BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Muhammad Abduh termasuk salah satu
pembaharu agama dan sosial di Mesir pada abad ke 20 yang pengaruhnya sangat
besar di dunia Islam .Dialah penganjur yang sukses dalam membuka pintu ijtihad
untuk menyesuaikan Islam dengan tuntutan zaman modern.
Di dunia Islam Ia terkenal dengan
pembaharuannya di bidang keagamaan,dialah yang menyerukan umat Islam untuk
kembali kepada Al Quran dan Assunnah as Sahihah .Ia juga terkenal dengan
pembaharuannya dibidang pergerakan (politik) ,dimana Ia bersama Jamaludin
al-Afgani menerbitkan majalah al’Urwatul Wutsqa di Paris yang
makalah-makalahnya menghembuskan semangat nasionalisme pada rakyat Mesir dan
dunia Islam pada umumnya.
Disamping Ia dikenal sebagai
pembaharu dibidang keagamaan dan pergerakan (politik) ,Ia juga sebagai
pembaharu dibidsang pendidikan Isalam,dimana Ia pernah menjabat Syekh atau
rektor Universitas AlAzhar di Cairo Mesir.Pada masa menjabat rektor inilah Ia
mengadakan pembaharuan-pembaharuan di Universitas tersebut ,yang pengaruhnya
sangat luas di dunia Islam.
Maka dari sinilah kami akan mengangkat sebuah tema yang
manyajikan tentang arti dan pentingnya pendidikan bagi kita, dan yang kita
ambil dari pemikiran filusuf muslim yang terkenal yaitu “ Muhammad Abduh”.
B.  : RUANG
LINGKUP PEMBAHASAN
Makalah ini akan mencoba memberikan
deskripsi mengenai pemikiran pendidikan islam menurut Muhammad Abduh yang
terdiri dari beberapa pembahasan meliputi:
1. Identitas dan riwayat hidup Muhammad
Abduh.
2. Pemikiran Muhammad Abduh secara umum.
3. Pemikiran Muhammad Abduh tentang pendidikan islam
4. Relevansinya dengan pendidikan islam
sekarang.
BAB
II
IDENTITAS
MUHAMMAD ABDUH
A.
IDENTITAS
DAN RIWAYAT HIDUP MUHAMMAD ABDUH
Muhammad Abduh lahir disuatu desa di
Mesir Hilir tahun 1849.Bapaknya bernama Abduh Hasan Khaerullah,berasal dari
Turki yang telah lama tinggal di Mesir.Ibunya dari bangsa Arab yang silsilahnya
sampai Umar bin Khatab. Mereka tinggal dan menetap di Mahallah Nasr.Muhammad
Abduh dibesarkan dilingkungan keluarga yang taat beragama dan mempunyai jiwa
keagamaan yang teguh.
Muhammad Abduh mulai belajar membaca
dan menulis serta menghapal Al Qur an dari orang tuanya,kemudian setelah mahir
membaca dan menulis diserahkan kepada satu guru untuk dilatih menghapal Al Qur
an .Ia dapat menghapal Al Quran dalam masa dua tahun .Kemudian Ia dikirim ke
Tanta untuk belajar agama di Masjid Sekh Ahmad ditahun 1862 ,Ia belajar bahasa
Arab,nahu ,sarf,fiqih dan sebagainya.Metode yang digunakan dalam pembelajaran
itu tidak lain metode hapalan diluar kepala,dengan metode ini Ia merasa tidak
mengerti apa-apa sehingga Ia tidak puas dan meninggalkan pelajarannya di Tanta.
Ketidak puasan dengan metode
menghapal diluar kepala ,Ia meninggalkan pelajarannya dan kembali pulang
kekampung halamannya dan berniat akan bekerja sebagai petani .Dan pada tahun
1865 ,sewaktu masih berumur 16 tahun Iapun menikah. Setelah empat puluh hari
menikah ,Ia dipaksa orang tuanya kembali ke Tanta untuk belajar,Iapun
meninggalkan kampungnya tapi tidak pergi ke Tanta ,malah bersembunyi dirumah
pamannya yang bernama Syekh Darwisy Khadr seorng terpelajar pengikut tarikat
Syadli dan merupakan alumni pendidikan tasawuf di Libia dan Tripoli.
Syekh Darwisy kelihatannya tahu
keengganan Muhammad Abduh untuk belajar,kemudian ia selalu membujuk pemuda itu
untuk bersama-sama membaca buku ,namun setiap kali dibujuk Muhammad Abduh tetap
menolaknya .Berkat kegigihan Syekh Darwisy akhirnya Muhammad Abduh mau
membacanya,dan setiap Ia membaca beberapa baris Syekh Darwisy memberi penjelasan
luas tentang arti yang dimaksud oleh kalimat itu.Setelah beberapa kali membaca
Muhammad Abduhpun berubah sikapnya terhadap buku dan ilmu pengetahuan .Setelah
itu Ia mengerti apa yang dibacanya dan ingin mengerti dan tahu lebih
banyak.Akhirnya Iapun pergi ke Tanta untuk meneruskan pelajarannya. Setelah
selesai belajar di Tanta ,Ia meneruskan studinya di Al-Azhar pada tahun
1866.Sewaktu belajar di Al-Azhar inilah Muhammad Abduh bertemu dengan Jamaludin
Al-Afgani,ketika ia datang ke Mesir dalam perjalanan ke Istambul.Dalam
perjumpaan ini Al-Afgani memberikan beberapa pertanyaan kepada Muhammad Abduh
dan kawan-kawan mengenai arti dan maksud beberapa ayat Al-Qur an .Kemudian ia
memberikan tafsirannya sendiri.Perjumpaan ini memberikan kesan yang baik
didalam diri Muhammad Abduh.
Dan ketika Jamaludin Al-Afgani
datang da tahun 1871,untuk menetap di Mesir ,Muhammad Abduh menjadi murid yang
paling setia .Ia belajar filsafat dibawah bimbingan Al-Afgani.Dimasa ini Ia
mulai munulis di harian Al-Akhram yang pada waktu itu baru saja terbit. Pada
tahun 1877 studinya selesai di Al-Azhar dengan mendapat gelar ‘Alim .Ia
kemudian mengajar di almamaternya yaitu Al-Azhar,Darul Ulum dan dirumahnya
sendiri ,Ia mengajarkan buku akhlak karangan Ibnu Maskawaih,Muqaddimah Ibnu
Khgaldun dan Sejarah kebudayaan Eropa karangan guizot dan lain-lain. Dari
sinilah Ia mengadakan pembaharuan-pembaharuan khususnya dibidang pendidikan
Islam.
BAB
III
PEMIKIRAN
MUHAMMAD ABDUH
A. PEMIKIRAN
MUHAMMAD ABDUH SECARA UMUM
Muhammad
Abduh memulai perbaikannya melalui pendidikan. Menjadikan pendidikan sebagai
sektor utama guna menyelamatkan masyarakat Mesir. menjadikan perbaikan sistem
pendidikan sebagai asas dalam mencetak muslim yang shaleh. Pemikiran dibidang
pendidikan dan pengajaran umum:
a) Perlawanan terhadap taqlid dan kemadzhaban.
b) Perlawanan terhadap buku yang tendensius, untuk diperbaiki dan disesuaikan dengan pemikiran rasional dan historis.
c) Reformasi al-Ahzar yang merupakan jantung umat Islam. Jika ia rusak maka rusaklah umatnya, dan jika ia baik maka baik pula umat Islam.
d) Menghidupkan kembali buku-buku lama untuk mengenal intelektualisme Islam yang ada dalam sejarah umatnya. Dan mengikuti pendapat-pendapat yang benar disesuaikan dengan kondisi yang ada.
a) Perlawanan terhadap taqlid dan kemadzhaban.
b) Perlawanan terhadap buku yang tendensius, untuk diperbaiki dan disesuaikan dengan pemikiran rasional dan historis.
c) Reformasi al-Ahzar yang merupakan jantung umat Islam. Jika ia rusak maka rusaklah umatnya, dan jika ia baik maka baik pula umat Islam.
d) Menghidupkan kembali buku-buku lama untuk mengenal intelektualisme Islam yang ada dalam sejarah umatnya. Dan mengikuti pendapat-pendapat yang benar disesuaikan dengan kondisi yang ada.
Sebagai
konsekuensi dari pendapatnya bahwa umat Islam harus mempelajari dan
mementingkan ilmu pengetahuan, umat Islam harus pula mementingkan soal
pendidikan. Sekolah-sekolah modern perlu dibuka, dimana ilmu-ilmu pengetahuan
modern diajarkan disamping ilmu agama. Pogram yang diajukannya sebagai pondasi
utama adalah memahami dan menggunakan Islam dengan benar untuk mewujudkan
kebangkitan masyarakat. Dia mengkritik sekolah modern yang didirikan oleh
misionaris asing dan yang didirikan oleh pemerintah. Katanya di sekolah asing,
siswa dipaksa mempelajari Kristen, sedangkan di sekolah pemerintah, siswa tidak
diajar agama sama sekali.
Abduh
memperjuangkan sistem pendidikan fungsional yang bukan impor, yang mencangkup
pendidikan univerrsal bagi semua anak, laki-laki maupun perempuan. Semuannya
harus mempunyai kemampuan dasar seperti membaca, menulis dan berhitung.
Semuanya harus mendapat pendidikan agama, mengabaikan perbedaan sektarian dan
menyoroti perbedaan Islam-Kristen.
Kata
Muhammad Abduh bahwa sesungguhnya kurikulum yang baik di sekolah Islam adalah
berkaitan dengan ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu modern. Kedua kategori ilmu
tersebut hendaknya berhasil dalam pembinaan akhlak. Sesungguhnya kata Muhammad
Abduh bahwa kemajuan ilmu di mulai dari Timur baru ke Barat, kemudian saat ini
kita harus mengambil kembali ilmu-ilmu yang hilang dari kita, apalagi ilmu-ilmu
tersebut dikuasai oleh orang-orang di Barat. Dari penjelasannya tersebut, dapat
dipahami bahwa pada masa Muhammad Abduh ilmu-ilmu modern itu berkembang di
negeri Barat yang pada awalnya berasal dari negeri Timur, maka ilmu yang hilang
itu harus dicari kembali dari negeri Barat.
