RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMK
Al Inayah Purwosari
Mata Pelajaran : Prakarya
dan Kewirausahaan
Kelas / Semester : XI/ 1
Materi Pokok :
Proses
Produksi Pembangkit Listrik Sederhana
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(gotong royong,
kerjasama, toleran, damai, santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam bernteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar dan menyaji dalam
ranah kongkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya disekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1
Menghayati keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dan keberagaman produk rekayasa di wilayah setempat dan
lainnya sebagai anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan motivasi internal dan peduli
lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk rekayasa dan
kewirausahaan di wilayah setempat dan lainnya.
2.2 Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan
mandiri dalam memperkenalkan karya rekayasa di wilayah setempat dan lainnya dan
menerapkan wirausaha.
2.3 Mengahayati sikap bekerjasama, gotong royong,
bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, dan inovatif dalam memahami
kewirausahaan dan membuat karya rekayasa di wilayah setempat dan lainnya dengan
memperhatikan estetika produk akhir untuk membangun semangat usaha.
3.3 Memahami proses produksi rekayasa sebagai
pembangkit listrik sederhana di wilayah setempat melalui pengamatan dari
berbagai sumber
Indikator:
·
Menjelaskan pengertian proses produksi
rekayasa
·
Menjelaskan kebutuhan bahan dalam proses
produksi rekayasa
4.2 Mendesain proses produksi karya rekayasa
sebagai pembangkit listrik sederhana berdasarkan identifikasi kebutuhan sumber
daya, teknologi, dan prosedur berkarya dengan pendekatan budaya setempat
lainnya.
Indikator:
·
Menjelaskan tahapan dalam proses
produksi rekayasa
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah selesai
mengikuti pembelajaran ini siswa diharapkan dapat:
1. Menjelaskan
pengertian proses produksi rekayasa
2. Menjelaskan
kebutuhan bahan dalam proses produksi rekayasa
3. Menjelaskan
tahapan dalam proses produksi rekayasa
D.
Materi
Ajar
1. Pengertian
Proses Produksi Pembangkit Listrik Sederhana Energi Angin
2. Standar
Proses Produksi Pembangkit Listrik Sederhana Energi Angin
E.
Metode
Pembelajaran
· Metode
Scientific
· Model
Pembelajaran Discovery Learning
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
· Modul/bahan
referensi/Buku Kewirausahaan
· Internet
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
(15 menit)
· Berdoa,
salam, dan mengecek kehadiran peserta didik.
· Apersepsi:
siswa menyampaikan pendapat tentang proses produksi.
· Motivasi:
siswa diberikan penjelasan tentang hambatan yang mungkin ditemui.
· Siswa
diberikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
· Siswa
diberikan penjelasan tentang cakupan materi proses produksi pembangkit listrik
sederhana energi angin.
2. Kegiatan
Inti (60 menit)
Mengamati
· Siswa
menyimak pendapat dari beberapa sumber tentang pengertian proses produksi.
· Siswa
menyimak tentang proses produksi pembangkit listrik energi sederhana dari
beberapa sumber.
Menanya
· Siswa
mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai pengertian proses produksi dan
menjelaskan pengertian proses produksi.
· Siswa
mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai contoh gambar dengan menjelaskan
alat yang diperlukan dan tehnik yang digunakan.
Mengumpulkan
Informasi
· Peserta
didik mengumpulkan data hasil rumusan proses produksi pembangkit listrik
sederhana energi angin dari berbagai sumber.
Mengasosiasi
· Siswa
dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 4 siswa.
· Siswa
dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapat para ahli mengenai pengertian
proses produksi.
· Siswa
dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapat para ahli mengenai pembangkit
listrik sederhana energi angin.
· Siswa
dalam kelompok diminta mendiskusikan standar proses produksi pembangkit listrik
sederhana energi angin
Mengkomunikasikan
· Siswa
dalam kelompok mempresentasikan hasil diskusi mengenai pengertian dan standar
proses produksi.
3. Penutup
(15 menit)
Simpulan
· Peserta
didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan rumusan
proses produksi pembangkit listrik sederhana energi angin.
· Peserta
didik diberikan arahan tentang pemahaman proses produksi pembangkit listrik
sederhana energi angin.
Evaluasi
· Memberikan
pertanyaan singkat kepada peserta didik tentang proses produksi pembangkit
listrik sederhana energi angin.
Refleksi
· Meminta
umpan balik pada siswa tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan dan memberi wawasan lebih pada siswa.
Tindak
Lanjut
· Peserta
didik mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru dan informasi rencana
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Penutup
· Berdo’a
dan atau salam untuk menutup
H.
Penilaian
1.
Instrumen
Penilaian Sikap
No.
|
Nama Peserta
didik
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
Ket.
|
|||||
Responsif
|
Proaktif
|
Peduli Lingkungan
|
Peduli Sesama
|
Menghargai Karya
|
Menerima Pendapat
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
Penskoran
Masing-masing kolom
diisi dengan kriteria:
4 = Baik sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
Pedoman
penskoran
x 100
Kriteria
Nilai
A = 85 – 100 (SangatBaik)
B = 70-84 (Baik)
C = 60 – 69 (Cukup)
D = <60 (Kurang)
2.
Instrumen
Penilaian Pengetahuan
Soal
1. Jelaskan
pengertian proses produksi!
2. Jelaskan
pengertian pembangkit listrik energi angin!
3. Sebutkan
bagianbagian dari turbin angin!
4. Jelaskan
prinsip kerja pembangkit listrik energi angin!
Kunci Jawaban
Pedoman Penilaian
1.
Setiap butir memiliki rentang skor 1-5
2.
Total nilai apabila semua jawaban benar
adalah 20
Pedoman penskoran
x 100
3.
Instrumen
Penilaian Keterampilan
No.
|
Nama Peserta
didik
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
Ket.
|
|||||
Komu
nikasi
|
Sistema
Tika Penya jian
|
Wawa
san
|
Kebera
nian
|
Antusias
|
Penam
pilan
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
Penskoran
Masing-masing kolom
diisi dengan kriteria:
4 = Baik sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
Pedoman
penskoran
x 100
Kriteria
Nilai
A = 85 – 100 (SangatBaik)
B = 70-84 (Baik)
C = 60 – 69 (Cukup)
D = <60 (Kurang)
Pasuruan, 26 Juni 2014
Mengetahui :
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran,
Siswantoro
S.E Miftahul
Arifin, S.E
NIP.-
No comments:
Post a Comment