SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMK AL INAYAH PURWOSARI
MATA PELAJARAN : Kewirausahaan
KELAS/SEMESTER : X/1
STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha
KODE
KOMPETENSI : A
ALOKASI WAKTU : 52 x 45 menit (26 TM)
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
NILAI –
NILAI KARAKTER
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
|||||||
A.1 Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha
|
·
Pengertian kewirausahaan
·
Karakteristik wirausahawan yang meliputi : displin,
komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis
·
Cara mengidentifikasi 10 kegagalan dan keberhasilan
seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan
|
·
Menjelaskan pengertian kewirausahaan, wirausaha dan
wirausahawan
·
Mengetahui dan mengimplementasikan karakteristik
wirausahawan yang meliputi : displin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan
inovatif, mandiri dan realitis dalam kehidupan keseharian di sekolah dan
lingkungan siswa
·
Mengetahui cara mengidentifiikasi dan menerapkan 10 ke-gagalan
dan keber-hasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan dalam
keseharian siswa di sekolah dan lingkungan
|
·
Disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovasi,
mandiri dan selalu bekerja dengan berprestasi
·
Kebeberhasilan dan kegagalan wirausahawan diidentifikasi berdasarkan sikap dan perilakunya dalam keseharian
|
·
Disiplin
·
Jujur
·
Kreatif
·
Mandiri
·
Kerja Keras
·
Menghargai prestasi
|
·
Tes tertulis
·
Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam
bentuk portofolio
·
Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
|
4
|
|
|
·
Modul bahan ajar
·
Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·
Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja
siswa
·
Buku referensi yang relevan
|
|
|
·
Menyimpulkan karakteristik wirausahawan yang berhasil
dan yang gagal
·
Menghargai karya dan pengalaman orang lain sebagai masukan bagi pengembangan diri
|
|
|
|
|
|
|
|
A.2 Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju)
|
·
Pengertian, tujuan, manfaat perilaku kerja prestatif
·
Perilaku kerja prestatif (selalu
ingin maju) meliputi:
-
kerja ikhlas
-
kerja mawas >< emosional
-
kerja cerdas
-
kerja keras
-
kerja tuntas
·
Prinsip cara kerja prestatif
|
·
Mengetahui pengertian,
tujuaan dan manfaat perilaku kerja prestatif
·
Menjelaskan cara kerja prestatif (selalu ingin maju)
·
Menerapkan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) dalam kehidupan
keseharian di lingkungan keluarga, sekolah & masyarakat :
-
Kerja ikhlas
-
Kerja mawas >< emosiosonal
-
Kerja cerdas
-
Kerja keras
-
Kerja tuntas
|
·
Kerja prestatif (selalu ingin
maju) meliputi :
-
Kerja ikhlas
-
Kerja mawas >< emosional
-
Kerja cerdas
-
Kerja keras
-
Kerja tuntas
|
·
Kerja keras
·
Menghargai prestasi
·
Disiplin
|
·
Tes tertulis
·
Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam
bentuk portofolio
·
Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
|
3
|
|
|
·
Modul bahan ajar
·
Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·
Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja
siswa
·
Buku referensi yang relevan
|
A.3 Merumuskan solusi
masalah
|
·
Pengertian masalah
·
Teknik
pemecahan masalah dan pembuatan keputusan
·
Membedakan masalah dan bukan masalah
·
Identifikasi masalah dan mencari
penyebabnya
·
Mencari dan menentukan alternatif pemecahan
masalah
·
Pertimbangan dalam merumuskan solusi
masalah
·
Dampak dari pengambilan keputusan
|
·
Mengetahui pengertian dan perbedaan masalah
dan bukan masalah
·
Mengetahui teknik pemecahan masalah dan
pengambilan keputusan serta menerapkan dalam kehidupan aktivitas
keseharian di lingkungan keluarga,
sekolah dan masyarakat.
