Wednesday, May 22, 2013

CONTOH SKRIPSI JURUSAN TEKNIK



PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE CAD PADA MATAKULIAH PEMROGRAMAN CNC JURUSAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI MALANG





SKRIPSI





OLEH
LUDFI SETIAWAN
NIM 108511414292
UM Colour.jpg






UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS TEKNIK
PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
OKTOBER 2012
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE CAD PADA MATAKULIAH PEMROGRAMAN CNC JURUSAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI MALANG




SKRIPSI
Diajukan kepada
Universitas Negeri Malang
Untuk memenuhisalah satu persyaratan
Dalam menyelesaikan program sarjana



OLEH
LUDFI SETIAWAN
NIM 108511414292
UM Colour.jpg






UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS TEKNIK
PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
OKTOBER 2012
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING SKRIPSI

Skripsi oleh Ludfi Setiawan
Telah diperiksa dan disetujui untuk diuji.

Malang,  10 Oktober 2012
Pembimbing  1



Drs. H. Sunomo, M.Pd
NIP. 19551011 198203 1 001


Malang, 10 Oktober 2012
Pembimbing II


Suprayitno, S.T, M.T.
NIP. 19730529 199903 1 001
Skripsi oleh Ludfi Setiawan  ini telah dipertahankan di depan dewan penguji pada tanggal 10 Oktober 2012.
Dewan penguji,


Drs. H. Sunomo, M.Pd                                   Ketua
NIP. 19551011 198203 1 001


Suprayitno, S.T, M.T.                                     Anggota
NIP. 19730529 199903 1 001                                   


Dra. Anny Martiningsih, M.Kes                     Anggota
NIP. 19500624 198303 2 002

Mengetahui,                                                    Mengesahkan,
Ketua JurusanTeknik Mesin                            Dekan Fakultas Teknik


Prof. Dr. Mardji, M.Kes                                 Dr. Waras, M.Pd
NIP. 19590203 198403 1 001                                    NIP. 19601121 198601 1 001
ABSTRAK

Setiawan, Ludfi. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software CAD Pada Matakuliah Pemrograman CNC Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Mesin. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sunomo, Drs.H, M.Pd. (2) Suprayitno, S.T., M.T.
Kata kunci : Media pembelajaran, Software CAD, Matakuliah Pemrograman CNC.
Proses pembelajaran Matakuliah Pemrograman CNC menggunakan metode ceramah, demonstrasi, tugas, dan unjuk kerja. Pada waktu mahasiswa membuat program CNC biasanya mahasiswa menggunakan gambar pada kertas millimeter blok, kemudian menentukan titik-titik perpindahan pisau. Kenyataannya, suatu titik tidak selalu bernilai bulat (X,Y)nya, tetapi juga dalam bentuk desimal. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran bantuan guna mengatasi permasalahan yang ada, salah satunya adalah media pembelajaran menggunakan Software CAD.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang memodifikasi model Dick & Carey (1987), yaitu model prosedural yang model pengembangan bersifat deskriptif dan menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan sebuah produk pembelajaran. Produk dari penelitian ini berupa CD Interaktif, setelah produk selesai dibuat, maka dilakukan langkah uji coba. Prosedur uji coba dalam penelitian ini adalah pemeriksaan kepada ahli media, pemeriksaan pada ahli materi, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil. Pemeriksa media adalah salah satu dosen Matakuliah Program Komputer, pemeriksa materi adalah salah satu dosen Matakuliah Pemrograman CNC, subjek uji coba perorangan adalah 3 mahasiswa teknik mesin yang sudah menempuh Matakuliah Pemrograman CNC, subjek uji coba kelompok kecil adalah 8 mahasiswa teknik mesin yang sudah menempuh Matakuliah Pemrograman CNC. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah dengan angket.
Dalam hasil pengembangan ini didapatkan skor dari ahli media sebesar 82.14%, skor dari ahli materi 87.5%, skor uji coba perorangan rata-rata 86.87%, dan skor uji coba kelompok kecil rata-rata 87.49%. Kesimpulan berdasarkan Suryaning (2007:29) tentang tabel kriteria kualifikasi penilaian adalah media ini layak karena skor yang didapat ≥70%.






