Lembar
Kerja NA 4.
1. Buat kisi-kisi soal untuk ranah pengetahuan dan
keterampilan, seuai dengan pasangan KD yang
Saudara kembangkan!
2. Kembangkan soal
sesuai dengan kisi-kisi yang telah Saudara kembangkan (PG dan uraian),sertakunci jawaban, dan atau rubrik.
3. Susunlah RPP berdasarkankomponen-komponen RPP yang sudah Saudara kembangkan mulai dari analisis KI, KD sampai dengan soal, dengan format seperti berikut.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK AL INAYAH PURWOSARI
Mata Pelajaran : PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN
Komp. Keahlian :
PEMASARAN
Kelas/Semester : XI/ DUA
Tahun Pelajaran :
2017/2018
Alokasi Waktu : 45 Menit
A.
Kompetensi Inti *)
1. Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang
pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai
dengan bidang dan lingkup kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada tingkat
teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi
diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat
nasional, regional, dan internasional
2. Keterampilan
Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Produk Kreatif dan
Kewirausahaan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan
kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
KompetensiDasar *)
1. KD pada KI
pengetahuan
3.11 Menentukan indikator keberhasilan
tahapan produksi massal
2. KD pada KI
keterampilan
4.11 Membuat indikator keberhasilan tahapan produksi massal
C.
IndikatorPencapaianKompetensi
1. Indikator KD pada
KI pengetahuan
3.11.1 Menerapkan beberapa Indikator keberhasilan
produksi massal
3.11.2 Menyesuaikan keberhasilan tahapan
produksi Massal
2. Indikator KD pada
KI keterampilan
4.11. 1 Mengidentifikasi indikator keberhasilan produksi massal
4.11. 2 Mendemontrasikan keberhasilan
tahapan produksi massal
D.
Tujuan Pembelajaran
3.11.1.1 Melalui Diskusi dan mengali informasi
peserta didik dapat mengklasifikasi i beberapa Indikator keberhasilan
produksi massal secara tepat
3.11.2.1 Melalui Diskusi dan mengali informasi i
Peserta didik dapat mengurutkan tahapan produksi Massal secara tepat dan mandiri
3.11.2.2 Melalui Diskusi dan mengali
informasi Peserta didik dapat Mengimplementasikan
tahapan produksi Massal secara tepat
dan bertanggung jawab
4.11.1.1 Melalui Diskusi dan mengali informasi Peserta didik
dapat Menjelaskan beberapa indikator yang berpengaruh
pada produksi massal secara tepat.
4.11.2.1 Melalui Diskusi dan mengali informasi
Peserta didik dapat Menjelaskan indikator produksi massal secara tepat
E. MateriPembelajaran
(Rincian dari Materi Pokok Pembelajaran)
1.
Definisi tentang Produksi
massal
2.
Karakteristik produksi massal
3.
Ciri-ciri produksi Massal
4.
Keunggulan psistem produksi
massal
5.
Analsisi SWOT pada Produksi
massal
F.
Model dan Metode
Model Discovery Learning
Metode : Diskusi, Demontrasi
G.
KegiatanPembelajaran
1. Pertemuan Kesatu:**)
a.
Pendahuluan/KegiatanAwal ( 5 Menit)
·
Berdo’a sebagai ungkapan rasa
syukur terhadap segala karunia yang telah Tuhan berikan
·
Brain Storming singkat tentang
kejadian yang ada di lingkungan sekitar peserta didik
b.
Kegiatan Inti (30 Menit)
· Guru
Meminta Peserta didik melihat gambar perusahaan yang memakai sistem produksi
massal
· Peserta
didik menelaah gambar perusahaan yang memakai sistem produksi massal
· Guru
Meminta Peserta didik mendiskusikan definisi serta karakteristik sistem produksi massal
· Peserta
didik mendiskusikan definisi serta karakteristik sistem produksi massal secara berkelompok
· Guru
Meminta Peserta didik mengidentifikasi definisi serta karakteristik produksi
massal
· Peserta
didik Menentukan definisi serta karakteristi produksi massal secara tepat
c.
Penutup ( 10 Menit)
·
Mengevaluasi hasil diskusi
siswa dengan memperhatikan masukan dari peserta didik
·
Penilaian proses untuk
mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran
·
Pemberian tugas individu
2. Pertemuan Kedua:**)
a.
Pendahuluan/ Kegiatan Awal ( 5 menit)
·
Berdo’a sebagai ungkapan rasa
syukur terhadap segala karunia yang telah Tuhan berikan
·
Guru meminta peserta didik untuk
menggigat kembali materi matapelajaran
sebelumnya.
b.
Kegiatan Inti ( 30 menit)
· Guru
Meminta Peserta didik untuk mendiskusikan indikator keterbatasan yang ada
pada produksi massal
· Peserta
didik menganalisis indikator keunggulan yang ada pada produksi massal
· Guru
Menugaskan Peserta didik untuk menentukan indikator-indikator keunggulan dan
keterbatasan yang ada pada produksi massal
· Peserta
didik untuk merumuskan indikator-indikator keunggulan dan keterbatasan yang
ada pada produksi massal
c.
Penutup (10 menit),
·
Mengevaluasi hasil diskusi
siswa dengan memperhatikan masukan dari peserta didik
·
Penilaian proses untuk
mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran
·
Pemberian tugas individu
H. Media, Alat/ Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media, gambaran
perusahaan memakai sistem produksi massal
2.
Alat , LCD, Laptop
3.
Bahan, Papan Tulis,
Spidol
4.
Sumber Belajar, Internet
I.
Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
Soal Pilihan Ganda
2. Instrumen Penilaian
Soal dan Kunci Jawaban
1.
Membuat produk yang macamnya terbatas (low
variety) namun harga murah (low price) serta waktu produksi yang lebih cepat
a.
Produksi satuan c. Produksi Sedang
b.
Produksi Massal d. Produksi Cepat
2.
Dibawah ini yang termasuk
karakteristik produksi massal yang benar, kecuali......
a.
Besar volume produk
b.
Perencanaan produksi dan kontrol mudah
c.
waktu siklus produksi tepat.
d.
Volume produk sedikit
3.
Keterbatasan produksi Massal
meliputi kecuali......
a.
Apabila salah satu mesin berhenti maka jalur produksi keseluruhan ikut terhambat
b.
Tata letak garis membutuhkan perubahan
besar dengan perubahan dalam desain produk.
c.
Tinggi investasi fasilitas produksi.
d.
Waktu siklus ditentukan oleh karyawan
4.
Mengapa produksi massal sangat
efektif dibanding dengan dengan produksi satuan?
a.
Biaya
rendah Produksi banyak
b.
Biaya sedang Produksi sedang
c.
Biaya tinggi Produksi tinggi
d.
Biaya sedang produksi tinggi
J.
Dalam SWOT analysis, S adalah Strenght yang
artinya adalah ...
a. kekuatan c.
kelemahan
b.
peluang d. Ancaman
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan (terlampir)
|
|
Mengetahui,
Kepala SMK AL INAYAH
PURWOSARI
RADEN RAGIL
SUDARMONO, ST
NIP
|
Purwosari, 01
Juni 2017
Guru Mata Pelajaran,
MIFTAHUL
ARIFIN, SE
|
*) KI dan KD Sikap Spritual dan Sikap Sosial ditambahkan untuk matapelajaran Pendididkan Agama dan PPKn.
**) Semua sintaksis/langkah model pembelajaran dapat lengkap pada setiap pertemuan, atau dapat lengkap pada beberapa pertemuan.
upload materinya bos
ReplyDelete