Sunday, February 12, 2023

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (IKM)

 

 

 

 

 

 

MODUL

 

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

 

UNTUK KELAS X (FASE E)

 

 

 

TEMA 4

   :

BANGUNLAH JIWA DAN RAGANYA

TOPIK

:

AKU BUKAN PERUNDUNG

 

 

DISUSUN OLEH:

TIM P5 SMKN 1 GRATI

 

 

 

 

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR

 DINAS PENDIDIKAN

  SMK NEGERI 1 GRATI

      2021


 

AKU BUKAN PERUNDUNG

 

A.      Tujuan, Alur, dan Target Pencapaian Projek

 

1.         Tujuan

a.         Melatih peserta didik memiliki mental yang sehat

b.        Melatih peserta didik memiliki sikap dan sifat yang baik secara kepribadiannya agar tidak terjadi perundungan

c.         Melatih peserta didik agar mampu beradaptasi dengan teman kelas ataupun teman sekolah

d.        Melatih peserta didik dalam analisis dan menyelesaikan setiap permasalahan/ kendala/hambatan yang dihadapi saat disekolah

e.         Melatih peserta didik untuk melaporkan, mengevaluasi, menindaklanjuti permasalahan tentang perundungan yang terjadi disekolah

f.          Melatih peserta didik berpartisipasi dalam menciptakan terbentuknya lingkungan sekolah tanpa ada perundungan (Anti Perundungan)

 

2.         Alur

a.         Persiapan

Menganalisis Perundungan dalam kehidupan nyata maupun dunia maya

b.        Kontekstual

Analisis lingkungan dan penyiapan sarana dan menemukan perundungan dalam kehidupansehari-hari peserta didik, pengambilan data survey penyajian data perundungan dalam bentuk diagram lingkaran maupun batang

c.         Aksi

Proses pembuatan poster, praktik pementasan drama

d.        Refleksi dan TindakLanjut

-          Melakukan aktivitas fisik dan menulis refleksi berdasarkan kriteria elemen profil pelajar pancasila

-          Melakukan aktivitas fisik, sosial dan ibadah secara seimbang melalui berdoa bersama dan menuliskan aksi sederhana sebagai tindakan lanjutan dari projek ini sebagai Upstanders

 

 

3.        Target Pencapaian Projek

Setelah menyelesaikan projek, peserta didik :

a.         Memiliki diri secara fisik ,mental dan spiritual di tengan lingkungan sosialnya

b.        Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan pada kehidupan sehari-hari maupun dunia maya

c.         Mengendalikan dan menyesuaikan emosi yang dirasakannya secara tepat

d.        Memiliki rasa empati pada lingkungan sosialnya untuk menghasilkan keadaan yang lebih baik.

 

4.        Dimensi Profil Pelajar Pancasila

a.       Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak mulia

b.      Mandiri 

c.       Gotong royong

 


 

B.      Dimensi, Elemen, dan SubElemen

 

 

No.

Dimensi

Elemen

Sub Elemen

Aktivitas

1.

Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

Akhlak pribadi - integritas

Merawat Diri secara Fisik, Mental, dan Spiritual

 

·           Kenali perundungan dunia maya

·           Perluas wawasan, perdalam pemahamanmu

·           Jika aku menjadi kamu

·           Proses persiapan pementasan drama

Akhlak kepada manusia

Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan

 

·   Latih dirimu

·   Tindak lanjut (menjadi Upstander)

2.

Bergotong Royong

Kolaborasi

Membangun tim dan mengelola  kerjasama untuk mencapai tujuan  bersama sesuai dengan target yang  sudah ditentukan

·           Jika aku menjadi kamu

·           Proses persiapan pementasan drama

·           Prosess latihan pementasan drama

Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama

Aktif menyimak untuk memahami dan  menganalisis informasi, gagasan,  emosi, keterampilan dan keprihatinan  yang disampaikan oleh orang lain dan  kelompok menggunakan berbagai  simbol dan media secara efektif, serta  menggunakan berbagai strategi  komunikasi untuk menyelesaikan  masalah guna

·           Proses persiapan pembuatan poster

·           Proses latihan pementasan drama

·           Pelaksanaan pementasan drama

·           Tindak lanjut (menjadi Upstander)

Tanggap terhadap lingkungan sosial

 

Memiiliki rasa empati pada lingkungan sosialnya dengan tuntutan peran sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk menghasilkan keadaan yang lebih baik

·           Temukan perundungan di sekolah


 

No.

