Monday, January 25, 2016

RPP PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                  : SMK Al Inayah Purwosari
Mata Pelajaran                         : Prakarya dan Kewirausahaan
Kelas / Semester                      : XI/ 1
Materi Pokok                           : Proses Produksi Pembangkit Listrik Sederhana
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

A.      Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,     peduli(gotong royong, kerjasama, toleran, damai, santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam bernteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah kongkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dan keberagaman     produk rekayasa di wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah Tuhan.
2.1  Menunjukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk rekayasa dan kewirausahaan di wilayah setempat dan lainnya.
2.2  Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam memperkenalkan karya rekayasa di wilayah setempat dan lainnya dan menerapkan wirausaha.
2.3  Mengahayati sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, dan inovatif dalam memahami kewirausahaan dan membuat karya rekayasa di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir untuk membangun semangat usaha.
3.3  Memahami proses produksi rekayasa sebagai pembangkit listrik sederhana di wilayah setempat melalui pengamatan dari berbagai sumber
       Indikator:
·       Menjelaskan pengertian proses produksi rekayasa
·       Menjelaskan kebutuhan bahan dalam proses produksi rekayasa
4.2  Mendesain proses produksi karya rekayasa sebagai pembangkit listrik sederhana berdasarkan identifikasi kebutuhan sumber daya, teknologi, dan prosedur berkarya dengan pendekatan budaya setempat lainnya.
       Indikator:
·      Menjelaskan tahapan dalam proses produksi rekayasa
      
C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah  selesai  mengikuti  pembelajaran  ini siswa diharapkan dapat:
1.    Menjelaskan pengertian proses produksi rekayasa
2.    Menjelaskan kebutuhan bahan dalam proses produksi rekayasa
3.    Menjelaskan tahapan dalam proses produksi rekayasa

D.      Materi Ajar
1.    Pengertian Proses Produksi Pembangkit Listrik Sederhana Energi Angin
2.    Standar Proses Produksi Pembangkit Listrik Sederhana Energi Angin

E.       Metode Pembelajaran
·      Metode Scientific
·      Model Pembelajaran Discovery Learning

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
·      Modul/bahan referensi/Buku Kewirausahaan
·      Internet

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan (15 menit)
·      Berdoa, salam, dan mengecek kehadiran peserta didik.
·      Apersepsi: siswa menyampaikan pendapat tentang proses produksi.
·      Motivasi: siswa diberikan penjelasan tentang hambatan yang mungkin ditemui.
·      Siswa diberikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
·      Siswa diberikan penjelasan tentang cakupan materi proses produksi pembangkit listrik sederhana energi angin.


2.    Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati
·      Siswa menyimak pendapat dari beberapa sumber tentang pengertian proses produksi.
·      Siswa menyimak tentang proses produksi pembangkit listrik energi sederhana dari beberapa sumber.
Menanya
·      Siswa mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai pengertian proses produksi dan menjelaskan pengertian proses produksi.
·      Siswa mendiskusikan dengan teman sebangku mengenai contoh gambar dengan menjelaskan alat yang diperlukan dan tehnik yang digunakan.
Mengumpulkan Informasi
·      Peserta didik mengumpulkan data hasil rumusan proses produksi pembangkit listrik sederhana energi angin dari berbagai sumber.
Mengasosiasi
·      Siswa dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 4 siswa.
·      Siswa dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapat para ahli mengenai pengertian proses produksi.
·      Siswa dalam kelompok diminta mendiskusikan pendapat para ahli mengenai pembangkit listrik sederhana energi angin.
·      Siswa dalam kelompok diminta mendiskusikan standar proses produksi pembangkit listrik sederhana energi angin
Mengkomunikasikan
·      Siswa dalam kelompok mempresentasikan hasil diskusi mengenai pengertian dan standar proses produksi.
3.    Penutup (15 menit)
Simpulan
·      Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan rumusan proses produksi pembangkit listrik sederhana energi angin.
·      Peserta didik diberikan arahan tentang pemahaman proses produksi pembangkit listrik sederhana energi angin.
Evaluasi
·      Memberikan pertanyaan singkat kepada peserta didik tentang proses produksi pembangkit listrik sederhana energi angin.
Refleksi
·      Meminta umpan balik pada siswa tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan dan memberi wawasan lebih pada siswa.


Tindak Lanjut
·      Peserta didik mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru dan informasi rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
Penutup
·      Berdo’a dan atau salam untuk menutup

H.      Penilaian
1.    Instrumen Penilaian Sikap

No.

Nama Peserta
didik
Aspek Penilaian

Jumlah
Skor

Nilai

Ket.
Responsif
Proaktif
Peduli Lingkungan
Peduli Sesama
Menghargai Karya

Menerima Pendapat


































Kriteria Penskoran
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria:
4 = Baik sekali                 
3 = Baik                                                   
2 = Cukup
1 = Kurang

Pedoman penskoran

  x 100

Kriteria Nilai      
A = 85 – 100  (SangatBaik)
B = 70-84       (Baik)                    
C = 60 – 69    (Cukup)
D = <60          (Kurang)

2.    Instrumen Penilaian Pengetahuan
Soal
1.    Jelaskan pengertian proses produksi!
2.    Jelaskan pengertian pembangkit listrik energi angin!
3.    Sebutkan bagianbagian dari turbin angin!
4.    Jelaskan prinsip kerja pembangkit listrik energi angin!
Kunci Jawaban
Pedoman Penilaian
1.                 Setiap butir memiliki rentang skor 1-5
2.                 Total nilai apabila semua jawaban benar adalah 20
Pedoman penskoran
  x 100
3.    Instrumen Penilaian Keterampilan

No.

Nama Peserta
didik
Aspek Penilaian

Jumlah
Skor

Nilai

Ket.
Komu
nikasi
Sistema
Tika Penya jian
Wawa
san
Kebera
nian
Antusias


Penam
pilan


































Kriteria Penskoran
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria:
4 = Baik sekali                 
3 = Baik                                                   
2 = Cukup
1 = Kurang

Pedoman penskoran

  x 100

Kriteria Nilai      
A = 85 – 100  (SangatBaik)
B = 70-84       (Baik)                    
C = 60 – 69    (Cukup)
D = <60          (Kurang)



                                                                                     Pasuruan, 26 Juni 2014
Mengetahui :
Kepala Sekolah                                                            Guru  Mata Pelajaran,


Siswantoro S.E                                                           Miftahul Arifin, S.E
NIP.-  

No comments:

Post a Comment