Monday, January 25, 2016

SILABUS KEWIRAUSAAN SEMESTER 1



SILABUS

NAMA SEKOLAH                  :     SMK AL INAYAH PURWOSARI
MATA PELAJARAN               :     Kewirausahaan                                                              

KELAS/SEMESTER              :     X/1

STANDAR KOMPETENSI    :     1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha
KODE KOMPETENSI            :     A
ALOKASI WAKTU                  :     52 x 45 menit (26 TM)

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
NILAI – NILAI KARAKTER
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
A.1 Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha
       
·     Pengertian kewirausahaan
·     Karakteristik wirausahawan yang meliputi : displin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis
·     Cara mengidentifikasi 10 kegagalan dan keberhasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan
·     Menjelaskan pengertian kewirausahaan, wirausaha dan wirausahawan
·     Mengetahui dan mengimplementasikan karakteristik wirausahawan yang meliputi : displin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan siswa
·     Mengetahui cara mengidentifiikasi dan menerapkan 10 ke-gagalan dan keber-hasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan dalam keseharian siswa di sekolah dan lingkungan
·     Disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovasi, mandiri dan selalu bekerja dengan berprestasi
·     Kebeberhasilan dan kegagalan wirausahawan   diidentifikasi berdasarkan sikap dan   perilakunya dalam keseharian
·     Disiplin
·     Jujur
·     Kreatif
·     Mandiri
·     Kerja Keras
·     Menghargai prestasi
·     Tes tertulis
·     Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·     Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
4
·     Modul bahan ajar
·     Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·     Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·     Buku referensi yang relevan


·     Menyimpulkan karakteristik wirausahawan yang berhasil dan yang gagal
·     Menghargai karya dan pengalaman orang lain sebagai masukan bagi pengembangan diri







A.2 Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju)



·     Pengertian, tujuan, manfaat perilaku kerja prestatif
·     Perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi:
-     kerja ikhlas
-     kerja mawas >< emosional
-     kerja cerdas
-     kerja keras
-     kerja tuntas
·     Prinsip cara kerja prestatif



·     Mengetahui pengertian, tujuaan dan manfaat perilaku kerja prestatif
·     Menjelaskan cara kerja prestatif (selalu ingin maju)
·     Menerapkan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) dalam kehidupan keseharian di lingkungan keluarga, sekolah & masyarakat :
-     Kerja ikhlas
-     Kerja mawas >< emosiosonal
-     Kerja cerdas
-     Kerja keras
-     Kerja tuntas
·     Kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi :
-     Kerja ikhlas
-     Kerja mawas >< emosional
-     Kerja cerdas
-     Kerja keras
-     Kerja tuntas









·     Kerja keras
·     Menghargai prestasi
·     Disiplin
·     Tes tertulis
·     Observasi/pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·     Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
3


·     Modul bahan ajar
·     Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·     Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·     Buku referensi yang relevan
A.3  Merumuskan solusi masalah




·     Pengertian masalah
·     Teknik  pemecahan masalah dan pembuatan keputusan
·     Membedakan masalah dan bukan masalah
·     Identifikasi masalah dan mencari penyebabnya
·     Mencari dan menentukan alternatif pemecahan masalah
·     Pertimbangan dalam merumuskan solusi masalah
·     Dampak dari pengambilan keputusan

·     Mengetahui pengertian dan perbedaan masalah dan bukan masalah
·     Mengetahui teknik pemecahan masalah dan pengambilan keputusan serta menerapkan dalam kehidupan aktivitas keseharian  di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
·     Mengidentifikasi masalah dan mencari penyebab terjadinya masalah
·     Menentukan alternatif pemecahan permasalahan
·     Masalah diidentifikasi, dirumuskan dan dianalisis, dengan percaya diri
·     Kecakapan mengolah informnasi, 
·     Berpikir kreatif
·     Kecakapan memecahkan masalah,
·     Kecakapan bekerjasama dengan teman sekerja
·     Alternatif perumusan solusi masalah berdasarkan hasil analisis