Dimensi

Elemen

Sub Elemen

Aktivitas

3.

Mandiri

Regulasi

Emosi

Mengendalikan dan  menyesuaikan emosi yang  dirasakannya secara tepat

·           Aku belajar dari kamu

·           Apakah aku seorang perundung ?

·           Apakah aku seorang korban ?

Mengembangkan refleksi diri

Melakukan refleksi terhadap  umpan balik dari teman, guru, dan  orang dewasa lainnya, serta  informasi-informasi karir yang  akan dipilihnya untuk  menganalisis karakteristik dan  keterampilan yang dibutuhkan 

·           Aku belajar dari kamu

·           Seberapa jauh aku melangkah ?


 

C.      Pengembangan Sub Elemen Antarfase

 

Dimensi Profil Pelajar Pancasila : Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

 

 

Elemen

Belum Berkembang

Mulai Berkembang

Berkembang Sesuai Harapan

Sudah Melebihi Harapan

·  Merawat Diri secara Fisik, Mental, dan Spiritual

 

Memahami perbedaan emosi yang dirasakan dan dampaknya terhadap proses belajar dan interaksinya dengan orang lain; serta mencoba cara-cara yang sesuai untuk mengelola emosi agar dapat menunjang aktivitas belajar dan interaksinya dengan orang lain.

Memahami dan memprediksi konsekuensi dari emosi dan pengekspresiannya dan menyusun langkah-langkah untuk mengelola emosinya dalam pelaksanaan belajar dan berinteraksi dengan orang lain.

Mengendalikan dan menyesuaikan emosi yang dirasakannya secara tepat ketika menghadapi situasi yang menantang dan menekan pada konteks belajar, relasi, dan pekerjaan.

Memahami perbedaan emosi yang dirasakan dan dampaknya terhadap proses belajar dan interaksinya dengan orang lain; serta mencoba cara-cara yang sesuai untuk mengelola emosi agar dapat menunjang aktivitas belajar dan interaksinya dengan orang lain.

 

 

 

Dimensi Profil Pelajar Pancasila : Gotong Royong

 

 

 

Elemen

Belum Berkembang

Mulai Berkembang

Berkembang Sesuai Harapan

Sudah Melebihi Harapan

·  Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan

 

Melakukan refleksi untuk mengidentifikasi faktor-faktor di dalam maupun di luar dirinya yang dapat mendukung/mengham batnya dalam belajar dan mengembangkan diri; serta mengidentifikasi caracara untuk mengatasi kekurangannya.

Memonitor kemajuan belajar yang dicapai serta memprediksi tantangan pribadi dan akademik yang akan muncul berlandaskan pada pengalamannya untuk mempertimbangkan strategi belajar yang sesuai.

Melakukan refleksi terhadap  umpan balik dari teman, guru, dan  orang dewasa lainnya, serta  informasi-informasi karir yang  akan dipilihnya untuk  menganalisis karakteristik dan  keterampilan yang dibutuhkan  dalam menunjang atau  menghambat karirnya di masa  depan.

Melakukan refleksi untuk mengidentifikasi faktor-faktor di dalam maupun di luar dirinya yang dapat mendukung/menghambatnya dalam belajar dan mengembangkan diri; serta mengidentifikasi caracara untuk mengatasi kekurangannya

 

 

 

 

 

 

 

Dimensi Profil Pelajar Pancasila : Gotong royong

 

 

Belum Berkembang

Mulai Berkembang

Berkembang sesuai Harapan

Sudah Melebihi Harapan

Tanggap terhadap lingkungan sosial

Menunjukkan ekspektasi (harapan) positif kepada orang lain dalam rangka mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar (sekolah dan rumah).

Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama.

Membangun tim dan mengelola kerjasama untuk mencapai tujuan bersama sesuai dengan target yang sudah ditentukan.

Menunjukkan ekspektasi (harapan) positif kepada orang lain dalam rangka mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar (sekolah dan rumah).

Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama

Memahami informasi dari berbagai sumber dan menyampaikan pesan menggunakan berbagai simbol dan media secara efektif kepada orang lain untuk mencapai tujuan bersama

Memahami informasi, gagasan emosi, keterampilan dan keprihatinan yang diungkapkan oleh orang lain menggunakan berbagai simbol dan media secara efektif, serta memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas hubungan interpersonal guna mencapai tujuan bersama.

Aktif menyimak untuk memahami dan menganalisis informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan keprihatinan yang disampaikan oleh orang lain dan kelompok menggunakan berbagai simbol dan media secara efektif, serta menggunakan berbagai strategi komunikasi untuk menyelesaikan masalah guna mencapai berbagai tujuan bersama.

Memahami informasi dari berbagai sumber dan menyampaikan pesan menggunakan berbagai simbol dan media secara efektif kepada orang lain untuk mencapai tujuan bersama

Kolaborasi

Tanggap terhadap lingkungan sosial  sesuai dengan tuntutan peran  sosialnya dan menjaga keselarasan  dalam berelasi dengan orang lain.

Tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk menghasilkan keadaan yang lebih baik.

Tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan menjaga keselarasan dalam berelasi dengan orang lain.

 

Dimensi Profil Pelajar Pancasila : Mandiri

 

Belum Berkembang

Mulai Berkembang

Berkembang sesuai Harapan

Sudah Melebihi Harapan

Kolaborasi

Memahami perbedaan emosi  yang dirasakan dan dampaknya  terhadap proses belajar dan  interaksinya dengan orang lain;  serta mencoba cara-cara yang  sesuai untuk mengelola emosi  agar dapat menunjang aktivitas  belajar dan interaksinya dengan  orang lain.

Memahami dan memprediksi  konsekuensi dari emosi dan  pengekspresiannya dan  menyusun langkahlangkah  untuk mengelola emosinya  dalam pelaksanaan belajar  dan berinteraksi dengan orang  lain.

Mengendalikan dan  menyesuaikan emosi yang  dirasakannya secara tepat ketika  menghadapi situasi yang  menantang dan menekan pada  konteks belajar, relasi, dan  pekerjaan.

Regulasi emosi

melebihi harapan

Komunikasiuntuk  mencapai  tujuan  bersama

Melakukan refleksi untuk  mengidentifikasi faktor-faktor di  dalam maupun di luar dirinya  yang dapat  mendukung/mengham batnya  dalam belajar dan  mengembangkan diri; serta  mengidentifikasi caracara untuk  mengatasi kekurangannya.

Memonitor kemajuan belajar  yang dicapai serta  memprediksi tantangan pribadi  dan akademik yang akan  muncul berlandaskan pada  pengalamannya untuk  mempertimbangkan strategi  belajar yang sesuai.

Melakukan refleksi terhadap  umpan balik dari teman, guru, dan  orang dewasa lainnya, serta  informasi-informasi karir yang  akan dipilihnya untuk  menganalisis karakteristik dan  keterampilan yang dibutuhkan  dalam menunjang atau  menghambat karirnya di masa  depan.

