompok untuk sama-sama bekerja dalam
pencapaian target projek |
|
|
|
|
|
Hal
tersebut aku hadapi dengan cara: ..................................... |
Pencapaian terbesar kami dalam projek ini: |
||||||
Kendala terbesar kami dalam projek ini: |
2.
RefleksiGuru
a.
Manfaat apa yang dirasakan peserta didik setelah kegiatan anti
perundungan?
b.
Rencana apa yang bapak/ibu ingin buat untuk membimbing
peserta didik dalam menciptakan lingkungan sekolah anti perundungan?
c.
Perubahan apa yang dilakukan peserta didik setelah
melakukan kegiatan anti perundungan ?
J.
Rubrik
penilaian P5BK
Dimensi |
Belum berkembang |
Mulai berkembang |
Berkembang sesuai harapan |
Sangat berkembang |
Sulit memahami diri sendiri |
Memahami diri dan |
Menerima diri dan orang lain |
Menerima diri, melengkapi |
|
Bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha
Esa, dan berakhlak mulia |
dan orang lain. Belum dapat menyadari adanya konflik serta solusinya. |
berusaha menerima orang lain dengan kekurangan dan kelebihannya. Mulai memahami konflik yang ada dan berusaha mencari solusi untuk kepentingan bersama. |
dengan kekurangan dan kelebihannya lewat perkataan dan perbuatan. Memahami konflik dan cenderung mencari solusi untuk kepentingan |
kekurangan dan mengapresiasi kelebihan orang lain lewat perkataan dan perbuatan. Menganalisis konflik dan berinisiatif mencari solusi untuk |
bersama. |
kepentingan bersama. |
|||
Kurang aktif terlibat dalam |
Cukup aktif dalam kerja |
Aktif dalam kerja sama, |
Berinisiatif untuk memulai kerja |
|
kerja sama, cenderung |
sama, komunikatif, dan |
responsif, komunikatif, tangga |
sama, menginspirasi tim, |
|
Gotong Royong |
pendiam dan menunggu pekerjaan, kurang |
mulai memberikan kontribusi di dalam kelompok. |
p terhadap konflik dan berkontribusi positif dalam |
responsif, komunikatif, menjadi teladan dalam memberikan |
memberikan kontribusi |
kelompok dan lingkungan |
kontribusi positif dalam |
||
dalam kelompok. |
sekolah. |
kelompok maupun lingkungan |
||
sekolah. |
||||
Belum dalam menguasai |
Cukup dapat menguasai |
Dapat menguasai emosi pada |
Mahir menguasai emosi pada |
|
emosi pada tempat dan |
emosi di saat dan |
tempat dan situasi yang |
tempat dan situasi yang tepat, |
|
situasi yang tepat. |
tempat yang tepat. |
tepat, reflektif, dan |
sangat reflektif, memperlihatkan |
|
Mandiri |
Cenderung bertindak sesukanya dan tidak |
Menerima umpan balik tetapi belum dapat |
memotivasi diri sendiri berdasarkan umpan balik |
kemajuan dan perkembangan konkrit dalam mengelola umpan |
memerhatikan umpan balik |
mempraktikannya |
yang diberikan. |
balik yang diberikan. |
|
yang diberikan. |
secara konkrit. |
K. GLOSARIUM
·
Cause Effect graphic organizer : pengatur grafis untuk membantu murid
menganalisis sebab akibat akan sebuah masalah
·
K-W-L chart: tabel yang
berisi 3 kolom dengan keterangan K(apa yang saya tahu?), W (apa
yang saya ingin tahu?), dan L(apa yang saya pelajari?)
·
Self-assessment:penilaian diri
·
Upstander: Sebutan untuk seseorang yang membela
orang-orang yang tertindas, seperti melakukan
tindakaberempati
ketika melihat perilaku perundungan untuk mengurangi derita
korban perundungan
L. REFRENSI
Adit, A. 2020.Kompas. 10 Cara Hadapi “Bullying” atau
perundungan.http://bertema.com/stop-perundungan-atau bullying.Kompas ( Di akses
tanggal 22 september 2021)
Bonny Tjongjono, H. Gunardi, Sudung O.Pardede. Tjin
Wiguna. 2019. Perundungan-siber (Cyberbullying) Serta Masalah Emosi dan
Perilaku pada Pelajar Usia 12-15 Tahun di Jakarta pusat. ( Di akses tanggal 22
september 2021)
Buzanco. C. 2021. Bullying.https://www.psycoom.net/bullying-test/. ( Di
akses tanggal 22 september 2021)
Diena Haryana, N. Suwariyani, A. A. ,angunwibawa,
Purwanto, A.B.Utami, A.Priamsari.2019.Stop Perundungan. Kemendikbud.go.id. https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/uploads
/Dokumen/7157_2019-10-30/Stop%20Perundungan%20(1).pdf. ( Di
akses tanggal 22 september 2021)
Dwinanda. R. 2019. Perundungan Dunia Maya Lebih Pengaruh Nyata. https://www.statista.com/statistics/1036460/indonesia-cyberbullying-experienced-sosocialmedia/.
www.statista.com. http://www.readwritethink.org/files/resources/printouts/KWL%20Chart.pdf. .
( Di akses tanggal 22 september 2021)
Anonimus. 2021.Panduan Profil Pelajar Pancasila
.https://www.pacerteensagainstbullying.org/advocacy-for-self/are-you-being-bullied/ ( Di akses tanggal 22
september 2021)
No comments:
Post a Comment