ABSTRACT

Setiawan, Ludfi. 2012. Expansion Media Learning Using CAD Software On CNC Programming Learning Mechanical Engineering Department State University of Malang. Thesis. S1 Mechanical Engineering Education. Department of Mechanical Engineering. Faculty of Engineering. State University of Malang. Advisors: (1) Sunomo, Drs.H, M.Pd. (2) Suprayitno, S.T., M.T.

Keywords: Learning Media, Software CAD, CNC Programming Learning.

CNC Programming learning process by using methods of lectures, demonstrations, tasks, and show work. At the time students make a CNC program students usually use a picture on millimeter paper block, and then determine the shift points a knife. The reality is, a point not always worth round (X, Y) is the same, but also in decimal. Therefore, use the help of instructional media needed to overcome existing problems, one of which is learning media using CAD software.
This research is the research on the development of the modified model Dick & Carey (1987), that the procedural model descriptive model development and outlines the steps that should be followed to produce a product of learning. Products of this research purports Interactive CD, after the product has been created, then do step test. Trial procedure in this study is an examination of the media, the examination of the material, personal trials, and a small group of trial. Examiners media is one of the professors Computer Program, inspectors material is one lecturer CNC Programming, individual trial subjects are three engineering students who already tread CNC Programming, a small group of trial subjects are eight engineering students who are facing the Matakuliah CNC programming. While the data collection technique is to a survey.
In this expansion results from the scores obtained 82.14% of the media, a score of 87.5% of the material, individual trial scores an average of 86.87%, and a small group of trial scores an average of 87.49%. Conclusions based on Suryaning (2007:29) on the table is a media qualification criteria evaluation is feasible because the scores obtained ≥ 70%.








KATA PENGANTAR


Alhamdulilah, segala puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software CAD Pada Matakuliah Pemrograman CNC Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang”.
Pada kesempatan ini, penulis menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya berbagai pihak yang telah berkontribusi selama penyelesaian studi di program S1 Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin, Universitas Negeri Malang, yaitu:
1.    Bapak Dr. Waras, M.Pd., selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.
2.    Bapak Prof. Dr. Marji, M.Kes selaku Ketua Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang yang telah memberikan persetujuannya kepada penulis untuk melaksanakan skripsi ini.
3.     Bapak Drs. H. Sunomo, M.Pd. dan Bapak Suprayitno, S.T, M.T. selaku dosen pembimbing I dan II, atas segala arahan, logika berpikir, dan wawasan yang sangat bermanfaat bagi penulis sehingga selesainya skripsi ini.
4.    Bapak dan Ibu di rumah yang senantiasa menyemangati dan mendoakan, sehingga dalam penyelesaian skripsi ini diberikan kemudahan dalam pengerjaan atas ijin Allah SWT.
5.    Seluruh Mahasiswa Teknik Mesin Angkatan 2008, khususnya Dwi Hardita yang telah banyak memberikan kontribusi besar dalam penyelesaian skripsi ini.
Penulis telah berusaha melakukan penelitian dan menyusun skripsi ini dengan sebaik-baiknya, tetapi penulis juga menyadari bahwa tak ada gading yang tak retak. Oleh karena itu, sangat diharapkan saran dan kritik yang bersifat konstruktif dari semua pihak yang kompeten untuk perbaikan skripsi ini sehingga dapat melahirkan karya tulis yang lebih baik.
Malang, 05 Oktober 2012
Penulis
DAFTAR ISI