Mengembangkan  refleksi diri melebihi  harapan


D.      Relevansi Projek Bagi Sekolah dan Semua Guru MataPelajaran serta peserta didik

 

Relevansi Projek bagi Sekolah

Relevansi Projek bagi Guru

Relevansi Projek bagi Peserta Didik

1.    Peningkatan tingkat kesadaran perundungan di lingkungan sekolah.

2.    Pencegahan terhadap kondisi tingkat siswa putus sekolah

3.    Terjadi kondisi menyenangkan pembelajaran di sekolah.

1.      Guru memiliki rasa nyaman terhadap sikap dan prilaku siswa

2.      Guru bisa melaksanakan pembelajaran dengan psikisis peserta didik yang siap belajar

3.      Guru berkolaborasi dengan peserta didik dalam gerakan anti perundungan

1.   Peserta didik memiliki kesadaran dalam pertemanan

2.   Peserta didik sadar untuk tidak melakukan perundungan

3.   Peserta didik lebih bisa bernalar kritis terhadap isu-isu perundungan dan lebih senang ada disekolah

 

 

 

 

E.      Cara Penggunaan Perangkat AjarProjek

1.         Guru   hendaknya   mengetahui    bahwa    perangkat   modul    P5BK   dengan   tema “Bangunlah jiwa dan raganya” dan topik “Aku, bukan perundung” ini berisi:

a.         Tujuan, alur, dan target pencapaianprojek

b.        Dimensi, elemen, dan sub elemen Profil PelajarPancasila

c.         Perkembangan sub elemenantarfase

d.        Relevansi projek bagi sekolah dan semua guru matapelajaran serta peserta didik

e.         Cara penggunaan perangkat ajarprojek

f.          Tips untuk guru sebelum memulaiprojek

g.        Aktivitas (tujuan, persiapan, pelaksanaan, tugasmandiri)

h.        Rubrik asesmen sumatif projek

i.          Refleksi

j.          Referensi

2.         Guru hendaknya membaca, mencermati, dan memahami setiap komponen yang terdapat pada perangkat modul P5BKtersebut.

3.         Guru hendaknya melaksanakan pembimbingan/pendampingan projek ini dengan baik sesuai dengan ketentuan dengan mempertimbangan waktu yang tersedia,karakteristik peserta didik, kompetensi peserta didik, dan target pencapaianprojek.


4.         Guru hendaknya memberikan jeda waktu di antara aktivitas untuk memberikanwaktu berpikir, diskusi, mempersiapkan material dan refleksi di kalangan guru maupun pesertadidik.

5.         Kepala sekolah dan guru memiliki hak dan kebebasan untuk menyesuaikan jumlah, waktu aktivitas dan juga waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan perangkat ajar ini sehingga setiap sekolah bisa memanfaatkan perangkat ini secaramaksimum.

 

F.       Tips Untuk Guru Sebelum MemulaiProjek

Untuk mencapai tujuan pembelajaran, Guru perlu memperhatikan kebiasaan, gaya hidup diri sendiri, karakteristik pada diri sendiri, lingkungan sekolah, dan peserta didik. Dengan demikian, Guru dapat memperlihatkan kebiasaan, karakteristik sejak awalprojeksehinggapesertadidikmendapatpengertianlebihmendalamdalampraktiknya. Beberapa hal yang dapat lakukan Guru, diantaranya:

1.         Memfasilitasi diri pengetahuan dan keterampilan terkait perundungan verbal, perundungan fisik, perundungan sosial dan perundungan media massa.

2.         Memfasilitasi bahan bacaan dan sarana prasarana yang diperlukan.

3.         Mengingatkan peserta didik apabila menemukan terjadinya perundungan disekolah dilaporkan kepada guru BK untuk didiskusikan dan mencari solusinya.

4.         Mengingatkan peserta didik untuk menerapkan anti perundungan disekolah maupun dirumah

 

G.     Aktivitas (Tujuan, Persiapan, Pelaksanaan, TugasMandiri)

 

1.         Tujuan

Setelah mengikuti projek dengan tema kewirausahaan ini, Peserta didik mampu :

a.         Memahami beberapa bentuk perundungan yang harusnya tidak dilakukan kepada siapapun temasuk teman kelas atau temen sekolah

b.        Memiliki jiwa atau karakter yang baik.