Abduh
berpendapat, perlu dimasukkan ilmu-ilmu modern ke dalam kurikulum al-Ahzar,
agar ulama’-ulama’ Islam mengerti kebudayaan modern dan demikian dapat mencari
penyelesaian yang baik bagi persoalan-persoalan yang timbul pada zaman modern
ini. Menurutnya mempermodern pendidikan di al-Ahzar akan mempunyai pengaruh
yang besar dalam usaha-usaha pembaruan Islam. Al-Ahzar memang universitas agama
Islam yang dihargai dan dihormati di seluruh dunia Islam. Dari semua penjuru
Islam semua orang pergi belajar disana. Ulama-ulama yang dilahirkan dari
universitas ini akan tersebar keseluruh penjuru dunia Islam dan akan membawa
ide-ide modern bagi kemajuan umat Islam. Usaha-usahanya dalam pembaharuan di
Al-Ahzar terbentur pada tantangan kaum ulama konservatif yang belum dapat
melihat faedah perubahan-perubahan yang dianjurkan.
Ia
juga memperhatikan sekolah-sekolah yang didirikan pemerintah untuk mendidik
tenaga-tenaga yang perlu bagi Mesir dalam lapangan administrasi, militer,
kesehatan, perindustrian, pendidikan dan sebagainya. Ia berpendapat, perlu
dimasukkan didikan agama yang lebih kuat ke sekolah ini, termasuk mata
pelajaran sejarah Islam dan sejarah kebudayaan islam. Atas usahanya maka
didirikanlah Majelis Pengajaran Tinggi. Muhammad Abduh melihat bahaya pada
dualisme pendidikan. Sistem madrasah lama akan melahirkan ulama’-ulama’yang
tidak memiliki pengetahuan tentang ilmu-ilmu modern, sedangkan sekolah-sekolah
Islam akan melahirkan ahli-ahli yang sedikit pengetahuannya tentang agama.
Dengan memasukkan ilmu pengetahuan ilmu modern ke dalam Al-Ahzar dan memperkuat
didikan agama di sekolah pemerintah, jurang yang memisah golongan ulama’ dari
golongan ahli ilmu modern akan dapat diperkecil.
Kurikulum Menurut Muhammad Abduh
1. Kurikulum Sekolah Dasar.
1. Kurikulum Sekolah Dasar.
Isi
dan lama pendidikan harus beragam, sesuai dengan tujuan dan profesi yang dikehendaki
pelajar. Abduh percaya bahwa anak tukang kayu dan petani harus mendapat
pendidikan minimum agar dapat meneruskan jejak ayahnya. Kurikulum sekolah ini
harus meliputi buku ikhtisar doktrin Islam yang berdasarkan ajaran sunni dan
tidak menyebut-nyebut perbedaan sektarian, teks ringkasanyang memaparkan secara
garis besar pondasi kehidupan etika dan moral dan menunjukkan mana yang benar
dan mana yang salah, dan teks ringkas sejarah hidup Nabi Muhammad, kehidupan
sahabat dan sebab-sebab kejayaan Islam.
Bahwa
kurikulum pada sekolah Dasar meliputi: membaca, menulis, berhitung,
prinsip-prinsip bahasa Arab atau kaidah-kaidah bahasa Arab, pelajaran agama,
pelajaran Akhlak. Muhammad Imarah dalam pemikirannya menambahkan bahwa
pelajaran agama di sekolah dasar menurut Muhammad Abduh meliputi :
Akidah, bahwa buku yang dipelajari pada sekolah dasar adalah buku ringkasan akidah lslam ahli sunnah dengan tidak mengajarkan, perbedaan pendapat disertai dengan dalil-dalil yang mudah diterima oleh akal. Pelajaran agma Islam harus menunjukkan ayat-ayat al-Qur’an dan hadits shahih. Pada periode ini tidak boleh mengajarkan perbandingan agama seperti perbandingan agama Islam dengan Kristen.
Akidah, bahwa buku yang dipelajari pada sekolah dasar adalah buku ringkasan akidah lslam ahli sunnah dengan tidak mengajarkan, perbedaan pendapat disertai dengan dalil-dalil yang mudah diterima oleh akal. Pelajaran agma Islam harus menunjukkan ayat-ayat al-Qur’an dan hadits shahih. Pada periode ini tidak boleh mengajarkan perbandingan agama seperti perbandingan agama Islam dengan Kristen.
Fiqih
dan Akhlak, buku yang dipelajari di sekolah dasar juga berhubungan dengan halal
dan haram dari perbuatan sehari-hari, akhlak mahmudah dan akhlak mazmumah, dan
bahaya bid’ah. Semua itu diterangkan dengan menyertakan ayat-ayat al-Qur’an,
hadits shahih, dan memberikan contoh-contoh orang-orang yang jujur dari umat
terdahulu. Doktrin yang harus dilakukan oleh seorang guru pada tingkatan ini
adalah segala perbuatan yang tidak bersandar dari Allah dan Rasulullah Saw
tidak boleh diterhma.
Sejarah. buku yang dipelajari ialah sirah al-nabawiyah dan shahabatnya yang berhubungan dengan akhlak mulia, perbuatan agung, pesan-pesan agama yang berhubungan dengan pengorbanan jiwa dan harta. Selain itu, juga boleh ditambah dengan sejarah khilafat Utsmaniyah. Semua itu, hendaknya diajarkan dengan ringkas dan mudah diterima akal.
2. Kurikulum Sekolah Menengah
Sejarah. buku yang dipelajari ialah sirah al-nabawiyah dan shahabatnya yang berhubungan dengan akhlak mulia, perbuatan agung, pesan-pesan agama yang berhubungan dengan pengorbanan jiwa dan harta. Selain itu, juga boleh ditambah dengan sejarah khilafat Utsmaniyah. Semua itu, hendaknya diajarkan dengan ringkas dan mudah diterima akal.
2. Kurikulum Sekolah Menengah
Siswa
sekolah menengah haruslah mereka yang ingin mempelajari syari’at, militer,
kedokteran, atau ingin bekerja pada pemerintah. Kurikulum yang diajarkan pada
Sekolah Menengah, semua yang ada dalam Sekolah Dasar, hanya saja materi-materi
lebih diperdalam dan diperluas lagi. Adapun ciri-ciri yang lain pada kurikulum
di sekolah menengah sebagai berikut:
a) Mantiq atau ilmu logika dan dasar-dasar penalaran
b) Akidah, Pada tingkat ini materi yang dikemukakan dengan pembuktian akal dan dalil-dalil yang, pasti. Pada tingkat ini juga, belum diajarkan perbedaan pendapat atau pembagian firqah-firqah dalam Islam. Pada tingkat ini sudah diajarkan fungsi akidah dalam kehidupan, protokol berdebat, teks tentang doktrin, menentukan posisi tengah dalam upaya menghindarkan konflik, pembahasan lebih rinci mengenai perbedaan antara kristen dan islam dan keefektifan doktrin islam dalam membentuk kehidupan di dunia dan akhirat, teks yang menjelaskan mana yang benar dan salah.
c) Fikih dan akhlak. Pada tingkat ini pelajaran fikih dan akhlak hanya pengembangan yang diberikan pada tingkat dasar. Pelajaran ditekankan pada aspek sebab, kegunaan, dan menghormati orang tua, apa pengaruhnya terhadap kehidupan keluarga, dan sebagainya. Landasan pelajaran-pelajaran itu harus bersumber pada dalil-dalil yang shahih dan praktek ajaran Islam al-salaf al-shalih.
d) Sejarah Islam. Materi pelajaran di sini adalah pengembangan dari materi sejarah Islam pada tingkat dasar. Pada tingkat ini, sejarah Islam dapat dilihat dari perspektif agama dan aspek politik, harus berada dibelakang aspek agama. Materinya juga meliputi berbagai penaklukkan dan penyebaran Islam.
a) Mantiq atau ilmu logika dan dasar-dasar penalaran
b) Akidah, Pada tingkat ini materi yang dikemukakan dengan pembuktian akal dan dalil-dalil yang, pasti. Pada tingkat ini juga, belum diajarkan perbedaan pendapat atau pembagian firqah-firqah dalam Islam. Pada tingkat ini sudah diajarkan fungsi akidah dalam kehidupan, protokol berdebat, teks tentang doktrin, menentukan posisi tengah dalam upaya menghindarkan konflik, pembahasan lebih rinci mengenai perbedaan antara kristen dan islam dan keefektifan doktrin islam dalam membentuk kehidupan di dunia dan akhirat, teks yang menjelaskan mana yang benar dan salah.
c) Fikih dan akhlak. Pada tingkat ini pelajaran fikih dan akhlak hanya pengembangan yang diberikan pada tingkat dasar. Pelajaran ditekankan pada aspek sebab, kegunaan, dan menghormati orang tua, apa pengaruhnya terhadap kehidupan keluarga, dan sebagainya. Landasan pelajaran-pelajaran itu harus bersumber pada dalil-dalil yang shahih dan praktek ajaran Islam al-salaf al-shalih.
d) Sejarah Islam. Materi pelajaran di sini adalah pengembangan dari materi sejarah Islam pada tingkat dasar. Pada tingkat ini, sejarah Islam dapat dilihat dari perspektif agama dan aspek politik, harus berada dibelakang aspek agama. Materinya juga meliputi berbagai penaklukkan dan penyebaran Islam.
3.
Kurikulum Sekolah Tingkat Atas.
Pendidikan
yang lebih tinggi lagi untuk guru dan kepala sekolah, dengan kurikulumnya yang
lebih lengkap. Pelajaran agama Islam pada tingkatan ini dijelaskan oleh
Muhammad Abduh mencakup mata pelajaran : Tafsir, hadits, bahasa arab dengan
segala cabangnya, akhlak dengan pembahasan yang terinci sebagai yang diuraikan
oleh Imam al-Ghazali dalam bukunya yang termasyhur ihya ‘Ulum ad-Din. Ushul
Fiqih, Sejarah yang termasuk di dalamnya sejarah nabi Muhammad Saw. dan
shahabat-shahabatnya yang diuraikan secara rinci. Sejarah peralihan kekuasaan
Islam, sejarah kerajaan Ustmaniyah, dan sejarah jatuhnya kerajaan-kerajaan
Islam ke tangan lain dengan menerangkan penyebabnya, retorika (tehnik
berpidato), dasar-dasar berdiskusi, dan ilmu kalam.
