Tuesday, February 26, 2013

MODERNISASI DIMATA MASYARAKAT


Modernisasi, definisi modernisasi secara bahasa di dalam Kamus Ilmiah Populer, modernisasi berarti gerakan untuk merombak cara kehidupan lama menuju bentuk/model kehidupan baru, penerapan model-model baru, pemodernan. Kemudian ada beberapa tokoh yang juga mengungkapkan definisi tentang modernisasi diantaranya adalah Eisenstadt dan Everett Rogers.
Eisenstadt, ia menyatakan bahwa : ”Menurut sejarahnya, modernisasi merupakan proses perubahan menuju tipe sistem sosial, ekonomi, dan politik yang telah berkembang di Eropa Barat dan Amerika Utara dari abad ke-19 dan abad ke-20 yang meluas ke negara-negara Amerika Selatan, Asia serta Afrika”.
Sedangkan Everett Rogers menyatakan bahwa modernisasi merupakan proses individu berubah dari cara hidup tradisional menuju gaya hidup lebih kompleks dan maju secara teknologis serta cepat berubah.
Jadi modernisasi adalah proses gerakan perubahan individu dari cara hidup yang bersifat tradisional atau yang bersifat lama menuju cara hidup yang baru atau yang maju dan bersifat kompleks dan pada arah kemajuan.
Adanya proses modernisasi ini melahirkan modernisasi ekonomi, modernisasi sosial. Modernisasi ekonomi penekannya adalah pada perkembangan akan kemajuan ekonomi, kemajuan ekonomi ini ditandai oleh tingginya tingkat konsumsi dan standar hidup, revolusi teknologi, intensitas modal yang semakin besar dan organisasi birokrasi yang rasional. Kemudian modernisasi sosial, modernisasi sosial ini menekankan pada perubahan dalam kehidupan masyarakat, pola-pola kelembagaan dan peranan status dalam struktur sosial masyarakatnya. Selain itu juga modernisasi sosial ini perhatiannya pada perubahan sosial terencana, sekularisme, perubahan sikap dan tingkah laku, pengeluaran dalam pendidikan umum, adanya revolusi pengetahuan, hubungan sosial kemudian diferensiasi struktural fungsional.
Globalisasi. Dalam Kamus Ilmiah Populer Globalisasi adalah perubahan secara menyeluruh disegala asek kehidupan. Dalam mendefinisikan globalisasi, para teoritisi umumnya melihat globalisasi sebagai penyebaran ekonomi pasar ke seluruh kawasan dunia yang berbeda-beda. Kata globalisasi sendiri berasal dari kata global atau globe. Globe berarti bumi, bumi yang menjadi tempat hunian manusia dan kata global diidentikkan dengan kata internasional, yaitu hubungan antar bangsa atau antar negara. Kemudian ada yang mengungkapkan bahwa globalisasi berarti arah perkembangan atau kecenderungan untuk menyatukan serta hubungan hidup bangsa-bangsa di dunia dalam berbagai bidang kehidupan, dengan didukung oleh sarana prasarana tertentu, terutama kemajuan teknologi informasi, komunikasi, transportasi bahkan ideologi.
Jadi globalisasi adalah penyebaran perkembangan kehidupan ke seluruh kawasan yang ditandai dengan adanya hubungan antar bangsa ataupun antar negara yang meliputi berbagai aspek kehidupan.
Kehidupan masyarakat seperti yang kita lihat dari realita yang ada nyatanya kehidupan masyarakat selalu mengalami perubahan

No comments:

Post a Comment