c.         Mampu melatih kesehatan fisik dan mental berkelanjutan

d.        Menjaga kesehatan mental dilingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga

e.         Membuat poster anti perundungan

f.          membuat persiapan permentasan drama  anti perundungan


g.        membuat laporan hasildarama anti perundungan .

h.        mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil dari pementasan drama anti perundungan

i.          menciptakan lingkungan sekolah yang menyenangkan tanpa ada perundungan

 

2.         Persiapan

a.         Guru bersama peserta didik merancang/menentukan pelaksanaan pembuatan poster anti perundungan yang ditemukan disekolah maupun disekitar

b.        Guru bersama peserta didik merancang persiapan pementasan drama

 

3.         Pelaksanaan

Pelaksanaan P5BK sebagai berikut :

 

No.

Kegiatan

Alokasi Waktu (JP @ 45 menit)

1

Kenali Perundungan Dunia Maya

2

2

Perluas  Wawasan, Perdalam Pemahamanmu

3

3

Jika aku menjadi kamu

2

4

Aku belajar dari kamu

2

5

Temukan perundunga disekolah

2

6

Lihatlah disekitarmu

3

7

Apakah aku seorang perundung

2

8

Apakah aku seorang korban

2

9

Latih dirimu

2

10

Proses persiapan pementasan drama

15

11

Proses pembuatan poster

5

12

Proses latihan pementasan drama

18

13

Pelaksanaan pementasan drama

32

14

Seberapa jauh aku melangkah

3

15

Tindak lanjut (Menjadi Upstanders)

3

Total

96

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                          

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.         Tugas Mandiri Peserta Didik

a.         Membuat poster

b.        Menerapkan anti perundungan

c.         Merancang persiapan pementasan drama

d.        Mengevaluasi hasil usaha dan menindaklanjuti hasil dari kegiatan anti perundungan

 

H.     Rubrik Asesmen SumatifProjek

 

Lembar Observasi1

 

Kelas/Fase

:

X/E

Program keahlian

:

Agribisnis Ternak

Tema P5BK

:

Bangunlah jiwa dan raganya

Topik

:

Aku, Bukan perundung

Dimensi

:

Beriman, Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan

Berakhlak Mulia

 

 

 

No.

 

Nama Siswa

Belum Berkembang

Mulai Berkembang

Berkembang

Sesuai Harapan

Berkembang

Melebihi Harapan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Observasi2

 

Kelas/Fase

:

X/E

Program keahlian

:

Agribisnis Ternak

Tema P5BK

:

Bangunlah jiwa dan raganya

Topik

:

Aku, bukan perundung

Dimensi

:

Bergotong Royong

 

 

 

No.

 

Nama Siswa

Belum Berkembang

Mulai Berkembang

Berkembang Sesuai

Harapan

Berkembang Melebihi

Harapan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Observasi3

 

Kelas/Fase

:

X/E

Program keahlian

:

Agribisnis Ternak

Tema P5BK

:

Bangunlah jiwa dan raganya

Topik

:

Aku, bukan perundung

Dimensi

:

Mandiri

 

 

 

No.

 

Nama Siswa

Belum Berkembang

Mulai Berkembang

Berkembang

Sesuai Harapan

Berkembang

Melebihi Harapan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


I.         Refleksi

 

1.         Refleksi PesertaDidik

 

Refleksi Peserta Didik 1

 

 

 

Item Pertnyataan

Sangat setuju

 

Setuju

Tidak Setuju

Sangat

Tidak Setuju

Tidak Tahu

Melalui projek ini, aku memahami bentuk-bentuk perundungan

 

 

 

 

 

Melalui projek ini, aku mampu membedakan setiap bentuk perundungan (fisik, verbal, sosial dan dunia maya)

 

 

 

 

 

Melalui projek ini, aku mampu

Belajar sikap anti perundung

 

 

 

 

 

Melalui projek ini, aku mampu

Beradaptasi dengan teman sekelas ataus ekolah dengan baik

 

 

 

 

 

Melalui projek ini, aku mampu

Meraskaan lingkungan sekolah yang menyenangkan

 

