PENGEMBANGAN
MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE
CAD PADA MATAKULIAH PEMROGRAMAN CNC JURUSAN
TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI MALANG
SKRIPSI
OLEH
LUDFI SETIAWAN
NIM
108511414292
UNIVERSITAS
NEGERI MALANG
FAKULTAS
TEKNIK
PROGRAM
STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
OKTOBER
2012
PENGEMBANGAN
MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE
CAD PADA MATAKULIAH PEMROGRAMAN CNC JURUSAN
TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI MALANG
SKRIPSI
Diajukan kepada
Universitas Negeri Malang
Untuk memenuhisalah satu
persyaratan
Dalam menyelesaikan program sarjana
OLEH
LUDFI SETIAWAN
NIM
108511414292
UNIVERSITAS
NEGERI MALANG
FAKULTAS
TEKNIK
PROGRAM
STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING
SKRIPSI
Skripsi oleh Ludfi Setiawan
Telah diperiksa dan
disetujui untuk diuji.
Malang, 10 Oktober 2012
Pembimbing 1
Drs. H. Sunomo, M.Pd
NIP. 19551011 198203 1
001
Malang, 10
Oktober 2012
Pembimbing II
Suprayitno, S.T, M.T.
NIP. 19730529 199903 1
001
Skripsi oleh Ludfi Setiawan ini telah
dipertahankan di depan dewan penguji pada tanggal 10 Oktober
2012.
Dewan
penguji,
Drs. H. Sunomo, M.Pd Ketua
NIP. 19551011 198203 1
001
Suprayitno, S.T, M.T. Anggota
NIP. 19730529 199903 1 001
Dra. Anny Martiningsih,
M.Kes Anggota
NIP. 19500624 198303 2 002
Mengetahui, Mengesahkan,
Ketua
JurusanTeknik Mesin Dekan
Fakultas Teknik
Prof. Dr. Mardji, M.Kes Dr. Waras, M.Pd
NIP. 19590203 198403 1 001 NIP. 19601121 198601 1 001
ABSTRAK
Setiawan, Ludfi.
2012. Pengembangan Media Pembelajaran
Menggunakan Software CAD Pada Matakuliah Pemrograman CNC Jurusan Teknik Mesin
Universitas Negeri Malang. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Mesin. Jurusan
Teknik Mesin. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sunomo,
Drs.H, M.Pd. (2) Suprayitno, S.T., M.T.
Kata kunci : Media pembelajaran, Software CAD, Matakuliah
Pemrograman CNC.
Proses pembelajaran Matakuliah
Pemrograman CNC menggunakan metode ceramah, demonstrasi, tugas, dan unjuk
kerja. Pada waktu mahasiswa membuat program CNC
biasanya mahasiswa menggunakan gambar pada kertas millimeter blok, kemudian
menentukan titik-titik perpindahan pisau. Kenyataannya, suatu titik tidak
selalu bernilai bulat (X,Y)nya, tetapi juga dalam bentuk desimal. Oleh karena
itu dibutuhkan media pembelajaran bantuan guna mengatasi permasalahan yang ada,
salah satunya adalah media pembelajaran menggunakan Software CAD.
Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan yang memodifikasi model Dick & Carey (1987), yaitu model
prosedural yang model pengembangan bersifat deskriptif dan menggariskan
langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan sebuah produk
pembelajaran. Produk dari penelitian ini berupa CD Interaktif, setelah produk selesai dibuat, maka dilakukan
langkah uji coba. Prosedur uji coba dalam penelitian ini adalah pemeriksaan
kepada ahli media, pemeriksaan pada ahli materi, uji coba perorangan, dan uji
coba kelompok kecil. Pemeriksa media adalah salah satu dosen Matakuliah Program
Komputer, pemeriksa materi adalah salah satu dosen Matakuliah Pemrograman CNC, subjek uji coba perorangan adalah 3
mahasiswa teknik mesin yang sudah menempuh Matakuliah Pemrograman CNC, subjek uji coba kelompok kecil
adalah 8 mahasiswa teknik mesin yang sudah menempuh Matakuliah Pemrograman CNC. Sedangkan teknik pengumpulan data
adalah dengan angket.
