Monday, January 25, 2016

SILABUS KEWIRAUSAHAAN KELAS XI



NAMA /SEKOLAH                       :   SMK AL INAYAH PURWOSARI
MATA DIKLAT                              :   Kewirausahaan
KELAS/SEMESTER                    :   XI/ 3 (Ganjil)
STANDAR KOMPETENSI          :   3. Merencanakan Usaha Kecil/Mikro
KODE KOMPETENSI                  :   C
ALOKASI PEMELAJARAN         :   32 x 45 menit (16 TM )

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
NILAI KARAKTER
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
C.1 Menganalisis   peluang usaha

Analisis peluang usaha yang didasarkan  kepada:
-       Jenis produk dan jasa
-       Minat dan daya beli konsumen
§ Rasa ingin  tahu
§ Kreatif
§ Inovatif
§ Mandiri
§ Kerja keras
§ Gemar Membaca
§ Peluang dan resiko usaha
§ Factor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha
§ Mengembangkan ide dan peluang usaha
§ Menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan
§ Memetakan peluang usaha
§ Pemanfaatan peluang secara kreatif dan inovatif

1.  Mencari dan menemukan peluang usaha yang dekat dengan lingkungan siswa seperti kantin, rumah, program keahlian dsb
2.  Pengembangan ide kreatif dan inovatif yang dimiliki oleh siswa dalam bentuk nyata sesuai dengan program keahlian dalam bentuk program CBP
3.  Mengetahui 10 macam penyebab  keberhasilan dan kegagalan usaha
§ Tes tertulis
§ Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen
§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
3
2 (4)

§ Profil usaha yang berhasil
§ Biografi orang yang berhasil
§  Modul bahan ajar
§ Modul CMUS
§ Objek nyata/real (tempat wirausaha sekolah, lingkungan, museum,pameran dll)
C.2 Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha

3.1.1  Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha dilihat  dari :
-    organisasi usaha sederhana yang meliputi  tujuan, sasaran, badan usaha, dan bentuk organisasi
-    Produksi yang meliputi alur  persediaan, proses produksi dan penyimpan-an hasil produksi
§ Disiplin
§ Kreatif
§ Tanggung jawab
§ Kerja keras
§ Inovatif
§ Tujuan dan sasaran usaha
§ Bentuk-bentuk badan usaha
§ Struktur organisasi sederhana
§ Produk dan jasa
§ Pengelolaan persediaan
§ Proses produksi
§ Penyimpanan produk
§ Merumuskan tujuan dan sasaran usaha
§ Menetapkan bentuk badan usaha
§ Menyusun struktur organisasi sederhana
§ Menentukan jenis dan kualitas produk/jasa
§ Menghitung kebutuhan dan persediaan bahan baku
§ Merancang aliran proses produksi
1.     Membuat dan menyusun organisasi usaha sederhana yang didalamnya memuat  : tujuan, sasaran, badan usaha, dan bentuk organisasi yang sesuai dengan kondisi sebenarnya dilapangan
2.     Membuat aliran proses produksi seperti tingkat kebutuhan persediaan barang, proses produksi dan cara penyimpanan hasil produksi pada kegiatan usaha di sekolah dan DUDI
3.     Menghitung kebutuhan modal kerja dalam proses produksi

4.     Melaksanakan proses produksi usaha pada program keahlian dalam bentuk program CBP
§ Tes tertulis
§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk Portofolio
§ Laporan kegiatan CBP dengan mengguna-kan instrumen dalam bentuk portofolio
3
2 (4)

§ Profil organisasi usaha
§ Modul bahan ajar
§ Objek nyata/real (tempat usaha/perusahaan,, pameran dll)
§ Bagan/struktur organisasi
§ Buku Panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)

3.1.2  Analisis perencanaan usaha dengan  aspek  administrasi usaha :
-    Perizinan usaha
-    Surat-menyurat
-    Pencatatan transaksi barang/jasa
-    Pencatatan transaksi ke-uangan
-    Pajak pribadi dan pajak usaha
-    Membuat pembukuan sederhana
§ Disiplin
§ Kreatif
§ Tanggung jawab
§ Kerja keras
§ Inovatif

§ Perizinan usaha
§ Surat Menyurat
§ Pencatatan transaksi barang/jasa
§ Pencatatan transaksi keuangan
§ Pajak pribadi dan pajak usaha