 

 

 

 

Melalui projek ini, aku mampu melakukan pelaporan baik secara

lisan maupun tulisan ketika terjadi perundungan

 

 

 

 

 

Melalui projek ini, aku mampu melakukan evaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi

Dari kegiatan anti perundungan

 

 

 

 

 

Melalui projek ini, aku mampu

merancang persiapan pementasan drama anti perundungan

 

 

 

 

 

Melalui projek ini, aku mampu membuat poster

 

 

 

 

 

Melalui projek ini, aku dapat

berpartisipasi dalam menciptakan

terbentuknya sekolah yang

menyenangkan

 

 

 

 

 

Hal yang sebelumnya ingin aku pelajari mengenai perundungan

Hal yang ingin aku pelajari lebih lanjut mengenai anti perundungan

 

 

Manfaat yang aku peroleh setelah melakukan kegiatan anti perundungan (bentuk-bentuk perundungan baik secara verbal, fisik, sosial dan dunia maya)

Pengalaman yang paling berkesan selama aku melakukan kegiatan anti perundungan

 

 


 

 

Refleksi Peserta Didik 2

 

Nama             :

Kelompok : Nama anggota : A.

B.

C.

D.

E.

 

 

 

A

 

 

B

 

 

C

 

 

D

 

 

E

Siapakah teman yang menunjukkan sikap positif sepanjang projek ini?

.....................................

Kontribusi

Selalu memberikan ide, gagasan dan masukan dalam kerja kelompok

 

 

 

 

 

Siapakah teman yang menurutmu kurang berkontribusi dalam kerja kelompok?

 

 

 

 

 

 

.....................................

Solutif

Selalu berusaha mencari solusi dalam permasalahan kerja kelompok dan mencapai tenggang waktu yang ditentukan

bersama

 

 

 

 

 

Saran apa yang dapat kamu berikan agar teman tersebut dapat bekerja lebih baik?

.....................................

Sikap diri

Dapat mengatur diri, menjaga sikap dan memberikan suasana menyenangkan dalam kerja kelompok, serta terbuka menerima

pendapat atau kritik

 

 

 

 

 

Hal yang paling menyenangkan dalam projek ini:

.....................................

Fokus

Selalu fokus dalam bekerja

 

 

 

 

 

Hal yang paling tidak aku sukai dalam projekini:

.....................................

Kepemimpinan

Dapat mengajak teman dalam kelompok untuk sama-sama bekerja dalam pencapaian target

projek

 

 

 

 

 

Hal tersebut aku hadapi dengan cara:

.....................................

Pencapaian terbesar kami dalam projek ini:

Kendala terbesar kami dalam projek ini:

 

2.         RefleksiGuru

a.         Manfaat apa yang dirasakan peserta didik setelah kegiatan anti perundungan?

b.        Rencana apa yang bapak/ibu ingin buat untuk membimbing peserta didik dalam menciptakan lingkungan sekolah anti perundungan?

c.         Perubahan apa yang dilakukan peserta didik setelah melakukan kegiatan anti perundungan ?


 

J.        Rubrik penilaian P5BK

Dimensi

Belum berkembang

Mulai berkembang

Berkembang sesuai  harapan

Sangat berkembang

Sulit memahami diri sendiri

Memahami diri dan

Menerima diri dan orang lain

Menerima diri, melengkapi

Bertakwa  kepada Tuhan  Yang Maha Esa,  dan berakhlak  mulia

dan orang lain. Belum dapat

menyadari adanya konflik  serta solusinya.

berusaha menerima orang

lain dengan kekurangan dan  kelebihannya. Mulai  memahami konflik yang ada  dan berusaha mencari solusi  untuk kepentingan bersama.

dengan kekurangan dan

kelebihannya lewat perkataan  dan perbuatan.

Memahami konflik dan  cenderung mencari solusi  untuk kepentingan

kekurangan dan

mengapresiasi kelebihan  orang lain lewat perkataan  dan perbuatan.