Dalam hasil pengembangan ini didapatkan
skor dari ahli media sebesar 82.14%, skor dari ahli materi 87.5%, skor uji coba
perorangan rata-rata 86.87%, dan skor uji coba kelompok kecil rata-rata 87.49%.
Kesimpulan berdasarkan Suryaning (2007:29) tentang tabel kriteria kualifikasi
penilaian adalah media ini layak karena skor yang didapat ≥70%.
ABSTRACT
Setiawan,
Ludfi. 2012. Expansion Media Learning
Using CAD Software On CNC Programming Learning Mechanical Engineering
Department State University of Malang. Thesis. S1 Mechanical Engineering
Education. Department of Mechanical Engineering. Faculty of Engineering. State
University of Malang. Advisors: (1) Sunomo, Drs.H, M.Pd. (2) Suprayitno, S.T.,
M.T.
Keywords: Learning Media, Software CAD, CNC Programming Learning.
CNC Programming learning process by
using methods of lectures, demonstrations, tasks, and show work. At the time students
make a CNC program students usually use a picture on millimeter paper block,
and then determine the shift points a knife. The reality is, a point not always
worth round (X, Y) is the same, but also in decimal. Therefore, use the help of
instructional media needed to overcome existing problems, one of which is learning
media using CAD software.
This research is the research on the
development of the modified model Dick & Carey (1987), that the procedural
model descriptive model development and outlines the steps that should be
followed to produce a product of learning. Products of this research purports
Interactive CD, after the product has been created, then do step test. Trial
procedure in this study is an examination of the media, the examination of the
material, personal trials, and a small group of trial. Examiners media is one
of the professors Computer Program, inspectors material is one lecturer CNC
Programming, individual trial subjects are three engineering students who
already tread CNC Programming, a small group of trial subjects are eight
engineering students who are facing the Matakuliah CNC programming. While the
data collection technique is to a survey.
In this expansion results from the
scores obtained 82.14% of the media, a score of 87.5% of the material,
individual trial scores an average of 86.87%, and a small group of trial scores
an average of 87.49%. Conclusions based on Suryaning (2007:29) on the table is
a media qualification criteria evaluation is feasible because the scores obtained
≥ 70%.
KATA
PENGANTAR
Alhamdulilah, segala
puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, dan
hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul
“Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software CAD Pada Matakuliah Pemrograman CNC Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang”.
Pada
kesempatan ini, penulis menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya
berbagai pihak yang telah berkontribusi selama penyelesaian studi di program S1
Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin, Universitas Negeri Malang, yaitu:
1. Bapak
Dr. Waras, M.Pd., selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.
2. Bapak
Prof. Dr. Marji, M.Kes selaku Ketua Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang yang telah memberikan persetujuannya kepada penulis
untuk melaksanakan skripsi ini.
3. Bapak Drs. H. Sunomo, M.Pd. dan Bapak
Suprayitno, S.T, M.T. selaku dosen pembimbing I dan II, atas segala arahan,
logika berpikir, dan wawasan yang sangat bermanfaat bagi penulis sehingga
selesainya skripsi ini.
4. Bapak
dan Ibu di rumah yang senantiasa menyemangati dan mendoakan, sehingga dalam
penyelesaian skripsi ini diberikan kemudahan dalam pengerjaan atas ijin Allah
SWT.
5. Seluruh
Mahasiswa Teknik Mesin Angkatan 2008, khususnya Dwi Hardita yang telah banyak
memberikan kontribusi besar dalam penyelesaian skripsi ini.
Penulis
telah berusaha melakukan penelitian dan menyusun skripsi ini dengan
sebaik-baiknya, tetapi penulis juga menyadari bahwa tak ada gading yang tak retak.
Oleh karena itu, sangat diharapkan saran dan kritik yang bersifat konstruktif
dari semua pihak yang kompeten untuk perbaikan skripsi ini sehingga dapat
melahirkan karya tulis yang lebih baik.