Pada
tingkat ini, ilmu kalam diberikan dengan menerangkan aliran-aliran yang
terdapat dalam ilmu kalam, dengan menjelaskan dalil-dalil yang menopang
pendapat setiap aliran. Pada tingkat ini, pelajaran ilmu kalam tidak bertujuan
untuk memperteguh akidah, tetapi untuk memperluas cakrawala pemikiran siswa.
Muhammad Imarah berpendapat bahwa kurikulum perguruan tinggi menurut Muhammad Abduh sebagai berikut:
Muhammad Imarah berpendapat bahwa kurikulum perguruan tinggi menurut Muhammad Abduh sebagai berikut:
Tafsir
al-Qur’an. Yang paling penting dalam pelajaran ini adalah membaca dan memahami al-Qur’an yang
diturunkan oleh Allah SWT dengan sejumlah hikmahnya, Bahasa Arab dan tata
bahasanya, Hadits, khususnya yang dikutip para mufassir dalam menafsirkan
al-Qur’an, Akhlak dengan penjelasan yang rinci seperti yang dilakukan oleh Imam
al-Ghazali dalam Ihya Ulum al-Din dan mencocokkannya dengan akidah Islam, Ushul
Fiqh,Sejarah yang lama dan yang baru, logika dan khithabah, Ilmu kalam dan
penelitan agama. Kalau dilihat dari kurikulum yang dikemukakan Muhammad Abduh
pada tiga tingkatan di atas, secara umum menggambarkan kurikulum pendidikan
agama Islam. Adapun ilmu-ilmu Barat tidak dimasukkan oleh Muhammad Abduh ke
dalam kurikulum. karena menurutnya ilmu-ilmu umum itu dipelajari bersama-sama
dengan ilmu-ilmu yang telah dijelaskan di atas. Dalam kata lain, ilmu-ilmu umum
hendaknya terintegrasi ke dalam ilmu-ilmu agama. Selanjutnya Muhammad Abduh
tidak merinci karena menurutnya setiap sekolah memiliki kecenderungan-kecenderungan
atau penekanan- penekanan yang berbeda antara satu materi pelajaran dengan
materi pelajarn yang lainnya. Pada tingkatan yang terakhir ini harus dibimbing
atau diajar oleh guru-guru yang professional dan berakhlak mahmudah. Mahasiswa
yang kuliah juga tidak diberikan tanda tamat belajar (ijazah) sembarangan
kecuali setelah mereka mengikuti ujian yang mendalam dan mengikuti komprehensif
dan dinyatakan lulus.
B. PEMIKIRAN MUHAMMAD ABDUH TENTANG
AGAMA ISLAM
Yang
dimaksud dengan metode pendidikan Islam disini adalah semua cara yang digunakan
dalam upaya mendidik anak. Oleh karena itu, metode yang dimaksud di sini
mencakup juga metode pengajaran. Sesungguhnya, membicarakan metode pengajaran
terkandung juga dalam pembahasan materi pelajaran sebab dalam materi pelajaran
secara tidak langsung juga membicarakan metode pengajaran.
Prof.Dr.Ramayulis dalam metodologi pengajaran agama Islam menyebutkan bahwa tidak ada satu metode yang dijamin baik untuk setiap tujuan pengajaran dalam setiap situasi. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk itu, semua metode pendidikan atau pengajaran menurut Muhammad Abduh yang akan diuraikan di bawah ini tidak menolak dan menafikan adanya metode-metode yang lainnya. Metode metode yang akan diuraikan, dipilih atas pertimbangan literatur yang ditemukan.
Prof.Dr.Ramayulis dalam metodologi pengajaran agama Islam menyebutkan bahwa tidak ada satu metode yang dijamin baik untuk setiap tujuan pengajaran dalam setiap situasi. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk itu, semua metode pendidikan atau pengajaran menurut Muhammad Abduh yang akan diuraikan di bawah ini tidak menolak dan menafikan adanya metode-metode yang lainnya. Metode metode yang akan diuraikan, dipilih atas pertimbangan literatur yang ditemukan.
Dalam
pembahasan ini, akan diuraikan metode menghafal, metode diskusi, metode tanya
jawab, metode darmawisata, metode demonstrasi, metode latihan, metode tauladan,
cara belajar siswa aktif (CBSA), dan langkah-langkah pengajaran.
1) Metode Menghafal
1) Metode Menghafal
Dalam
bidang metode pengajaran Muhammad Abduh menggunakan metode menghafal yang telah
dipraktekkan di sekolah sekolah saat itu memakai metode menghapal. Karena
metode menghapal ini pulalah Muhammad Abduh frustasi dan membenci belajar saat
ia belajar di mesjid Ahmadi Thanta. Muhammad Abduh mengkritik metode menghapal
bukan berarti membenci metode tersebut, ia tidak setuju dengan metode ini kalau
berhenti sampai di situ. Selanjutnya ia mengatakan ;”Saya kata Muhammad Abduh,
telah mengalami pengajaran seperti ini, belajar setahun setengah tanpa memahami
sesuatu dari al-Kafrawi dan Ajrumiyah. Metode pengajaran ilmu nahwu tanpa
memahami istilah-istilahnya telah membuatku (Muharnmad Abduh) tidak memahami
sesuatu, akhirnya saya benci belajar dan putus asa.”
Hendaknya metode menghafal ini diteruskan pada pemahaman, sehingga dimengerti apa yang dipelajari. Menurut Arbiyah Lubis, dalam tulisan-tulisan Muhammad Abduh, ia tidak menjelaskan metode apa yang sebaiknya diterapkan, tetapi dari pengalamannya mengajar di Universitas al-Azhar, Mesir nampaknya ia menerapkan metode diskusi.
2) Metode Diskusi
Hendaknya metode menghafal ini diteruskan pada pemahaman, sehingga dimengerti apa yang dipelajari. Menurut Arbiyah Lubis, dalam tulisan-tulisan Muhammad Abduh, ia tidak menjelaskan metode apa yang sebaiknya diterapkan, tetapi dari pengalamannya mengajar di Universitas al-Azhar, Mesir nampaknya ia menerapkan metode diskusi.
2) Metode Diskusi
Dari
pengalaman belajar Muhammad Abduh dan kritikannya terhadap metode menghapal,
dapat diketahui bahwa ia mementingkan pemahaman, hal itu didukung oleh fakta
metode yang ia praktekkan dan ia sukai metode diskusi. Sewaktu Muhammad Abduh
menafsirkan sebuah QS.al-Nisa ayat tiga puluh lima, dalam keterangannya tentang
“ وبالوالدين إحسانا” Disebutkan bahwa metode orang tua dalam mendidik anak di
Mesir membuat anak sebagai manusia passif, sehingga mereka (para Orang tua)
mendidik anak-anak dengan cara diktator. Kebanyakan orang tua mencetak
anak-anak sesuai dengan kehendak mereka. Anak-anak dijadikan berpengetahuan
atau berilmu sesuai dengan pengetahuan orang tua, anak-anak marah sesuai dengan
marahnya orang tua. Anak-anak berbuat sesuai dengan keinginan orang tua.
Rumah
adalah lembaga yang menciptakan pendidikan kediktatoran yang buruk dan mencetak
kader-kader pemimpin yang zhalim dan yang hina.Para orang tua yang mendidik
anak secara diktator sesungguhnya mereka yang gila akan kehinaan mereka anggap
suatu kenikmatan dan keselamatan. Selanjutnya, Muhammad Abduh mengatakan,
“Wahai ulama agama dan adab, hendaknya kalian menerangkan kepada umat baik di
sekolah-sekolah atau majlis-majlis apa kewajiban orang tua terhadap anak dan
apa kewajiban anak terhadap orang tua, dan kewajiban umat terhadap dua kelompok
itu. Hendaklah kalian tidak lupa kaidah atau teori kemerdekaan dan kebebasan.
Dua kaidah itu adalah landasan dasar berdirinya bangunan Islam. Para sosiolog
bagian utara yang berkuasa pada zaman ini (Roma) mengakui bahwa peradaban
mereka maju karena mereka berlandaskan dua dasar di atas (kebebasan berpikir
dan berbuat)
Pada
penjelasan tersebut di atas, Muhammad Abduh berpendapat bahwa metode pendidikan
dan pengajaran hendaknya memperhatikan kemampuan bakat dan minat anak didik.
Dalam kata lain, metode pengajaran yang memberikan kebebasan berpikir dan
berkreasi dalam pendidikan dan pengajaran adalah metode diskusi. Metode diskusi
inilah yang banyak dipraktekkan oleh Muhammad Abduh dalam mengajar di
Universitas al-Azhar Mesir. Menghafal dalam proses belajar tidak mungkin di
dinafikan karena ia sangat esensial.Terbukti umat Islam banyak yang hapal al-Qur’an
termasuk Muhammad Abduh, Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa Muhammad Abduh
tidak mengharamkan metode menghafal, tetapi dapat diketahui dari pengalaman dan
kritiknya terhadap metode menghapal, sepertinya ia berpendapat bahwa metode
menghapal tanpa pemahaman tidak baik (untuk tidak mengatakan buruk).
3) Metode Tanya Jawab
3) Metode Tanya Jawab
Manusia
berhak membuka jalan bagi penuntut ilmu untuk meneliti dalam berbagai ilmu
pengetahuan. Contohnya; ia menerangkan kaidah atau sebuah teori, kemudian ia
mencari kecocokannya dalam berbagai aspek pekerjaan. Dalam hal ini metode
pengajaran, hendaknya guru mengjarkan kepada anak didik cara untuk mengetahui
kesalahan dan cara kembali kepada yang benar. Cara yang demikianlah yang
dipraktekkan oleh Muhammad Abduh ketika belajar sehingga ia menjadi seorang
seorang ahli. Adapun untuk memperdalam suatu ilmu sangat tergantung pada usaha
seorang anak didik setelah seseorang lulus dari suatu lembaga pendidikan, maka
ia akan mengamalkan apa-apa yang ia peroleh ketika sekolah. Kemudian untuk
memperdalam pengetahuannya itu, hendaknya ia belajar lebih lanjut.