Menganalisis konflik dan  berinisiatif mencari solusi untuk

bersama.

kepentingan bersama.

Kurang aktif terlibat dalam

Cukup aktif dalam kerja

Aktif dalam kerja sama,

Berinisiatif untuk memulai kerja

kerja sama, cenderung

sama, komunikatif, dan

responsif, komunikatif, tangga

sama, menginspirasi tim,

Gotong Royong

pendiam dan menunggu

pekerjaan, kurang

mulai memberikan kontribusi

di dalam kelompok.

p terhadap konflik dan

berkontribusi positif dalam

responsif, komunikatif, menjadi

teladan dalam memberikan

memberikan kontribusi

kelompok dan lingkungan

kontribusi positif dalam

dalam kelompok.

sekolah.

kelompok maupun lingkungan

sekolah.

Belum dalam menguasai

Cukup dapat menguasai

Dapat menguasai emosi pada

Mahir menguasai emosi pada

emosi pada tempat dan

emosi di saat dan

tempat dan situasi yang

tempat dan situasi yang tepat,

situasi yang tepat.

tempat yang tepat.

tepat, reflektif, dan

sangat reflektif, memperlihatkan

Mandiri

Cenderung bertindak

sesukanya dan tidak

Menerima umpan balik

tetapi belum dapat

memotivasi diri sendiri

berdasarkan umpan balik

kemajuan dan perkembangan

konkrit dalam mengelola umpan

memerhatikan umpan balik

mempraktikannya

yang diberikan.

balik yang diberikan.

yang diberikan.

secara konkrit.


K.      GLOSARIUM

 

·         Cause  Effect  graphic            organizer :       pengatur          grafis   untuk membantu          murid

                                                                        menganalisis    sebab   akibat   akan     sebuah  masalah

 

·         K-W-L chart: tabel yang berisi 3 kolom dengan keterangan K(apa yang saya tahu?), W (apa

yang saya ingin tahu?), dan  L(apa yang saya pelajari?)

 

·         Self-assessment:penilaian diri

 

·         Upstander:  Sebutan untuk seseorang yang membela orang-orang yang tertindas, seperti melakukan

                               tindakaberempati ketika melihat perilaku perundungan untuk mengurangi derita

                                  korban  perundungan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

L.       REFRENSI

 

Adit, A. 2020.Kompas. 10 Cara Hadapi “Bullying” atau perundungan.http://bertema.com/stop-perundungan-atau bullying.Kompas ( Di akses tanggal 22 september 2021)

 

Bonny Tjongjono, H. Gunardi, Sudung O.Pardede. Tjin Wiguna. 2019. Perundungan-siber (Cyberbullying) Serta Masalah Emosi dan Perilaku pada Pelajar Usia 12-15 Tahun di Jakarta pusat. ( Di akses tanggal 22 september 2021)

 

Buzanco. C. 2021. Bullying.https://www.psycoom.net/bullying-test/. ( Di akses tanggal 22 september 2021)

 

Diena Haryana, N. Suwariyani, A. A. ,angunwibawa, Purwanto, A.B.Utami, A.Priamsari.2019.Stop Perundungan. Kemendikbud.go.id. https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/uploads /Dokumen/7157_2019-10-30/Stop%20Perundungan%20(1).pdf. ( Di akses tanggal 22 september 2021)

Dwinanda. R. 2019. Perundungan Dunia Maya Lebih Pengaruh Nyata.  https://www.statista.com/statistics/1036460/indonesia-cyberbullying-experienced-sosocialmedia/.

               www.statista.com. http://www.readwritethink.org/files/resources/printouts/KWL%20Chart.pdf. .

( Di akses tanggal 22 september 2021)

 

Anonimus. 2021.Panduan Profil Pelajar Pancasila .https://www.pacerteensagainstbullying.org/advocacy-for-self/are-you-being-bullied/  ( Di akses tanggal 22 september 2021)

 

 

No comments:

Post a Comment