Malang, 05 Oktober 2012
Penulis
DAFTAR
ISI
Halaman
HALAMAN
SAMPUL.................................................................................................. i
LEMBAR
PERSETUJUAN.......................................................................................... ii
LEMBAR PENGESAHAN........................................................................................
iii
ABSTRAK................................................................................................................... iv
ABSTRACT.......................................................................................................... ......
v
KATA PENGANTAR................................................................................................. vi
DAFTAR ISI...............................................................................................................
vii
DAFTAR TABEL..................................................................................................... ix
DAFTAR GAMBAR..................................................................................................... xi
BAB I PENDAHULUAN
A.
LatarBelakang................................................................................................ .... 1
B.
Tujuan
Pengembangan................................................................................... .... 2
C.
Spesifikasi
Produk......................................................................................... .... 2
D.
Pentingnya
Pengembangan............................................................................ .... 3
E.
Asumsi dan
Keterbatasan.............................................................................. .... 4
F.
Definisi
Istilah................................................................................................ .... 4
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Definisi
Pengajaran (Instruction).................................................................... .... 6
B. Hakikat Media
Pembelajaran......................................................................... .... 8
C. Definisi Media
Pembelajaran......................................................................... .. 10
D. Fungsi
Media.................................................................................................... 11
E.
Klasifikasi
dan Karakteristik Media Pembelajaran........................................... 13
F.
Pemilihan
Media dalam Pembelajaran.............................................................. 15
G. Model-Model
Pengembangan Media Pembelajaran......................................... 16
H. Matakuliah
Pemrograman CNC........................................................................ 26
I.
Mesin
CNC..................................................................................................... .. 27
J.
Penggunaan
Media dalam Matakuliah Pemrograman CNC............................. 50
K. Perangkat Lunak AutoCAD.............................................................................. 52
BAB III METODE PENGEMBANGAN
A.
Model
Pengembangan.................................................................................... .. 61
B.
Gambar
Skema Tahap Pengembangan Media Pembelajaran.......................... .. 62
C.
Prosedur
Pengembangan................................................................................ .. 63
BAB IV HASIL PENGEMBANGAN
A. Hasil Prosedur Pengembangan....................................................................... .. 70
B. Hasil Uji Ahli
Media......................................................................................... 77
C. Hasil Uji Ahli
Materi........................................................................................ 79
D. Uji Coba
Perorangan......................................................................................... 81
E.
Uji
Coba Kelompok
Kecil................................................................................ 84
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan Hasil
Kajian................................................................................ .. 91
B. Saran
Pemanfaatan, Diseminasi, dan Pengembangan Produk Lebih Lanjut.... 93
DAFTAR RUJUKAN................................................................................................. 95
RIWAYAT HIDUP..................................................................................................... 97
LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel
Halaman
2.1 Contoh Pemrograman Absolut
G01............................................................. 37
2.2 Contoh Pemrograman
Inkrimental G01....................................................... 39
2.3 Contoh Pemrograman Absolut
G02............................................................. 41
2.4 Contoh Pemrograman
Inkrimental G02....................................................... 41
2.5 Contoh Pemrograman Absolut
G03............................................................. 42
2.6 Contoh Pemrograman
Inkrimental G03....................................................... 42
2.7 Contoh Pemrograman
Inkrimental G01....................................................... 44
2.8 Contoh Pemrograman Absolut
G01............................................................. 45
2.9 Contoh Pemrograman Absolut G02
dan G03.............................................. 46