Halaman

HALAMAN SAMPUL.................................................................................................. i
LEMBAR PERSETUJUAN..........................................................................................        ii
LEMBAR PENGESAHAN........................................................................................   iii
ABSTRAK...................................................................................................................   iv
ABSTRACT.......................................................................................................... ......    v
KATA PENGANTAR.................................................................................................   vi
DAFTAR ISI............................................................................................................... vii
DAFTAR TABEL.....................................................................................................      ix
DAFTAR GAMBAR..................................................................................................... xi

BAB I     PENDAHULUAN
A.    LatarBelakang................................................................................................ .... 1
B.     Tujuan Pengembangan................................................................................... .... 2
C.     Spesifikasi Produk......................................................................................... .... 2
D.    Pentingnya Pengembangan............................................................................ .... 3
E.     Asumsi dan Keterbatasan.............................................................................. .... 4
F.      Definisi Istilah................................................................................................ .... 4

BAB II   KAJIAN PUSTAKA
A.  Definisi Pengajaran (Instruction).................................................................... .... 6
B.  Hakikat Media Pembelajaran......................................................................... .... 8
C.  Definisi Media Pembelajaran......................................................................... .. 10
D.  Fungsi Media.................................................................................................... 11
E.   Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran........................................... 13
F.   Pemilihan Media dalam Pembelajaran.............................................................. 15
G.  Model-Model Pengembangan Media Pembelajaran......................................... 16
H.  Matakuliah Pemrograman CNC........................................................................ 26
I.     Mesin CNC..................................................................................................... .. 27
J.     Penggunaan Media dalam Matakuliah Pemrograman CNC............................. 50
K.  Perangkat Lunak AutoCAD.............................................................................. 52

 BAB III  METODE PENGEMBANGAN
A.    Model Pengembangan.................................................................................... .. 61
B.    Gambar Skema Tahap Pengembangan Media Pembelajaran.......................... .. 62
C.    Prosedur Pengembangan................................................................................ .. 63

BAB IV HASIL PENGEMBANGAN  
A.  Hasil Prosedur Pengembangan....................................................................... .. 70
B.  Hasil Uji Ahli Media......................................................................................... 77
C.  Hasil Uji Ahli Materi........................................................................................ 79
D.  Uji Coba Perorangan......................................................................................... 81
E.   Uji Coba Kelompok Kecil................................................................................ 84
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A.  Kesimpulan Hasil Kajian................................................................................ .. 91
B.  Saran Pemanfaatan, Diseminasi, dan Pengembangan Produk Lebih Lanjut.... 93

DAFTAR RUJUKAN................................................................................................. 95
RIWAYAT HIDUP..................................................................................................... 97
LAMPIRAN









                              











DAFTAR TABEL
Tabel                                                                                                                    Halaman
2.1     Contoh Pemrograman Absolut G01............................................................. 37
2.2     Contoh Pemrograman Inkrimental G01....................................................... 39
2.3     Contoh Pemrograman Absolut G02............................................................. 41
2.4     Contoh Pemrograman Inkrimental G02....................................................... 41
2.5     Contoh Pemrograman Absolut G03............................................................. 42
2.6     Contoh Pemrograman Inkrimental G03....................................................... 42
2.7     Contoh Pemrograman Inkrimental G01....................................................... 44
2.8     Contoh Pemrograman Absolut G01............................................................. 45
2.9     Contoh Pemrograman Absolut G02 dan G03.............................................. 46
2.10   Contoh Pemrograman Absolut G72............................................................. 47
2.11   Contoh Pemrograman Absolut dan Inkrimental G72................................... 48
3.1     Tabel Teknik Penskoran................................................................................ 68
3.2     Kriteria Kualifikasi Penilaian........................................................................ 69
4.1     Rancangan Perkuliahan Semester................................................................. 71
4.2     Hasil Penilaian Ahli Media Tahap I.............................................................. 77
4.3     Hasil Penilaian Ahli Media Tahap II............................................................ 78
4.4     Hasil Penilaian Ahli Mater............................................................................ 80
4.5     Hasil Penilaian dari Subjkek 1...................................................................... 81
4.6     Hasil Penilaian dari Subjkek 2...................................................................... 82
4.7     Hasil Penilaian dari Subjkek 3...................................................................... 82
4.8     Hasil Analisis Penilaian dari 3 Subjek.......................................................... 83
4.9     Hasil Penilaian dari Subjkek 1...................................................................... 84
4.10   Hasil Penilaian dari Subjkek 2...................................................................... 85
4.11   Hasil Penilaian dari Subjkek 3...................................................................... 85
4.12   Hasil Penilaian dari Subjkek 4...................................................................... 86
4.13   Hasil Penilaian dari Subjkek 5...................................................................... 86
4.14   Hasil Penilaian dari Subjkek 6...................................................................... 87
4.15   Hasil Penilaian dari Subjkek 7...................................................................... 87
4.16   Hasil Penilaian dari Subjkek 8...................................................................... 88
4.17   Hasil Analisis Penilaian dari 8 Subjek.......................................................... 89

