·
Mengidentifikasi masalah dan mencari
penyebab terjadinya masalah
·
Menentukan alternatif pemecahan
permasalahan
|
·
Masalah
diidentifikasi, dirumuskan dan dianalisis, dengan percaya diri
·
Kecakapan mengolah informnasi,
·
Berpikir kreatif
·
Kecakapan memecahkan masalah,
·
Kecakapan bekerjasama dengan teman sekerja
·
Alternatif perumusan solusi masalah
berdasarkan hasil analisis
|
·
Kreatif
·
Kerja sama
·
Jujur
·
Toleransi
·
Demokratis
·
Rasa ingin tahu
·
Tanggung jawab
|
·
Tes tertulis
·
Observasi/ pengamatan dengan menggunakan
instrumen dalam bentuk portofolio
·
Hasil penugasan dalam bentuk portofolio
|
6
|
|
|
·
Modul bahan ajar
·
Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan
·
Buku referensi yang relevan
|
A.4 Mengembangkan semangat wirausaha
|
·
Inovatif
·
Kreatifitas
·
Motivasi
·
Sikap bekerja efektif dan efisien
|
·
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja wirausaha
·
Mengetahui pengertian-pengertian inovasi,
kreatifitas dan motivasi
·
Mengetahui
prinsip-prinsip kerja yang efektif dan efisien
|
·
Menciptakan daya saing
sesuai dengan instrumen penilaian
·
Menciptakan sikap selalu ingin maju sesuai
dengan instrumen penilaian
·
Meningkatkan sikap
disiplin dan etos kerja dengan instrumen penilaian
|
·
Inovatif
·
Kreatif
·
Motivasi
·
Tanggung jawab
·
Disiplin
·
Bekerja keras
|
·
Tes tertulis
·
Observasi/ pengamatan dengan menggunakan
instrumen dalam bentuk portofolio
·
Hasil penugasan dalam bentuk portofolio
|
3
|
1(2)
|
|
·
Modul bahan ajar
·
Instrumen penilaian pelajaran
kewirausa-haan
·
Buku referensi yang relevan
|
|
|
·
Menerapkan faktor pengaruh
semangat kerja dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan
|
·
Menumbuhkan
kreativitas dan inovatif siswa sesuai dengan instrumen penilaian
|
|
|
|
|
|
|
A.5 Membangun komitmen bagi dirinya dan bagi orang lain
|
·
Faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi
·
Menerapkan perilaku
tepat waktu
·
Menerapkan perilaku
tepat janji
·
Menerapkan kepedulian
terhadap mutu hasil kerja
·
Menerapkan komitmen
tinggi terhadap pengendalian diri
|
·
Mengetahui faktor-faktor yang menunjukkan seseorang
mempunyai komitmen tinggi dalam keseharian aktivitas
·
Menerapkan perilaku
tepat waktu, tepat janji dalam kegiatan aktivitas keseharian baik di
lingkungan sekolah maupun lingkungan
·
Menerapkan komitmen
tinggi terhadap kepedulian mutu hasil pekerjaan
· Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri seperti disiplin, ulet dan ketabahan
|
·
Pantang menyerah terhadap keadaan atau situasi apapun juga
·
Memiliki semangat dan
tahan uji dari setiap tantangan
·
Memiliki kesabaran dan
ketabahan di dalam berusaha
·
Selalu bekerja,
berjuang dan berkorban
|
·
Disiplin
·
Jujur
·
Demokratis
·
Rasa ingin tahu
·
Kreatif
·
Tanggung jawab
·
Toleransi
|
·
Tes tertulis
·
Observasi/ pengamatan
dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·
Hasil penugasan dalam
bentuk portofolio
|
4
|
|
|
·
Modul bahan ajar
·
Instrumen penilaian
pelajaran kewirausa-haan
·
Laporan kinerja siswa
yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·
Buku referensi yang
relevan
|
A.6 Mengambil
resiko usaha
|
·
Prinsip dasar resiko
meliputi pengertian, macam, unsur, manfaat, tujuan dsb
· Manajemen resiko
|
·
Memahami pengambilan resiko usaha
·
Macam-macam resiko
·
Unsur resiko
· Mengelola resiko meliputi penanganan sendiri, cara menghindari, memperkecil resiko
negatif dan pengalihan resiko kepada
pihak lain
|
·
Identifikasi jenis-jenis resiko
· Memperkecil resiko yang merugikan
|
· Jujur
· Tanggung jawab
· Kerja keras
· Komunikatif
|
·
Tes tertulis
·
Observasi/ pengamatan
dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
· Hasil Penugasan
dalam bentuk portofolio
|
4
|
1(2)
|
|
·
Modul bahan ajar
·
Instrumen penilaian
pelajaran kewirausa-haan
·
Laporan kinerja siswa
yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·
Buku referensi yang relevan
|
NAMA SEKOLAH : SMK
MATA PELAJARAN : Kewirausahaan
KELAS/SEMESTER : X/2
STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha
2. Menerapkan Jiwa Kepemimpinan
KODE
KOMPETENSI : A dan B
ALOKASI WAKTU : 32 x 45 menit ( 16 TM)
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
NILAI –
NILAI KARAKTER
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||
A.7
Membuat keputusan
|
·
Solusi pemecahan masalah
·
Komunikasi
· Analisis SWOT
|
·
Mengetahui pengertian pengambilan keputusan
·
Merumuskan atau
mendefinisikan masalah/persoalan dari suatu kejadian (event) dengan membuat
alternatif- alternatif pemecahan masalah
·
Memecahkan masalah
keseharian berdasarkan penugasan guru melalui diskusi (brainstorming, force
field analysis).