Muhammad
Qodri Luthfi mengatakan bahwa Muhammad Abduh dalam mengajar menggunakan metode
hiwar (tanya-jawab) dan munaqasah (diskusi) tidak hanya ceramah Memang dua
metode tanya jawab dan diskusi bisa berdampingan bahkan pada setiap diskusi ada
metode tanya jawab, tetapi mutlak dalam metode tanya jawab ada metode diskusi.
4) Metode Darmawisata.
4) Metode Darmawisata.
Muhammad
Abduh dalam pemikirannya sering membuat terobosan dalam pendidikan dan
pengajaran. Dalam hal metode darmawisata misalnya menyebutkan bahwa rihlah
adalah rukun dalam pendidikan. Ketika ingin mengajarkan kepada anak didik
materi “pesawat” hendaknya mereka dibawa langsung ke bandara. Ketika ingin
mengajarkan “kapal” hendaknya anak didik dibawa ke pelabuhan. Mereka sulit
memahami sesuatu yang abstrak,
Kalau dilihat contoh metode darmawisata tersebut di atas, dapat dipahami bahwa salah satu fungsi metode ini untuk dapat dipahami bahwa salah satu fungsi metode ini untuk dapat memahami materi kepada anak didik. Selain itu, metode darmawisata salah satu indikasi bahwa belajar tidak hanya di kelas. Metode pengajaran seperti disebutkan di atas sangat lebih tepat digunakan pada sekolah dasar dimana kemampuan berpikir abstrak anak didik belum matang.
5) Metode Demontrasi
Kalau dilihat contoh metode darmawisata tersebut di atas, dapat dipahami bahwa salah satu fungsi metode ini untuk dapat dipahami bahwa salah satu fungsi metode ini untuk dapat memahami materi kepada anak didik. Selain itu, metode darmawisata salah satu indikasi bahwa belajar tidak hanya di kelas. Metode pengajaran seperti disebutkan di atas sangat lebih tepat digunakan pada sekolah dasar dimana kemampuan berpikir abstrak anak didik belum matang.
5) Metode Demontrasi
Dalam
menyampaikan materi Ilmu-ilmu praktis (fi’liyah) hendaknya tidak hanya
diajarkan dengan menyampaikan ilmunya dengan cara berceralah, kemudian anak
didik disuruh untuk menghafalnya ilmu-ilmu fi’liyah harus diajarkan dengan cara
menyertakan prakteknya, seperti mengajarkan tata cara shalat lima waktu dengan
mendemontrasikannya baik di depan kelas maupun di mesjid. Lebih lanjut Muhammad
Abduh mengatakan ; “Hendaknya guru mengadakan praktek mengajar di sekolah tidak
hanya sebentar, tetapi dalam waktu yang cukup lama, sehingga para calon guru
tersebut telah siap ilmu dan mentalnya untuk mengajar di saat mereka telah
menjadi sarjana.”
6) Metode Latihan
6) Metode Latihan
Untuk
mengintegrasikan antara pendidikan akal dan jiwa, guru di sekolah harus
menyuruh anak didik untuk melakukan shalat lima waktu. Bagi sekolah yang
memiliki anak didik beragama non Islam seperti Kristen, maka guru hendaknya
tidak menyuruh mereka untuk melaksanakan shalat, namun meskipun anak didik yang
non Islam tidak melaksanakan shalat, tetapi nilai-nilai spiritual tersebut
tidak boleh hilang dari mereka.
Dari penjelasan tentang pembiasaan ibadah tersebut di atas, dapat dipahami bahwa Muhammad Abduh sangat demokratis dan menghormati kebebasan beragama. Tetapi nilai-nilai akal [intelektual] dan jiwa [spiritual] bersifat universal, sehingga berlaku pada seluruh negara, suku, bangs`, agama, dan sebagainya.
7) Metode Teladan
Dari penjelasan tentang pembiasaan ibadah tersebut di atas, dapat dipahami bahwa Muhammad Abduh sangat demokratis dan menghormati kebebasan beragama. Tetapi nilai-nilai akal [intelektual] dan jiwa [spiritual] bersifat universal, sehingga berlaku pada seluruh negara, suku, bangs`, agama, dan sebagainya.
7) Metode Teladan
Pendidik
harus dapat mendidik anak didik untuk memiliki sifat kasih sayang terhadap
sesama manusia. Dalam mengajarkan pesan kasih sayang itu, guru dapat memberi
tauladan kepada anak didik. Tauladan yang baik jauh lebih berpengaruh kepada
jiwa anak didik dari pada sekedar teori. Selain aspek tauladan, guru juga harus
memperhatikan dan memilih gaya bahasa yang serasi untuk menyampaikan pesan
sifat kasih sayang itu. Gaya bahasa yang digunakan guru juga harus
memperhatikan aspek efektivitas dan efesiensi.
Dari
penjelasan tersebut di atas, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa pengajaran
yang bertujuan untuk membina akhlak, hendaknya guru menggunakan bahasa yang
baik mudah dipahami, jelas, dan tegas, disampaikan dengan uslub atau tata cara
yang baik.
8) Langkah-Langkah Mengajar
8) Langkah-Langkah Mengajar
Adapun
alat pembelajaran yang paling efesien melalui pengajaran tafsir al-Qur’an harus
disebutkan judul atau temanya dan dikemukakan hubungannya dengan pembaruan
umat. Dalam pembaharuan masyarakat Muhammad Abduh berusaha menghubungkan Islam
dengan peradaban modern dan ilmu pengetahuan. Selain itu ia juga berusaha
menghindari kesalahan dalam memahami teks-teks agama karena ia berpendapat
bahwa akidah yang bersih dari bid’ah akan melahirkan perbuatan yang baik.Dalam
pengajaran Muhammad Abduh juga sangat memperhatikan urusan agama dan dunia
serta akhlak yang mulia.
Muhammad
Abduh mengajar dengan menempuh tiga langkah, yaitu: mengutarakan materi
(matan), menerangkan (al-syarh), menyebutkan hasyiyah-hasyiyah-nya. Terkadang
Muhammad Abduh menambahkan langkah terakhir dengan keputusan atau penentuan
sikap. Kalau dilihat dari langkah-langkah yang ditempuh Muhammad Abduh ini,
maka dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah pengajaran tersebut pada materi
yang mangandung perbedaan pendapat seperti materi pelajaran ilmu kalam dan
fiqh. Muhammad Abduh berusaha agar anak didiknya tidak membaca hasyiyah suatu
buku.
Dan
keterangan suatu buku untuk menghindar suatu taklid ia tidak mengajarkan sampai
akhir masa pembaharuan di Universitas al-Azhar Mesir selain matan
(materi).Meninggalkan hasyiyah dan keterangan buku serta mengajarkan matan nya
yang dilakukan Muhammad Abduh berhubungan dengan ayat al-Qur’an dan hadits
sebab para ulama sebenarnya berbeda pendapat dalam memahami nas-nas tersebut.
Muhammad Abduh juga mengarang Ta’liqat dari buku al-Bashair al-Nashiriyah dalam
ilmu mantiq, tetapi ia tidak mewajibkan anak didiknya untuk membacanya.
Muhammad Abduh mengarang Ta’liqat tersebut untuk mempermudah mahasiswa
Universitas Al-Azhar Mesir dalam memahami pendapatnya tentang ilmu mantiq.
Muhammad
Abduh ketika mengajar meletakkan buku catatan materi di depannya, kemudian ia
menulis judul materi pelajaran yang akan diajarkan dengan singkat dan jelas.
Selain itu, ia juga menulis beberapa pertanyaan yang akan dijawab setiap tatap
muka. Muhammad Abduh tidak lupa menulis tujuan pembelajaran setiap tatap muka
dengan ungkapan yang variatif. Menurut Rasyid Ridha langkah-langkah pengajaran
atau kegiatan pengajaran seperti yang dilakukan oleh Muhammad Abduh sangat
berbeda dengan yang dilakukan gurunya Jamaluddin al-Afghani. Jamaluddin
al-Afghani pertama kali meminta anak didiknya bertanya, kemudian masalah itu
diidentifikasi dan selanjutnya ia menerangkannya dengan merujuk suatu buku
untuk memahamkan anak didik.
Hendaknya
seorang guru kata Muhammad Abduh dapat mengetahui dan mempertimbangkan apakah
anak didiknya mampu memahami materi pelajaran dengan memakai metode tertentu
dan apakah anak didik telah siap secara psikologis menerimanya (materi –
pelajaran). Guru ketika ingin mengajar harus memposisikannya sebagai anak
didik, kemudian naik sedikit demi sedikit sampai pada derajat setinggi mungkin.
Ini adalah keterampilan untuk mengetahui tingkat kemampuan otak dan cara
menggunakannya. Keterampilan khusus ini harus dipelajari calon guru selama enam
belas tahun dan jika inti-intinya saja, maka cuknp ditempuh selama delapan
tahun.
Ada
beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memahami pemikiran Muhammad Abduh
tentang metode pendidikan dan pengajaran. Ia berpendapat bahwa metode
penyampaian ilmu kepada manusia tidak selalu sama. Metode dapat berubah sesuai
dengan perubahan tempat dan zaman.
Contoh yang dikemukakan Muhammad Abduh adalah teknologi pos dalam mengirim uang. Mestinya amanah penitipan uang mesti disampaikan langsung kepada orang yang bersangkutan, tetapi dengan adanya teknologi pos ini, maka caranya pun mengalami perubahan.
Contoh yang dikemukakan Muhammad Abduh adalah teknologi pos dalam mengirim uang. Mestinya amanah penitipan uang mesti disampaikan langsung kepada orang yang bersangkutan, tetapi dengan adanya teknologi pos ini, maka caranya pun mengalami perubahan.
C. RELEVANSI PEMIKIRAN MUHAMMAD ABDUH
TENTANG AGAMA ISLAM
Adapun alat pembelajaran yang
paling efesien melalui pengajaran tafsir al-Qur’an harus disebutkan judul atau
temanya dan dikemukakan hubungannya dengan pembaruan umat. Dalam pembaharuan
masyarakat Muhammad Abduh berusaha menghubungkan Islam dengan peradaban modern
dan ilmu pengetahuan. Selain itu ia juga berusaha menghindari kesalahan dalam
memahami teks-teks agama karena ia berpendapat bahwa akidah yang bersih dari
bid’ah akan melahirkan perbuatan yang baik.Dalam pengajaran Muhammad Abduh juga
sangat memperhatikan urusan agama dan dunia serta akhlak yang mulia.