2.10 Contoh Pemrograman Absolut G72............................................................. 47
2.11 Contoh Pemrograman Absolut dan
Inkrimental G72................................... 48
3.1 Tabel Teknik Penskoran................................................................................ 68
3.2 Kriteria Kualifikasi
Penilaian........................................................................ 69
4.1 Rancangan Perkuliahan
Semester................................................................. 71
4.2 Hasil Penilaian Ahli Media
Tahap I.............................................................. 77
4.3 Hasil Penilaian Ahli Media
Tahap II............................................................ 78
4.4 Hasil Penilaian Ahli Mater............................................................................ 80
4.5 Hasil Penilaian dari Subjkek
1...................................................................... 81
4.6 Hasil Penilaian dari Subjkek
2...................................................................... 82
4.7 Hasil Penilaian dari Subjkek
3...................................................................... 82
4.8 Hasil Analisis Penilaian
dari 3 Subjek.......................................................... 83
4.9 Hasil Penilaian dari Subjkek
1...................................................................... 84
4.10 Hasil Penilaian dari Subjkek
2...................................................................... 85
4.11 Hasil Penilaian dari Subjkek
3...................................................................... 85
4.12 Hasil Penilaian dari Subjkek
4...................................................................... 86
4.13 Hasil Penilaian dari Subjkek
5...................................................................... 86
4.14 Hasil Penilaian dari Subjkek
6...................................................................... 87
4.15 Hasil Penilaian dari Subjkek
7...................................................................... 87
4.16 Hasil Penilaian dari Subjkek
8...................................................................... 88
4.17 Hasil Analisis Penilaian dari
8 Subjek.......................................................... 89
DAFTAR GAMBAR
Halaman
2.1 Model ADDIE.............................................................................................. 17
2.2 Desain Research Development..................................................................... 20
2.3 Model Dick & Carey.................................................................................... 23
2.4 Contoh
Gambar Ilustrasi Pemrograman Absolut.......................................... 35
2.5 Contoh
Gambar Ilustrasi Pemrograman Inkrimental.................................... 35
2.6 Gambar
Sistem Persumbuan CNC TU 3A.................................................... 36
2.7 Contoh
Gambar Untuk Pemrograman Absolut G01..................................... 37
2.8 Contoh
Gambar Untuk Pemrograman Inkrimental G01............................... 38
2.9 Contoh
Gambar Untuk Perintah Pemrograman G02.................................... 40
2.10 Contoh
Gambar Untuk Perintah Pemrograman G03.................................... 41
2.11 Gambar
Sistem Persumbuan CNC TU 3A.................................................... 43
2.12 Contoh
Gambar Untuk Pemrograman Inkrimental G01............................... 43
2.13 Contoh
Gambar Untuk Pemrograman Absolut G01..................................... 44
2.14 Contoh
Gambar Untuk Pemrograman G02 dan G03................................... 45
2.15 Contoh Gambar Untuk Pemrograman G72.................................................. 46
2.16 Contoh Gambar Untuk Pemrograman G73.................................................. 48
2.17 Contoh Gambar Untuk Pemrograman G85.................................................. 49
2.18 Tampilan Area Kerja AutoCad..................................................................... 54
2.19 Gambar 2.19 Toolbar Draw......................................................................... 55
2.20 Toolbar Modify............................................................................................. 58
3.1 Skema Tahap Pengembangan Pembelajaran
Pemrograman CNC................. 62
3.2 Desain Uji Coba Pengembangan Media....................................................... 66
4.1 Gambar Kerja Pemrograman CNC
TU 2A................................................... 74
4.2 Gambar Kerja Pemrograman CNC
TU 3A................................................... 75
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pemrograman
CNC merupakan salah satu mata kuliah
praktik yang harus ditempuh oleh mahasiswa pendidikan teknik mesin. Salah satu
sub kompetensi yang harus dicapai adalah mahasiswa mampu untuk membuat program CNC dengan benar. Proses pengajaran dan
pembelajaran mata kuliah ini menggunakan metode ceramah, demonstrasi, tugas,
dan unjuk kerja. Pada waktu mahasiswa membuat program CNC biasanya mahasiswa menggunakan gambar pada kertas millimeter
blok, kemudian menentukan titik-titik perpindahan pisau. Kenyataannya, suatu
titik tidak selalu bernilai bulat (X,Y)nya, tetapi juga dalam bentuk desimal.
Jadi penggunaan kertas millimeter blok sebagai media membuat program CNC terbatas hanya untuk mencari titik
yang bernilai bulat dan cenderung lama proses pembuatan program CNC.
No comments:
Post a Comment