·     Kreatif
·     Kerja sama
·     Jujur
·     Toleransi
·     Demokratis
·     Rasa ingin tahu
·     Tanggung jawab
·     Tes tertulis
·     Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·     Hasil penugasan dalam bentuk portofolio
6


·     Modul bahan ajar
·     Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan
·     Buku referensi yang relevan
A.4 Mengembangkan semangat wirausaha
·     Inovatif
·     Kreatifitas
·     Motivasi
·     Sikap bekerja efektif dan efisien
·     Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja wirausaha
·     Mengetahui pengertian-pengertian inovasi, kreatifitas dan motivasi
·     Mengetahui prinsip-prinsip kerja yang efektif dan efisien
·     Menciptakan daya saing sesuai dengan instrumen penilaian
·     Menciptakan sikap selalu ingin maju sesuai dengan instrumen penilaian
·     Meningkatkan sikap disiplin dan etos kerja dengan instrumen penilaian

·     Inovatif
·     Kreatif
·     Motivasi
·     Tanggung jawab
·     Disiplin
·     Bekerja keras
·     Tes tertulis
·     Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·     Hasil penugasan dalam bentuk portofolio
3
1(2)

·     Modul bahan ajar
·     Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·     Buku referensi yang relevan


·     Menerapkan faktor pengaruh semangat kerja dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan
·     Menumbuhkan kreativitas dan inovatif siswa sesuai dengan instrumen penilaian 






A.5 Membangun komitmen bagi dirinya dan bagi orang lain
·     Faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi
·     Menerapkan perilaku tepat waktu
·     Menerapkan perilaku tepat janji
·     Menerapkan kepedulian terhadap mutu hasil kerja
·     Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri

·     Mengetahui faktor-faktor yang menunjukkan seseorang mempunyai komitmen tinggi dalam keseharian aktivitas
·     Menerapkan perilaku tepat waktu, tepat janji dalam kegiatan aktivitas keseharian baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan
·     Menerapkan komitmen tinggi terhadap kepedulian mutu hasil pekerjaan 
·     Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri seperti disiplin, ulet dan ketabahan
·     Pantang menyerah terhadap keadaan atau situasi apapun juga
·     Memiliki semangat dan tahan uji dari setiap tantangan
·     Memiliki kesabaran dan ketabahan di dalam berusaha
·     Selalu bekerja, berjuang dan berkorban
·     Disiplin
·     Jujur
·     Demokratis
·     Rasa ingin tahu
·     Kreatif
·     Tanggung jawab
·     Toleransi

·     Tes tertulis
·     Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·     Hasil penugasan dalam bentuk portofolio
4


·     Modul bahan ajar
·     Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·     Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·     Buku referensi yang relevan
A.6 Mengambil resiko usaha
·     Prinsip dasar resiko meliputi pengertian, macam, unsur, manfaat, tujuan dsb
·     Manajemen resiko
·     Memahami pengambilan resiko usaha
·     Macam-macam resiko
·     Unsur resiko
·     Mengelola resiko meliputi penanganan sendiri, cara menghindari, memperkecil resiko negatif  dan pengalihan resiko kepada pihak lain

·     Identifikasi jenis-jenis resiko
·     Memperkecil resiko yang merugikan

·     Jujur
·     Tanggung jawab
·     Kerja keras
·     Komunikatif

·     Tes tertulis
·     Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·     Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
4
1(2)

·     Modul bahan ajar
·     Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·     Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·     Buku referensi yang relevan


NAMA SEKOLAH                  :     SMK
MATA PELAJARAN               :     Kewirausahaan                                                              