Muhammad Abduh mengajar dengan menempuh tiga langkah, yaitu: mengutarakan materi (matan), menerangkan (al-syarh), menyebutkan hasyiyah-hasyiyah-nya. Terkadang Muhammad Abduh menambahkan langkah terakhir dengan keputusan atau penentuan sikap. Kalau dilihat dari langkah-langkah yang ditempuh Muhammad Abduh ini, maka dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah pengajaran tersebut pada materi yang mangandung perbedaan pendapat seperti materi pelajaran ilmu kalam dan fiqh. Muhammad Abduh berusaha agar anak didiknya tidak membaca hasyiyah suatu buku.
Muhammad Abduh mengajar dengan menempuh tiga langkah, yaitu: mengutarakan materi (matan), menerangkan (al-syarh), menyebutkan hasyiyah-hasyiyah-nya. Terkadang Muhammad Abduh menambahkan langkah terakhir dengan keputusan atau penentuan sikap. Kalau dilihat dari langkah-langkah yang ditempuh Muhammad Abduh ini, maka dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah pengajaran tersebut pada materi yang mangandung perbedaan pendapat seperti materi pelajaran ilmu kalam dan fiqh. Muhammad Abduh berusaha agar anak didiknya tidak membaca hasyiyah suatu buku.
Dan keterangan suatu buku untuk
menghindar suatu taklid ia tidak mengajarkan sampai akhir masa pembaharuan di
Universitas al-Azhar Mesir selain matan (materi).Meninggalkan hasyiyah dan
keterangan buku serta mengajarkan matan nya yang dilakukan Muhammad Abduh
berhubungan dengan ayat al-Qur’an dan hadits sebab para ulama sebenarnya
berbeda pendapat dalam memahami nas-nas tersebut. Muhammad Abduh juga mengarang
Ta’liqat dari buku al-Bashair al-Nashiriyah dalam ilmu mantiq, tetapi ia tidak
mewajibkan anak didiknya untuk membacanya. Muhammad Abduh mengarang Ta’liqat
tersebut untuk mempermudah mahasiswa Universitas Al-Azhar Mesir dalam memahami
pendapatnya tentang ilmu mantiq.
Muhammad Abduh ketika mengajar
meletakkan buku catatan materi di depannya, kemudian ia menulis judul materi
pelajaran yang akan diajarkan dengan singkat dan jelas. Selain itu, ia juga
menulis beberapa pertanyaan yang akan dijawab setiap tatap muka. Muhammad Abduh
tidak lupa menulis tujuan pembelajaran setiap tatap muka dengan ungkapan yang
variatif. Menurut Rasyid Ridha langkah-langkah pengajaran atau kegiatan
pengajaran seperti yang dilakukan oleh Muhammad Abduh sangat berbeda dengan
yang dilakukan gurunya Jamaluddin al-Afghani. Jamaluddin al-Afghani pertama
kali meminta anak didiknya bertanya, kemudian masalah itu diidentifikasi dan
selanjutnya ia menerangkannya dengan merujuk suatu buku untuk memahamkan anak
didik.
Hendaknya seorang guru kata
Muhammad Abduh dapat mengetahui dan mempdrtimbangkan apakah anak didiknya mampu
memahami materi pelajaran dengan memakai metode tertentu dan apakah anak didik
telah siap secara psikologis menerimanya (materi – pelajaran). Guru ketika
ingin mengajar harus memposisikannya sebagai anak didik, kemudian naik sedikit
demi sedikit sampai pada derajat setinggi mungkin. Ini adalah keterampilan
untuk mengetahui tingkat kemampuan otak dan cara menggunakannya. Keterampilan
khusus ini harus dipelajari calon guru selama enam belas tahun dan jika
inti-intinya saja, maka cuknp ditempuh selama delapan tahun.
Ada beberahal yang harus diperhatikan dalam memahami pemikiran Muhammad Abduh tentang metode pendidikan dan pengajaran. Ia berpendapat bahwa metode penyampaian ilmu kepada manusia tidak selalu sama. Metode dapat berubah sesuai dengan perubahan tempat dan zaman.
Contoh yang dikemukakan Muhammad Abduh adalah teknologi pos dalam mengirim uang. Mestinya amanah penitipan uang mesti disampaikan langsung kepada orang yang bersangkutan, tetapi dengan adanya teknologi pos ini, maka caranya pun mengalami perubahan.
Ada beberahal yang harus diperhatikan dalam memahami pemikiran Muhammad Abduh tentang metode pendidikan dan pengajaran. Ia berpendapat bahwa metode penyampaian ilmu kepada manusia tidak selalu sama. Metode dapat berubah sesuai dengan perubahan tempat dan zaman.
Contoh yang dikemukakan Muhammad Abduh adalah teknologi pos dalam mengirim uang. Mestinya amanah penitipan uang mesti disampaikan langsung kepada orang yang bersangkutan, tetapi dengan adanya teknologi pos ini, maka caranya pun mengalami perubahan.
Kompetensi
Pendidikan
a. Tugas Guru
a. Tugas Guru
Pendidikan adalah tugas guru yang
pertama dan pengajaran adalah tugas keduanya. Muhammad Abduh mengatakan;
“Tujuan utama mendirikan sekolah adalah untuk pengajaran. Pengajaran yang
dimaksud oleh Muhammad Abduh tentu pendidikan sekolah formal yang sangat
berbeda dengan pendidikan non formal. Pendidikan Sekolah tentu memiliki
keteraturan, sedangkan pendidikan non sekolah tentu tentu tidak ada keteraturan
formalnya, seperti tidak ada kurikulum yang sama antara satu pendidikan rumah
dengan rumah yang lain, tidak seragamnya tujuan pendidikan rumah tangga, tidak
sama waktu belajarnya, dan sebagainya. Oleh karena itu, pengajaran menurut
Muhammad Abduh identik dengan keteraturan belajar. Dengan kata lain, pendidikan
tidak selamanya melalui, pengajaran tetapi pengajaran adalah salah satu bentuk
pendidikan. Jadi antara pendidikan dan pengajaran terdapat perbedaan. Menurut
Muhammad Abduh, hendaknya dalam pengajaran di sekolah-sekolah selalu
diperhatikan pendidikan akal [intelektual] dan jiwa [spiritual] , sehingga anak
didik menemukan kebahagiaan yang sempurna selama ia hidup.”
Sebenarnya tugas seorang guru tidak sekedar mengajarkan ilmu pengetahuan kepada anak didik, karena tugas utamanya adalah mendidik dan mengajar dalam pengertian yang terbatas. Mengajar adalah sebagian dari perbuatan mendidik. Dalam pengertian yang baru, mengajar merupakan upaya dan proses membuat anak didik mau belajar (Causing Children to learn) [learning how to learn]. Dari sekolah diharapkan anak didik dapat meningkatkan kecerdasannya, terbentuk akhlak dan kepribadiannya, mendapatkan keterampilan dalam bekerja, meningkatkan kemampuan estetikanya, dan berkemampuan secara layak untuk hidup di tengah-tengah masyarakatnya.
Dari penjelasan tentang tugas pendidik yang tersebut di atas, dapat dipahami bahwa tugas tersebut disebut tugas profesi. Menurut Mahammad Abduh, di Mesir pada dasarnya substansi pendidikan telah hilang karena para pendidik tidak berkepentingan pada anak didik yang diajarinya karena itu sulit mencapai tujuan. Suatu kritikan tajam dari Muhammad Abduh tentang guru-guru Mesir pada masanya mereka tidak perduli keadaan muridnya, hubungan antara guru dan murid terbatas hanya di kelas, moral guru kurang mulia. Bahkan lebih ekstrimnya lagi guru tidak boleh berhubungan dengan murid. Guru-guru dalam mengajar saat itu tidak menjelaskan tujuan instruksionalnya tidak ada buku pegangan mereka.
Sebenarnya tugas seorang guru tidak sekedar mengajarkan ilmu pengetahuan kepada anak didik, karena tugas utamanya adalah mendidik dan mengajar dalam pengertian yang terbatas. Mengajar adalah sebagian dari perbuatan mendidik. Dalam pengertian yang baru, mengajar merupakan upaya dan proses membuat anak didik mau belajar (Causing Children to learn) [learning how to learn]. Dari sekolah diharapkan anak didik dapat meningkatkan kecerdasannya, terbentuk akhlak dan kepribadiannya, mendapatkan keterampilan dalam bekerja, meningkatkan kemampuan estetikanya, dan berkemampuan secara layak untuk hidup di tengah-tengah masyarakatnya.
Dari penjelasan tentang tugas pendidik yang tersebut di atas, dapat dipahami bahwa tugas tersebut disebut tugas profesi. Menurut Mahammad Abduh, di Mesir pada dasarnya substansi pendidikan telah hilang karena para pendidik tidak berkepentingan pada anak didik yang diajarinya karena itu sulit mencapai tujuan. Suatu kritikan tajam dari Muhammad Abduh tentang guru-guru Mesir pada masanya mereka tidak perduli keadaan muridnya, hubungan antara guru dan murid terbatas hanya di kelas, moral guru kurang mulia. Bahkan lebih ekstrimnya lagi guru tidak boleh berhubungan dengan murid. Guru-guru dalam mengajar saat itu tidak menjelaskan tujuan instruksionalnya tidak ada buku pegangan mereka.
Sikap afektif merupakan
komplementasi bagi ranah kognitif.Ia harus berdisiplin xang benar karena guru
bukan saja fungsional yang digaji dan yang mempunyai tanggung jawab tertentu
yang justru membatasi kewajiban-kewajiban sehingga membuat terciptannya jarak
antara guru, murid, dan masyarakat.
