Wednesday, May 22, 2013

Pengertian dan Kegunaan fungsi-fungsi dalam komputer

Fungsi perintah :
1)      Erase
Erase adalah perintah untuk menghapus satu atau sekumpulan obyek yang telah dibuat.
2)    Copy
Copy adalah perintah untuk memperbanyak obyek atau menyalin satu /sekumpulan obyek.
3)    Mirror
Mirror adalah perintah untuk mencerminkan satu atau sekumpulan obyek, yaitu membuat obyek baru yang sama dengan obyek yang dipilih tetapi posisinya terbalik. Cara pembuatanya adalah dengan membuat dua titik di layar sebagai sumbunya ( cermin ). Posisi obyek baru tergantung dari posisi cermin tersebut.
4)    Offset
Offset adalah perintah untuk menyalin obyek secara pararel. Selain bias dimasukkan langsung jarak offsetnya, bisa juga dilakukan dengan cara menunjuk langsung di layar.


5)    Array
Array adalah perintah untuk menyalin atau memperbanyak secara missal dengan pola atau susunan yang teratur. Adapun Array ada dua jenis, yaitu Array Rectangular ( pola grid ) dan Array Polar ( pola melingkar ).
6)    Move
Move adalah perintah untuk memindahkan suatu obyek atau sekumpulan obyek dari suatu tempat ketempat yang lain.
7)    Rotate
Rotate adalah perintah untuk memutar satu atau sekumpulan obyek dengan cara menentukan titik acuan ( base point ) sebagai sumbu putar, sedangkan sudut puternya bisa ditentukan dengan memasukkan angka melalui keyboard atau diklik langsung di layar.
8)    Scale
Scale adalah perintah untuk mengubah ukuran satu atau sekumpulan obyek (memperbesar maupun memperkecil) secara beraturan, dengan cara menentukan faktor skala. Apabila skala lebih besar dari 1 ( satu ), maka obyek akan diperbesar, tetapi apabila kurang dari 1 ( satu ) maka obyek akan diperkecil.
9)    Stretch
Stretch adalah perintah untuk mengubah sebagian dari obyek, baik memperbesar atau memperkecil. Adapun metoda yang digunakan untuk memilih obyek tersebut adalah crossing.


10)  Lengthen
Lengthen adalah perintah untuk mengubah panjang garis atau busur. Ada beberapa metoda perubahan panjang, apakah delta panjang, panjang total, persentasi perubahan panjang maupun perubahan panjang secara dinamik.
11)  Trim
Trim adalah perintah untuk memotong obyek dengan menggunakan obyek pembatas.
12)  Extend
Extend adalah perintah untuk memperpanjang obyek dengan menggunakan objek pembatas. Adapun yang dimaksud dengan pembatas tersebut adalah objek yang memiliki potensi untuk berpotongan dengan objek yang akan diperpanjang.
13)  Break
Break adalah perintah untuk memotong obyek tanpa obyek pembatas atau untuk memotong obyek yang berada diantara dua titik yang ditentukan.
14)  Chamfer
Chamfer adalah perintah untuk memangkas sudut atau untuk menghubungkan dua garis dengan garis lurus baru yang mempunyai kemiringan tertentu.

No comments:

Post a Comment