DAFTAR GAMBAR
Halaman
2.1     Model ADDIE.............................................................................................. 17
2.2     Desain Research Development..................................................................... 20
2.3     Model Dick & Carey.................................................................................... 23
2.4     Contoh Gambar Ilustrasi Pemrograman Absolut.......................................... 35
2.5     Contoh Gambar Ilustrasi Pemrograman Inkrimental.................................... 35
2.6     Gambar Sistem Persumbuan CNC TU 3A.................................................... 36
2.7     Contoh Gambar Untuk Pemrograman Absolut G01..................................... 37
2.8     Contoh Gambar Untuk Pemrograman Inkrimental G01............................... 38
2.9     Contoh Gambar Untuk Perintah Pemrograman G02.................................... 40
2.10   Contoh Gambar Untuk Perintah Pemrograman G03.................................... 41
2.11   Gambar Sistem Persumbuan CNC TU 3A.................................................... 43
2.12   Contoh Gambar Untuk Pemrograman Inkrimental G01............................... 43
2.13   Contoh Gambar Untuk Pemrograman Absolut G01..................................... 44
2.14   Contoh Gambar Untuk Pemrograman G02 dan G03................................... 45
2.15   Contoh Gambar Untuk Pemrograman G72.................................................. 46
2.16   Contoh Gambar Untuk Pemrograman G73.................................................. 48
2.17   Contoh Gambar Untuk Pemrograman G85.................................................. 49
2.18   Tampilan Area Kerja AutoCad..................................................................... 54
2.19   Gambar 2.19 Toolbar Draw......................................................................... 55
2.20   Toolbar Modify............................................................................................. 58
3.1     Skema Tahap Pengembangan Pembelajaran Pemrograman CNC................. 62
3.2     Desain Uji Coba Pengembangan Media....................................................... 66
4.1     Gambar Kerja Pemrograman CNC TU 2A................................................... 74
4.2     Gambar Kerja Pemrograman CNC TU 3A................................................... 75























BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Pemrograman CNC merupakan salah satu mata kuliah praktik yang harus ditempuh oleh mahasiswa pendidikan teknik mesin. Salah satu sub kompetensi yang harus dicapai adalah mahasiswa mampu untuk membuat program CNC dengan benar. Proses pengajaran dan pembelajaran mata kuliah ini menggunakan metode ceramah, demonstrasi, tugas, dan unjuk kerja. Pada waktu mahasiswa membuat program CNC biasanya mahasiswa menggunakan gambar pada kertas millimeter blok, kemudian menentukan titik-titik perpindahan pisau. Kenyataannya, suatu titik tidak selalu bernilai bulat (X,Y)nya, tetapi juga dalam bentuk desimal. Jadi penggunaan kertas millimeter blok sebagai media membuat program CNC terbatas hanya untuk mencari titik yang bernilai bulat dan cenderung lama proses pembuatan program CNC.

No comments:

Post a Comment