Dan penjelasn tentang kritik Muhammad Abduh terhadap guru yang tersebut di atas, dapat dipahami bahwa guru hanya berfungsi sebagai pengajar yang menciptakan jarak dari anak didiknya. Dalam kondisi seperti di atas, biasanya anak didik sangat hormat dan takut kepada gurunya. Hubungan seperti ini terkesan birokratis antara atasan dan bawahan. Di sini secara implisit Muhanimad Abduh menginginkan guru bersahabat dengan anak didiknya. Guru yang menjadi orang tua kedua bagi anak didik. Dengan demikian, tujuan pendidikan lebih mudah berhasil.Dalam kata lain, Muhammad Abduh berpendapat bahwa guru memiliki tugas kemanusiaan.
b. Kompetensi Guru
Dan penjelasn tentang kritik Muhammad Abduh terhadap guru yang tersebut di atas, dapat dipahami bahwa guru hanya berfungsi sebagai pengajar yang menciptakan jarak dari anak didiknya. Dalam kondisi seperti di atas, biasanya anak didik sangat hormat dan takut kepada gurunya. Hubungan seperti ini terkesan birokratis antara atasan dan bawahan. Di sini secara implisit Muhanimad Abduh menginginkan guru bersahabat dengan anak didiknya. Guru yang menjadi orang tua kedua bagi anak didik. Dengan demikian, tujuan pendidikan lebih mudah berhasil.Dalam kata lain, Muhammad Abduh berpendapat bahwa guru memiliki tugas kemanusiaan.
b. Kompetensi Guru
Mempertegas pendapatnya mengenai
pengajar yang menurutnya tidak layak mengajar karena umumnya para pengajar masa
itu disebut “Fuqaha” tidaklah mengerti sama sekali hal-hal lain kecuali hapal
al-Qur’an secara verbal tanpa mengetahui artinya. Dari penjelasan tentang
kompetensi guru yang tersebut, Muhammad Abduh menghendaki guru yang
professional, tahu akan ilmu pendidikan, ilmu psikologi, dan sebagainya. Hanya
saja ia tidak merincikan kompetensi seorang guru, tetapi setidaknya kritikannya
itu dapat dilihat dari potret dirinya sebagai seorang guru sebagaimana
digambarkan oleh C.C.Adams. Mengenai guru yang baik pakar pendidikan C.C Adams
menggambarkan bahwa Muhammad Abduh merupakan seorang guru yang bijaksana,
mengetahui keadaan objektif muridnya, baik fisik, mental, dan pengetahuan,
sehingga dapat mengkomunikasikan segala sesuatunya selama proses pengajaran
secara benar. Dalam hal ini, Muhammad Abduh berkata; “Seharusnya guru memilik
pengetahuan atau pertimbangan yang memadai tentang muridnya, sehingga ia dapat
menilai pemikiran dan kesiapan muridnya untuk menerima apa yang dikatakannya.
Selanjutnya C.C.Adams bahwa
Muhammad Abduh sangat menguasai masalah-masalah Ahli sunnah secara mendalam
baik literature primer dan sekunder yang selalu dirujuk dalam pengajarannya.
Guru yang professional menurutnya, setidaknya memiliki kompetensi berikut ini;
Prilaku yang baik , pengetahuan luas , menguasai materi. Dari penjelasan
tentang kompetensi yang penulis sebutkan di atas, Muhammad Abduh berpendapat
bahwa guru yang professional harus memiliki kompetensi berprilaku yang baik,
berwawasan dan berpengetahuan yang luas, dan menguasai materi. Ketiga katagori
kompetensi tersebut masih dikenal dalam ilmu pendidikan sekarang ini. Prilaku
yang baik sebagai kompetensi guru disebut oleh Muhammad Uzer Utsman dengan
kompetensi professional .
c. Sifat Seorang Pendidik
c. Sifat Seorang Pendidik
Pendidikan menurut Muhanumad
Abduh hendaknya berusaha menghasilkan manusia yang berakhlak mahmudah. Oleh
karena itu, pendidikan harus menghasilkan insan-insan berakhlak mahmudah.
Karena di antara hasil yang akan dicapai dalam pendidikan pembinan akhlak
mulia,maka sudah pasti guru sebagai tenaga pendidik juga harus berakhlak
mahmudah.
Muhammad Abduh tidak merinci secara detail apa itu akhlak mulia, tetapi ia mengungkapkannya secara umum dan global. Sebagaimana dikutip Muhammad Imarah, akhlak mahmudah menurut Muhammad Abduh di antaranya mengikuti perilaku para nabi seperti nabi Ibrahim As, nabi Musa As, nabi lsa As, dan nabi Muhammad Saw. Selain perilaku nabi yang harus diikuti oleh guru, juga dapat mencontoh perilaku para syuhada, .shiddiqin , dan quddusin . Karena para nabi, syuhada, shiddiqin, dan quddusin adalah suri tauladan bagi semua manusia dan termasuk guru, maka harus juga meneladani cara berpikir, kebijaksanaan, dan sumber yang mereka pakai.
Selanjutnya, Muhammad Abduh berpendapat bahwa seorang guru harus memiliki pengetahuan tentang akhlak dan berakhlak mahmudah [yang baik]. Selain itu guru juga harus memiliki akidah yang baik dan pemikiran yang benar. Lebih lanjut, ia berpendapat bahwa guru harus perwira (‘iffah), berani, dan energik, sehingga ia dapat melaksanakan semua tugasnya.
Muhammad Abduh tidak merinci secara detail apa itu akhlak mulia, tetapi ia mengungkapkannya secara umum dan global. Sebagaimana dikutip Muhammad Imarah, akhlak mahmudah menurut Muhammad Abduh di antaranya mengikuti perilaku para nabi seperti nabi Ibrahim As, nabi Musa As, nabi lsa As, dan nabi Muhammad Saw. Selain perilaku nabi yang harus diikuti oleh guru, juga dapat mencontoh perilaku para syuhada, .shiddiqin , dan quddusin . Karena para nabi, syuhada, shiddiqin, dan quddusin adalah suri tauladan bagi semua manusia dan termasuk guru, maka harus juga meneladani cara berpikir, kebijaksanaan, dan sumber yang mereka pakai.
Selanjutnya, Muhammad Abduh berpendapat bahwa seorang guru harus memiliki pengetahuan tentang akhlak dan berakhlak mahmudah [yang baik]. Selain itu guru juga harus memiliki akidah yang baik dan pemikiran yang benar. Lebih lanjut, ia berpendapat bahwa guru harus perwira (‘iffah), berani, dan energik, sehingga ia dapat melaksanakan semua tugasnya.
Dalam rangka mengajarkan akhlak
mulia, menurutnya seorang guru harus menjadi tauladan bagi anak didiknya,
sehingga kesempurnaan sikapnya menjadi pelajaran tambahan bagi mereka (anak
didik). Prilaku yang baik dari seorang guru akan lebih berkesan dan berpengaruh
bagi anak didik dari pada ilmu yang ia sampaikan.
Hendaknya guru kata Muhammad Abduh berusaha menselaraskan Islam dengan peradaban modern dan Islam dengan ilmu. Hendaknya juga guru mengajar dengan keterangan yang jelas dengan menyebutkan judul atau temanya. Dalam pengajaran ilmu balaghah (tata bahasa Arab), hendaknya guru melatih dzauq (kecerdasan) dan meningkatkan uslub yang tinggi yang telah dinafikan oleh para filosof. Dalam pengajaran insya‘ [dikte menulis arab] hendaknya diucapkan dengan baik dan fasih. Dalam pengajaran berbagai ilmu, hendaknya (guru dikaitkan dengan prinsip-prinsip ilmu yang sesuai dengan tradisi dalam suatu Negara. Dalam pengajaran ilmu berhitung, hendaknya guru mengaitkan rumus-rumusnya dengan perdagangan dengan cara menghitung jumlah yang dibeli dibelanjakan seseorang dan cara menghitung pendapatan negara, dan termasuk di dalamnya latihan menimbang.
Hendaknya guru kata Muhammad Abduh berusaha menselaraskan Islam dengan peradaban modern dan Islam dengan ilmu. Hendaknya juga guru mengajar dengan keterangan yang jelas dengan menyebutkan judul atau temanya. Dalam pengajaran ilmu balaghah (tata bahasa Arab), hendaknya guru melatih dzauq (kecerdasan) dan meningkatkan uslub yang tinggi yang telah dinafikan oleh para filosof. Dalam pengajaran insya‘ [dikte menulis arab] hendaknya diucapkan dengan baik dan fasih. Dalam pengajaran berbagai ilmu, hendaknya (guru dikaitkan dengan prinsip-prinsip ilmu yang sesuai dengan tradisi dalam suatu Negara. Dalam pengajaran ilmu berhitung, hendaknya guru mengaitkan rumus-rumusnya dengan perdagangan dengan cara menghitung jumlah yang dibeli dibelanjakan seseorang dan cara menghitung pendapatan negara, dan termasuk di dalamnya latihan menimbang.
Dalam pengajaran geometri,
hendaknya guru mengaitkanmya dengan bentuk-bentuk yang berlaku dalam suatu
negara. Dalam pengajaran tata bahasa Arab, hendaknya guru menganjurkan untuk
digunakan dalam tulis menulis. Dalam pengajaran tentang pertanian dan industri,
hendaknya guru memberi kesempatan untuk praktek lapangan setiap minggu. Menurut
Muhammad Imarah, bahwa Muhammad Abduh menganut madzhab pendidikan demokratis.
Ia berpendapat pendidikan harus memperhatikan perkembangan dan periode anak,
sehingga bisa menyesuaikan, tujuan, kurikulum, dan metode pengajaran yang layak
digunakan oleh guru.
e. Panduan Khusus Pendidik Islam
e. Panduan Khusus Pendidik Islam
Telah dikatakan oleh Muhammad
Abduh bahwa agama tidak satu tetapi bermacam-macam dan demikian juga
madzhab-madzhab dalam agama masing-masing. Oleh sebab itu, hendaknya satu agama
dengan agama yang lain saling menghormati akidah masing-masing dan tidak menghina
akidah orang lain. Dari keterngan singkat tentang pelajaran agama terdahulu,
dapat dipahami dalam konteks pendidikan guru menurut Muhammad Abduh harus
memberikan materi-materi pelajaran agama yang dapat memperkuat akidah anak
didik. Guru tidak boleh memberi keterangan yang berupaya untuk mendiskriditkan
agama yang lain. Dalam hal ini Muhammad Abduh dapat disebut penganut madzhab
pluralisme dalam ajaran agama.