1.   Mengetahui pembuatan  perijinan usaha sesuai dengan bentuk badan usaha
2.   Pembuatan sistem administrasi usaha sederhana pada kegiatan usaha program keahlian dalam bentuk program CBP)
3.   Pelaksananan administrasi usaha pada program keahlian dalam bentuk program CBP meliputi surat-menyurat, tata cara pencatatan transaksi dan pembukuan keuangan dan penghitungan pajak


§ Tes tertulis
§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk Portofolio
§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
4
2 (4)

§ Profil organisasi usaha
§ Modul bahan ajar
§ Objek nyata/real (tempat usaha/perusahaan,
§ Contoh format-format pendirian dan perijinan usaha
§ Contoh macam-macam surat
§ Panduan penghitungan pajak


NAMA /SEKOLAH                       :   SMK AL INAYAH PURWOSARI
MATA DIKLAT                              :   Kewirausahaan
KELAS/SEMESTER                    :   XI / 4 (Genap)
STANDAR KOMPETENSI          :   3. Merencanakan Usaha Kecil/Mikro
KODE KOMPETENSI                  :   C
ALOKASI PEMELAJARAN         :   28 x 45 menit (14 TM )

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
NILAI KARAKTER
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
C.2 Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha

3.1.3  Perencanaan usaha yang dianalisis aspek pemasaran :
-    Teknik menjual
-    Penetapan harga
-    Pelayanan prima

§ Komunikatif
§ Kreatif
§ Inovatif
§ Jujur
§ Peduli social
§ Menghargai Prestasi

§ Seni menjual dan teknik promosi
§ Harga jual
§ Saluran dan jaringan distribusi
§ Kepuasan pelanggan
§ Negosiasi

1.   Merencanakan dan membuat bentuk promosi bagi produk usaha sekolah
2.   Menentukan saluran distribusi produk yang tepat
3.   Mengetahui dan ikut serta dalam  penetapan harga jual produk unit usaha/unit produksi sekolah
4.   Melakukan pemasaran produk yang dihasilkan oleh unit usaha/unit produksi  sesuai dengan program keahlian dalam bentuk program CBP
§ Tes tertulis
§ Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen
§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk portofolio

§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio

3
1 (2)

§ Modul bahan ajar
§ Objek nyata/real
§ Buku Panduan Pemasaran
§ Buku Panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)


3.1.4  Perencanaan usaha yang dianalisis aspek pemodalan dan pembiayaan usaha:
-    Pemodalan
-    Pembiayaan usaha
-    Analisa biaya dan pendapatan
§ Komunikatif
§ Kreatif
§ Inovatif
§ Jujur
§ Mandiri
§ Disiplin


§ Teknik dan prosedur permodalan usaha
§ Rencana anggaran biaya (RAB)
§ Proyeksi arus kas
§ Titik pulang pokok (BEP)
§ Laba/rugi
§ Net present value (NPV) dan internal rate of return (IRR)


§ Mengumpulkan informasi proses pengajuan kredit pada LK, LKBB dan kredit pada Unit usaha/unit produksi sekolah
§ Ikut serta menyusun RAB, menghitung arus kas, BEP, dan kelayakan usaha pada kegiatan usaha di sekolah (produk unit usaha/unit produksisekolah) sesuai program keahlian dalam bentuk program CBP

§ Tes tertulis
§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk Portofolio
§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
3
2 (4)

§ Modul bahan ajar
§ Objek nyata/real
§ Buku panduan Pemasaran
§ Buku panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)

C.3 Menyusun proposal usaha

Proposal usaha disusun ber-dasarkan aspek pengelolaan usaha :
§ aspek organisasi dan produksi
§ Administrasi usaha
§ Pemasaran
§ Permodalan dan pembiayaan  usaha

§ Tanggung jawab
§ Jujur
§ Kreatif
§ Disiplin
§ Mandiri
§ Inovatif

§ Prospek usaha
§ Sistematika penyusunan proposal usaha
§ Membuat proposal usaha

§ Pembuatan Proposal usaha pengajuan kredit usaha baru sesuai dengan aspek-aspek pengelolaan usaha
§ Penyusunan proposal yang mampu dipahami oleh orang lain
§ Penyusunan proposal usaha sesuai dengan program keahlian dalam bentuk program CBP
§ Tes tertulis
§ Laporan hasil penugasan dalam bentuk portofolio
§ Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio
4
1 (2)

§ Modul bahan ajar
§ Produk yang akan dihasilkan
§ Buku panduan penyusunan proposal
§ Buku-buku analisis aspek pendirian  usaha
§ Buku panduan CMUS (Cara Memulai Usaha Sendiri)

No comments:

Post a Comment