·
Mengambil keputusan
berdasarkan kondisi yang ditetapkan guru, melalui diskusi dengan analisis SWOT).
·
Memperhitungkan resiko dalam membuat
keputusan
|
·
Alternatif pemecahan
masalah
·
Solusi memecahkan
masalah
·
Resiko keberhasilan
dan kegagalan dalam pengambilan keputusan
|
·
Komunikatif
·
Kreatif
·
Jujur
·
Religius
·
Kerja keras
·
Tanggung jawab
·
Toleransi
·
Teliti
|
·
Tes tertulis
·
Observasi/ pengamatan
dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·
Hasil penugasan dalam
bentuk portofolio
|
4
|
|
|
·
Modul bahan ajar
·
Instrumen penilaian
pelajaran kewirausa-haan
·
Laporan kinerja siswa
yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·
Buku referensi yang
relevan
|
B.1 Menunjukkan sikap pantang menyerah dan ulet
|
· Mengetahui hakikat sikap
pantang menyerah dan ulet
·
Melakukan sikap pantang menyerah dan ulet dalam kegiatan usaha
|
· Menjelaskan hakikat sikap pantang menyerah dan ulet
·
Mempunyai sikap pantang menyerah dan ulet dengan keikutserta-an
(magang) pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah
dalam program CBT
|
·
Kegiatan usaha dilakukan dengan semangat, tidak putus
asa, selalu ingin maju, dan selalu mencari sesuatu yang baru sesuai dengan instrumen yg telah ditetapkan
|
·
Pantang menyerah
·
Menghargai prestasi
·
Jujur
·
Kerja keras
·
Tanggung jawab
·
Kreatif
·
Mandiri
|
· Tes tertulis
· Observasi/ pengamatan
dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·
Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
|
4
|
|
|
· Modul bahan ajar
· Instrumen penilaian
pelajaran kewirausahaan
· Laporan kinerja siswa
yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·
Buku referensi yang relevan
|
B.2 Mengelola konflik
|
· Mengetahui penyebab, tipe, manfaat, dampak, jenis, pengelompokan, tahap terjadinya, penanggulangan
dan cara mengelola konflik
· Mengetahui dampak negatif
dan positif dari konflik
· Memanfaatkan konflik
positif
·
Mengatasi konflik negatif
|
· Menjelaskan penyebab,
tipe-tipe, dampak, jenis-jenis, kelompok, tahapan terjadinya, penanggulangan
dan pengelolaan konflik
· Mengatasi konflik yang
timbul dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi
sekolah dalam program CBT
·
Mengambil manfaat dari konfik
yang terjadi dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit
usaha/unit produksi sekolah dalam CBT
|
· Melakukan identifikasi
terhadap konflik
·
Memanfaatkan Konflik
|
·
Tanggung jawab
·
Komunikatif
·
Demokratis
·
Cinta damai
·
Rasa ingin tahu
·
Toleransi
|
· Tes tertulis
· Observasi/ pengamatan
dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·
Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
|
4
|
|
|
· Modul bahan ajar
· Instrumen penilaian
pelajaran kewirausahaan
· Laporan kinerja siswa
yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·
Buku referensi yang relevan
|
B.3 Membangun visi dan misi usaha
|
· Mengetahui visi dan misi
perusahaan
·
Mengetahui kegiatan yang dapat digunakan untuk mencapai visi dan misi perusahaan
|
· Menjelaskan visi dan misi perusahaan
·
Dapat menjalankan visi dan misi dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam
program CBT
|
· Menyusun visi dan misi
perusahaan
·
Menyusun rencana kegiatan sesuai dengan visi dan misi perusahaan
|
·
Tanggung jawab
·
Rasa ingin tahu
·
Mandiri
·
Jujur
·
Kreatif
·
Kerja keras
|
· Tes tertulis
· Observasi/ pengamatan
dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·
Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
|
4
|
|
|
· Modul bahan ajar
· Instrumen penilaian
pelajaran kewirausahaan
· Laporan kinerja siswa
yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·
Buku referensi yang relevan
|
No comments:
Post a Comment