Sebagai panduan operasional dalam pelajaran agama, hendaknya guru menerapkan nilai-nilai berikut:Menghindari buruk sangka (su’u al-zhan) terhadap agama lain. Guru berusaha mempersatukan semua agama, tetapi bukan mempersatukan akidahnya. Membangkitkan rasa kemanusiaan. Hendaknya ditanamakan oleh guru kepada semua anak didik bahwa semua manusia bersaudara bersumber dari satu bapak dan satu ibu, maka hendaknya yang satu memberi manfaat bagi yang lainnya. Oleh sebab itu semua manusia harus saling mencintai.
Dari keterangan yang panjang lebar tentang sifat guru di atas, secara umum itu mengandung akhlak mahmudah. Sifat-sifat para nabi, khususnya nabi Muhammad Saw dikenal dengan empat sifat (sidiq, amanah, tabligh, fatanah). Empat sifat nabi Muhammada Saw itu dapat mewakili akhlak mahmudah.
Sebagai panduan operasional dalam pelajaran agama, hendaknya guru menerapkan nilai-nilai berikut:Menghindari buruk sangka (su’u al-zhan) terhadap agama lain. Guru berusaha mempersatukan semua agama, tetapi bukan mempersatukan akidahnya. Membangkitkan rasa kemanusiaan. Hendaknya ditanamakan oleh guru kepada semua anak didik bahwa semua manusia bersaudara bersumber dari satu bapak dan satu ibu, maka hendaknya yang satu memberi manfaat bagi yang lainnya. Oleh sebab itu semua manusia harus saling mencintai.
Dari keterangan yang panjang lebar tentang sifat guru di atas, secara umum itu mengandung akhlak mahmudah. Sifat-sifat para nabi, khususnya nabi Muhammad Saw dikenal dengan empat sifat (sidiq, amanah, tabligh, fatanah). Empat sifat nabi Muhammada Saw itu dapat mewakili akhlak mahmudah.
f. faktor pendidik
a. Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Perkembangan Anak Didik
Dalam pembahasan
pasal ini lebih dahulu kita ketahui bagaimana pendapat Muhammad Abduh tentang
fitrah manusia dalam kaitannya dengan perkembangan anak didik. Menurut Muhammad
Abduh sebagaimana dikutip oleh Muhammad Imarah, pada umumnya pendidikan sekolah
pada masa Kerajaan Utsmani tidak membuahkan hasil apa-apa, dan para lulusan
sekolah-sekolah dasar itu tidak memperhatikan terjadinya proses perkembangan
fitrah mereka. Terbukti bahwa perilaku mereka tidak mencerminkan kesucian
fitrah mereka.
Kritikan Muhammad
Abduh di atas tentang pelaksanaan pendidikan di Kerajaan Ustmani tersebut lebih
lanjut dapat dipahami dari pendapatnya bahwa setiap individu memiliki potensi
fitri yang baik, namun individu tersebut kemudian dapat berubah-rubah corak dan
bentuknya sejalan dengan pendidikan yang ditempuh atau dialaminya. Lebih tegas,
ia mengatakan bahwa manusia tidak jadi apa-apa kecuali dengan pendidikan dengan
memahami ajaran yang dibawa oleh Rasul, baik dan aspek hukum, hikmah, dan
lain-lain.
Dari keterangan tentang fitrah manusia tersebut di atas, dapat dipahami bahwa menurut Muhammad Abduh, manusia dalam hal ini anak didik dilahirkan dengan memliki potensi-potensi. Dalam kata lain, manusia lahir ke dunia ini tidak seperti kertas kosong sebagaimana dalam teori tabularasa. Di antara potensi-potensi lahiriyah (bawaan) manusia, khususnya potensi aqliyahnya tidak berkembang begitu saja tanpa ada proses pendidikan. Artinya, potensi aqliyah, tidak berfungsi sempurna tanpa adanya proses pendidikan. Oleh sebab itu, pendidikan adalah sarana untuk mengembangkan potensi aqliyah manusia itu. Pada tahap ini, Muhammad Abduh dekat pada aliran konvergensi daripada aliran nativesme dan empirisme.
Dari keterangan tentang fitrah manusia tersebut di atas, dapat dipahami bahwa menurut Muhammad Abduh, manusia dalam hal ini anak didik dilahirkan dengan memliki potensi-potensi. Dalam kata lain, manusia lahir ke dunia ini tidak seperti kertas kosong sebagaimana dalam teori tabularasa. Di antara potensi-potensi lahiriyah (bawaan) manusia, khususnya potensi aqliyahnya tidak berkembang begitu saja tanpa ada proses pendidikan. Artinya, potensi aqliyah, tidak berfungsi sempurna tanpa adanya proses pendidikan. Oleh sebab itu, pendidikan adalah sarana untuk mengembangkan potensi aqliyah manusia itu. Pada tahap ini, Muhammad Abduh dekat pada aliran konvergensi daripada aliran nativesme dan empirisme.
Lebih lanjut, dalam
membicarakan fitrah manusia, Muhammad Abduh pernah mengutip hadits nabi pada
pidato resepsi di al-Jami’ah al-Khariyah “kullu mauludin yuladu ala al-fitrah,
faabawahu yuhawwidanihi au yunashshiranihi au yumajjisanihi” kata “yuladu ‘ala
al-fitrah” adalah menunjukkan pada potensi bawaan manusia, sedangkan tiga fi’il
mudhari itu [yuhawidanihi, yunashshiranihi, dan yumajjisanihi,]
mengidentifikasikan suatu proses perkembangan anak didik melalui pendidikan.
Potensi bawaan [fitrah] ada yang bersifat aqliyah dan ada yang bersifat
nafsiyah.
Fitrah nafsiyah atau ilahiyah manusia sesungguhnya adalah sama, tetapi fitrah aqliyah mereka dapat berbeda. Fitrah aqliyah manusia, erat hubungannya dengan kualitas gizi anak selama dalam kandungan dan selanjutnya disempurnakan dalam masa penyusuan selama dua tahun. Setelah dua tahun kata Andi Hakim Nasution, perkembangan otak akan lebih berkesan dan berpengaruh bagi anak didik dari pada ilmu yang ia sampaikan sebagai alat kecerdasan tidak berarti lagi. Akan tetapi kecerdasan bayi itu akan bertambah melalui kegiatan fisiknya yang berinteraksi dengan lingkungan.
Fitrah nafsiyah atau ilahiyah manusia sesungguhnya adalah sama, tetapi fitrah aqliyah mereka dapat berbeda. Fitrah aqliyah manusia, erat hubungannya dengan kualitas gizi anak selama dalam kandungan dan selanjutnya disempurnakan dalam masa penyusuan selama dua tahun. Setelah dua tahun kata Andi Hakim Nasution, perkembangan otak akan lebih berkesan dan berpengaruh bagi anak didik dari pada ilmu yang ia sampaikan sebagai alat kecerdasan tidak berarti lagi. Akan tetapi kecerdasan bayi itu akan bertambah melalui kegiatan fisiknya yang berinteraksi dengan lingkungan.
Dalam hadits yang
menjelaskan tentang fitrah manusia tersebut diatas, dapat dipahami bahwa
manusia lahir membawa fitrah. Fitrah lahiriyah berupa potensi aqliyah dan
nafsiyah. Kedua fitrah manusia itu berkembang dengan melalui proses pendidikan.
Dengan demikian, Muhammad Abduh mengakui pembawaan lahir dan mementingkan
proses pendidikan. Jadi jelaslah bahwa Muhammad Abduh sangat dekat dengan
aliran konvergensi. Dalam kata lain, proses perkembangan aqliyah dan nafsiyah
manusia setelah dua tahun banyak dipengaruhi oleh faktor lingkungan (empiris).
b. Tugas Anak Didik
b. Tugas Anak Didik
Tugas sebagai anak
didik tentunya bermacam-macam. Ada tugasnya terhadap dirinya, terhadap orang
tuanya, terhadap teman-temannya, terhadap gurunya, terhadap pendidikan, dan sebagainya.
Tugas anak didik terhadap pendidikan menurut Muhammacl Abduh adalah belajar
bersungguh-sungguh. Pendapatnya ini didukung oleh data bahwa ketika ia mengajar
di Universitas al-Azhar, mewajibkan mahasiswa bersungguh-sungguh dalam belajar,
tidak boleh memiliki kesibukan selainnya.Ia juga mewajibkan mahasiswa untuk
mengikuti ujian umum tahunan setelah mereka mengikuti ujian sesuai dengan
tingkatan, kepintaran, dan kapasitas keilmuan mereka secara lisan.
Dari uraian tersebut
di atas tentang kewajiban belajar dan ujian, dapat dipahami bahwa Muhammad
Abduh menerapkan disiplin belajar yang baik. Kemudian sistem ujian umum tahunan
yang dimaksud berbentuk tes tulis setelah dilakukan tes lisan untuk melihat
kemampuan mahasiswa yang variatif. Konsep disiplin belajar yang diterapkan oleh
Muhammad Abduh masih relevan sampai sekarang. Sistem boarding school dan
beberapa pesantren di Indonesia juga masih menerapkan system ini. Adapun sistem
ujian lisan dan tulis inipun masih banyak diterapkan di sekolah-sekolah di Indonesia.
Dengan demikian, di
antara tugas anak didik terhadap pendidikan adalah bersungguh-sungguh
belajar.Pendapat Muhammad Abduh ini sifat dengan sifat anak didik yang
ditemukakan al-Abrasyi. la berpendapat bahwa diantara sifat anak didik adalah
bersungguh-sungguh dan tekun belajar, bahkan untuk mendapat suatu kemuliaan
(ilmu) seseorang perlu melakukan sahiru al-lail artinya tidak tidur pada malam
hari dengan tujuan lainnya tidak dimasukkan dalam konteks ini.
c. Fungsi Motivasi Bagi Anak Didik
c. Fungsi Motivasi Bagi Anak Didik
Pada fitrahnya,
manusia ingin mulia dan dimuliakan. Salah satu bentuk pemuliaan di sekolah
adalah pemberian beasiswa, baik beasiswa prestasi ataupun beasiswa tidak mampu.