KELAS/SEMESTER              :     X/2

STANDAR KOMPETENSI    :     1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha
                                                   2. Menerapkan Jiwa Kepemimpinan
KODE KOMPETENSI            :     A dan B
ALOKASI WAKTU                  :     32  x 45 menit ( 16 TM)
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
NILAI – NILAI KARAKTER
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
A.7 Membuat keputusan
·     Solusi pemecahan masalah
·     Komunikasi
·     Analisis SWOT
·     Mengetahui pengertian pengambilan keputusan
·     Merumuskan atau mendefinisikan masalah/persoalan dari suatu kejadian (event) dengan membuat alternatif- alternatif pemecahan masalah
·     Memecahkan masalah keseharian berdasarkan penugasan guru melalui diskusi (brainstorming, force field analysis).
·     Mengambil keputusan berdasarkan kondisi yang ditetapkan guru, melalui diskusi  dengan analisis SWOT).
·     Memperhitungkan resiko dalam membuat keputusan
·     Alternatif pemecahan masalah
·     Solusi memecahkan masalah
·     Resiko keberhasilan dan kegagalan dalam pengambilan keputusan

·     Komunikatif
·     Kreatif
·     Jujur
·     Religius
·     Kerja keras
·     Tanggung jawab
·     Toleransi
·     Teliti
·     Tes tertulis
·     Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·     Hasil penugasan dalam bentuk portofolio
4


·     Modul bahan ajar
·     Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·     Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·     Buku referensi yang relevan
B.1 Menunjukkan sikap pantang menyerah dan ulet

·     Mengetahui hakikat sikap pantang menyerah dan ulet
·     Melakukan sikap pantang menyerah dan ulet dalam kegiatan usaha
·     Menjelaskan hakikat sikap pantang menyerah dan ulet
·     Mempunyai sikap pantang menyerah dan ulet dengan keikutserta-an (magang) pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam program CBT
·     Kegiatan usaha dilakukan dengan semangat, tidak putus asa, selalu ingin maju, dan selalu mencari sesuatu yang baru sesuai dengan instrumen yg telah ditetapkan
·     Pantang menyerah
·     Menghargai prestasi
·     Jujur
·     Kerja keras
·     Tanggung jawab
·     Kreatif
·     Mandiri

·     Tes tertulis
·     Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·     Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
4








·     Modul bahan ajar
·     Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan
·     Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·     Buku referensi yang relevan
B.2 Mengelola konflik

·     Mengetahui penyebab, tipe, manfaat, dampak, jenis, pengelompokan, tahap terjadinya, penanggulangan dan cara mengelola konflik
·     Mengetahui dampak negatif dan positif dari konflik
·     Memanfaatkan konflik positif
·     Mengatasi konflik negatif
·     Menjelaskan penyebab, tipe-tipe, dampak, jenis-jenis, kelompok, tahapan terjadinya, penanggulangan dan pengelolaan konflik
·     Mengatasi konflik yang timbul dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam program CBT
·      Mengambil manfaat dari konfik yang terjadi dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam CBT
·     Melakukan identifikasi terhadap konflik
·     Memanfaatkan Konflik


·     Tanggung jawab
·     Komunikatif
·     Demokratis
·     Cinta damai
·     Rasa ingin tahu
·     Toleransi


·     Tes tertulis
·     Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·     Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
4



·     Modul bahan ajar
·     Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan
·     Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·     Buku referensi yang relevan
B.3 Membangun visi dan misi usaha
·     Mengetahui visi dan misi perusahaan
·     Mengetahui kegiatan yang dapat digunakan untuk mencapai visi dan misi perusahaan
·     Menjelaskan visi dan misi perusahaan
·     Dapat menjalankan visi dan misi dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam program CBT
·     Menyusun visi dan misi perusahaan
·     Menyusun rencana kegiatan sesuai dengan visi dan misi perusahaan

·     Tanggung jawab
·     Rasa ingin tahu
·     Mandiri
·     Jujur
·     Kreatif
·     Kerja keras
·     Tes tertulis
·     Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
·     Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio
4






·     Modul bahan ajar
·     Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan
·     Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·     Buku referensi yang relevan


No comments:

Post a Comment