Soal No 1: Buat catatan, dengan contoh
pendukung sebagai proporsi dari kerja manajer dan waktu y`ng dihabiskan dalam
melaksanakan tugas dan efektifitas dari kerja perseorangan.
Ditinjau dari sisi manajemen
pendidikan, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan bagian dari manajemen
layanan khusus yang difokuskan pada perilaku budaya hidup bersih warga sekolah
sehari-hari, bukan sekedar layanan kesehatan sekolah. Dalam mengungkap upaya
dan strategi kepala sekolah dalam mencapai prestasi juara UKS di tingkat
nasional (kasus TK Anak Saleh Malang).
Di
negara-negara maju kepala sekolah mendapat sebutan bermacam-macam. Sebagai
atministrator, kepala sekolah harus mampu mendayagunakan sumber yang tersedia
secara optimal. Sebagai manajer, kepala sekolah harus mampu bekerja bersama dan
melalui orang lain dalam organisasi sekolah. Sebagai pemimpin pendidikan,
kepala sekolah harus mampu mengkoordinasi dan menggerakkan semua potensi
manusia untuk mewujutkan tujuan pendidikan. Sebagai supervisor, kepala sekolah
wajib membantu guru meningkatkan kapasitasnya untuk membelajarkan siswa secara
optimal. Peran yang sangat prinsip dari kepala sekolah adalah menyeimbangkan
peran gandanya, yakni sebagai pemimpin manajerial dan sebagai pemimpin
pendidikan (Sergiovanni & Elliot, 1975). Dua ide ini (kepemimpinan dan
administrator) merupakan balance dan support antara satu dengan
yang lain (Sergiovanni, 1987). Beberapa teoritisi menejemen pendidikan
seringkali menyebut manajer dengan
sebutan administrator (Hanson, 1985), sebutan ini interchangable
sebab memiliki fungsi yang sama yaitu bekerja dengan dan melalui orang lain
dengan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien
(Sergiovanni, 1987). Administrasi menurutnya, merujuk pada perilaku rutin yang
dikaitkan dengan tugas seseorang (kepala sekolah).
Dalam
mengembangkan TK Anak Saleh, Kepala Sekolah (manajer) mulai melakukan
terobosan-terobosan melalui penataan menajemen yang baik. Kepala Sekolah
menerapkan pengolahan sekolah secara mandiri, Self Managing School. Dalam
konsep ini hubungan birokrasi menjadi lebih fleksibel dan menyenangkan. Kunci
yang dipegang dalam manajemen TK Anak Saleh adalah manajemen mnusia. Manusia
adalah unsur paling krusial dalam sebuah lembaga pendidikan. Meskipun
pengolahan sekolah ini sudah mendekati pengolahan sebuah perusahaan
(corporate), dimana setiap sistemnya hendaklah bekerja dengan baik, tetap saja
titik pentingnya adalah pengolahan manusia. Dalam hal ini adalah guru dan para
staff. Apabila guru bisa berkembang secara positif, mampu bekerja secara
profesional, maka lembaga bisa saja menargetkan hasil belajar yang akan
dicapai.
Soal No 2: Analisa cara-cara khusus yang
menggambarkan lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi kerja
manajer.
Organisasi
merupakan sebuah sistem yang dinamis, dan begitu menjadi besar, kebutuhannya
semakin kompleks, sehingga tidak mungkin didefinisikan hanya melalui sejumlah
kecil tujuan organisasi yang bermakna. Organisasi juga merupakan sebuah sistem
yang terbuka yang harus mampu memanfaatkan dan mampu merefleksikan lingkungan
sekitarnya (Hoy & Ferguson, 1985).
Berorientasi
pada pendekatan proses maka keefektivan sekolah tidak dilihat dari tingkat
pencapaian tujuannya, melainkan lebih ditekankan pada proses dan kondisinya
yang disebut sebagai karakteristik sekolah seperti iklim, pola-pola pembuatan
keputusan dan semangat kerja guru. Berkaitan dengan karakteristik sekolah,
Owens (1987) membagi dua bagian. Pertama, karakteristik internalsekolah yang
mencakup; gaya kepemimpinan, proses komunikasi, sistem supervisi dan evaluasi,
sistem pembelajaran, kedisiplinan, dan proses pembuatan keputusan. Kedua,
karakteristik eksternal sekolah yang merupakan situasi dimana sekolah berada
dan saling mempengaruhi dengan karakteristik masyarakat seperti kekayaan,
tradisi sosio-kultural, struktur kekuatan politik, dan demografinya.
Keberhasilan
pendidikan di TK Anak Saleh merupakan sinergi dari berbagai elemen, yang
kesemuanya berpusat pada kepentingan anak didik. Oleh karena itu, kepala
sekolah memiliki pandangan bahwa kesuksesan yang dicapai TK Anak Saleh bukan
semata-mata dari dirinya, tetapi juga dukungan guru-guru, orang tua,
masyarakat, dan pemerintah. Sinergi keempat unsur, sekolah-keluarga-masyarakat-pemerintah
disebut sebagai Catur Sentris oleh Kepala Sekolah TK Anak Saleh.
Soal No 3: Analisa pekerjaan dalam suatu
kegiatan:
a.
Penyusunan agenda
Agenda program
pengembangan dan peningkatan UKS TK Anak Saleh terdokumentasi sebagai berikut:
1.
Perawatan sarana dan prasarana
yang memadai, bersih, sehat, dan bahkan suci untuk tempat-tempat ibadah.
2.
Program pengadaan dan perawatan
sarana khusus di ruang UKS.
3.
Program pengadaan dan perawatan
sarana khusus di ruang perpustakaan UKS.
4.
Rapat-rapat koordinasi.
5.
Program pendidikan UKS.
6.
Program pelayanan kesehatan.
7.
Program pembinaan lingkungan
sekolah sehat.
8.
Program atministrasi UKS.
No comments:
Post a Comment