Dalam hal ini, Muhammad Abduh dalam pembaharuannya di Universitas al-Azhar
memberikan beasiswa bagi para mahasiswa berprestasi sebagai motivasi untuk
lebih bersemangat lagi dalam belajar. Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa
termasuk leaving cost.
Sistem pendidikan
yang memberikan beasiswa adalah salah satu bentuk memotivasi anak didik yang
masih relevan sampai sekarang.Beasiswa sebagai reword sangat berguna untuk
membangkitkan semangat belajar yang berimplikasi pada kompetisi anak didik,
karena padu dasarnya manusia ingin lebih mulia dari yang lainnya. Konsep ini
jugalah yang tersirat dalam ayat fastabiqul al-khairat. Muhammad Abduh tidak
saja memperhatikan kesejahteraan mahasiswa, ia juga memperlihatkan
kesejahteraan guru-guru dengan memberikan perumahan khusus untuk mereka bagi
mereka juga disediakan kantor-kantor khusus untuk bekerja.
d. Perpustakaan dan Anak Didik
d. Perpustakaan dan Anak Didik
Belajar untuk
memperoleh ilmu tentu tidak cukup hanya didapatkan dari guru. Demi memperluas
wawasan, anak didik harus senang membaca. Senang membaca, salah satunya dapat
dipengaruhi oleh lingkungan. Fasilitas perpustakaan adalah salah satu wadah
untuk menciptakan cinta membaca. Dalam kaitannya dengan perpustakaan, Muhammad
Abduh dalam pembaharuannya di Universitas Al-Azhar sangat apresiatif terhadap
pengembangan, perpustakaan yang menginventarisir buku-buku. Sebagian
perpustakaan itu ditempatkan di mesjid-mesjid yang dekat.
Oleh sebab itu, Muhammad Abduh menyediakan anggaran [budget] khusus untuk menambah buku-buku di perpustakaan, sehingga perpustakaan Universitas al-Azhar mengoleksi buku-huku dari berbagai ilmu pengetahuan.
Oleh sebab itu, Muhammad Abduh menyediakan anggaran [budget] khusus untuk menambah buku-buku di perpustakaan, sehingga perpustakaan Universitas al-Azhar mengoleksi buku-huku dari berbagai ilmu pengetahuan.
Dari penjelasan
tersebut di atas tentang perpustakaan, dapat dipahami bahwa lembaga pendidikan
tidak bisa terlepas dari perpustakaan, apalagi perguruan tinggi. Di antara
fungsi perpustakaan bagi anak didik, yaitu: alat memotivasi untuk cinta
membaca, fasilitas untuk memperdalam ilmu, dan membantu anak didik yang tidak
mampu membeli buku.
e. Sistem Drop Out dan Anak Didik
e. Sistem Drop Out dan Anak Didik
Dalam rangka
menciptakan kesungguhan belajar anak didik, maka perlu dibuat aturan-aturan,
salah satunya adalah sistem droup out. Berkenaan dengan drop out, Muhammad
Abduh juga menerapkan sistem ini di Universitas al-Azhar. Paling lama seseorang
kuliah di Universitas al-Azhar lima belas tahun. Delapan tahun pertama,
mahasiswa bisa mendapatkan ijazah lokal dan empat tahun berikutnya bisa
mendapatkan ijazah sarjana.
Dari penjelsan
tersebut di atas tentang lama masa kuliah dan sistem drop out, maka menurut
penulis dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan gelar sarjana minimal
membutuhkan waktu dua belas tahun. Jika ditarik dalam konteks sistem pendidikan
tinggi saat ini, maka masa dua belas tahun bisa sampai pada tingkat doktoral.
Sistem drop out ini diberlakukan oleh Muhammad Abduh di Universitas al-Azhar
Mesir.
Jika dibandingkan dengan masa studinya dalam menempuh gelar ‘Alim di lembaga pendidikan ini, maka Muhammad Abduh dapat dikatagorikan mahasiswa yang sungguh dalam belajar, karena ia dapat menyelesaikan studinya selama sebelas tahun. Sistem drop out, masih sangat diperlukan dan relevan, khususnya bagi masyarakat yang tidak memiliki budaya yang baik, dalam hal ini budaya rajin dan bersungguh-sungguh dalam belajar.
Jika dibandingkan dengan masa studinya dalam menempuh gelar ‘Alim di lembaga pendidikan ini, maka Muhammad Abduh dapat dikatagorikan mahasiswa yang sungguh dalam belajar, karena ia dapat menyelesaikan studinya selama sebelas tahun. Sistem drop out, masih sangat diperlukan dan relevan, khususnya bagi masyarakat yang tidak memiliki budaya yang baik, dalam hal ini budaya rajin dan bersungguh-sungguh dalam belajar.
BAB
V
KESIMPULAN
Muhammad Abduh adalah seorang
pelopor reformasi dan pembaharuan dalam pemikiran Islam. Ide-idenya yang
cemerlang, meninggalkan dampak yang besar dalam tubuh pemikiran umat Islam.
Beliaulah pendiri sekaligus peletak dasar-dasar sekolah pemikiran pada zaman
modern juga menyebarkannya kepada manusia. Walau guru beliau Jamal Al-Afghani
adalah sebagai orang pertama yang mengobarkan percikan pemikiran dalam jiwanya,
akan tetapi Imam Muhammad Abduh sebagai mana diungkapkan Doktor. Mohammad
Imarah, adalah seorang arsitektur terbesar dalam gerakan pembaharuan dan
reformasi atau sekolah pemikiran modern. Melebihi guru beliu Jamaluddin
Al-Afghani.
Muhammad Abduh memiliki andil
besar dalam perbaikan dan pembaharuan pemikiran Islam kontemporer.
Pemikiran dibidang pendidikan dan pengajaran umum:
a) Perlawanan terhadap taqlid dan kemadzhaban.
b) Perlawanan terhadap buku yang tendensius, untuk diperbaiki dan disesuaikan dengan pemikiran rasional dan historis.
c) Reformasi al-Ahzar yang merupakan jantung umat Islam. Jika ia rusak maka rusaklah umatnya, dan jika ia baik maka baik pula umat Islam.
d) Menghidupkan kembali buku-buku lama untuk mengenal intelektualisme Islam yang ada dalam sejarah umatnya. Dan mengikuti pendapat-pendapat yang benar disesuaikan dengan kondisi yang ada.
Pemikiran dibidang pendidikan dan pengajaran umum:
a) Perlawanan terhadap taqlid dan kemadzhaban.
b) Perlawanan terhadap buku yang tendensius, untuk diperbaiki dan disesuaikan dengan pemikiran rasional dan historis.
c) Reformasi al-Ahzar yang merupakan jantung umat Islam. Jika ia rusak maka rusaklah umatnya, dan jika ia baik maka baik pula umat Islam.
d) Menghidupkan kembali buku-buku lama untuk mengenal intelektualisme Islam yang ada dalam sejarah umatnya. Dan mengikuti pendapat-pendapat yang benar disesuaikan dengan kondisi yang ada.
Konsep pendidikan Muhammad Abduh
ditelaah dari faktor-faktor pendidikan menunjukkan adanya relevansinya dengan
Sistem Pendidikan Nasional yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun
2003, terutama pada tujuan pendidikan Nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan
bangsa serta membentuk peserta didik yang memiliki iman dan takwa serta masih
ada yang relevan pada bab yang lain yang dijabarkan pada pasal-pasal di dalam
undang-undang tersebut.
Berangkat dari persoalan tersebut di atas, M. Abduh mengkaji lebih jauh pemikiran tentang pendidikan Islam yang mewakili kelompok modernis-rasionalis. Atau dengan kata lain, kajian tentang pemikiran pendidikan Islam M. Abduh berada pada wilayah historisitas-empiris yang responsif terhadap adanya perubahan. Dengan demikian, rekonseptualisasi atau bahkan dekonstruksi harus dilakukan terhadap warisan pendidikan Islam yang ada. Di samping juga melakukan upaya-upaya pembaharuan dengan tujuan optimalisasi fungsi pendidikan Islam dalam menghadapi berbagai perubahan dan tantangan mendepan.
Berangkat dari persoalan tersebut di atas, M. Abduh mengkaji lebih jauh pemikiran tentang pendidikan Islam yang mewakili kelompok modernis-rasionalis. Atau dengan kata lain, kajian tentang pemikiran pendidikan Islam M. Abduh berada pada wilayah historisitas-empiris yang responsif terhadap adanya perubahan. Dengan demikian, rekonseptualisasi atau bahkan dekonstruksi harus dilakukan terhadap warisan pendidikan Islam yang ada. Di samping juga melakukan upaya-upaya pembaharuan dengan tujuan optimalisasi fungsi pendidikan Islam dalam menghadapi berbagai perubahan dan tantangan mendepan.
DAFTAR PUSTAKA
C. C Adams,
file:///E:/sekilas-pandangan-mabduh-tokoh.html
Hasan, Ilyas. 1996. Pioneers of Islamic Revival. Bandung: Mizan
Imarah, Muhammad. 2007. 45 Tokoh Pengukir Sejarah (terj). Solo: Era Intermedia
Mj Achyadi, Mohammed. file:///E:/syaikh-muhammad-abduh-dan-reformasi.html Selasa, Februari 02, 2010
Mohammad, Herry. dkk. 2006. Tokoh-Tokoh Islam Yang Berpengaruh Abad 20. Jakarta: Gema Insani
Nasution, Harun. 1975. Pembaharuan Dalam Islam Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Jakarta: Bulan Bintang
Hasan, Ilyas. 1996. Pioneers of Islamic Revival. Bandung: Mizan
Imarah, Muhammad. 2007. 45 Tokoh Pengukir Sejarah (terj). Solo: Era Intermedia
Mj Achyadi, Mohammed. file:///E:/syaikh-muhammad-abduh-dan-reformasi.html Selasa, Februari 02, 2010
Mohammad, Herry. dkk. 2006. Tokoh-Tokoh Islam Yang Berpengaruh Abad 20. Jakarta: Gema Insani
Nasution, Harun. 1975. Pembaharuan Dalam Islam Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Jakarta: Bulan Bintang
No comments:
Post a Comment