Thursday, June 7, 2012

Contoh Soal Penelitian


Soal No 1: Buat catatan, dengan contoh pendukung sebagai proporsi dari kerja manajer dan waktu y`ng dihabiskan dalam melaksanakan tugas dan efektifitas dari kerja perseorangan.
Ditinjau dari sisi manajemen pendidikan, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan bagian dari manajemen layanan khusus yang difokuskan pada perilaku budaya hidup bersih warga sekolah sehari-hari, bukan sekedar layanan kesehatan sekolah. Dalam mengungkap upaya dan strategi kepala sekolah dalam mencapai prestasi juara UKS di tingkat nasional (kasus TK Anak Saleh Malang).
            Di negara-negara maju kepala sekolah mendapat sebutan bermacam-macam. Sebagai atministrator, kepala sekolah harus mampu mendayagunakan sumber yang tersedia secara optimal. Sebagai manajer, kepala sekolah harus mampu bekerja bersama dan melalui orang lain dalam organisasi sekolah. Sebagai pemimpin pendidikan, kepala sekolah harus mampu mengkoordinasi dan menggerakkan semua potensi manusia untuk mewujutkan tujuan pendidikan. Sebagai supervisor, kepala sekolah wajib membantu guru meningkatkan kapasitasnya untuk membelajarkan siswa secara optimal. Peran yang sangat prinsip dari kepala sekolah adalah menyeimbangkan peran gandanya, yakni sebagai pemimpin manajerial dan sebagai pemimpin pendidikan (Sergiovanni & Elliot, 1975). Dua ide ini (kepemimpinan dan administrator) merupakan balance dan support antara satu dengan yang lain (Sergiovanni, 1987). Beberapa teoritisi menejemen pendidikan seringkali menyebut  manajer dengan sebutan administrator (Hanson, 1985), sebutan ini interchangable sebab memiliki fungsi yang sama yaitu bekerja dengan dan melalui orang lain dengan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien (Sergiovanni, 1987). Administrasi menurutnya, merujuk pada perilaku rutin yang dikaitkan dengan tugas seseorang (kepala sekolah).
            Dalam mengembangkan TK Anak Saleh, Kepala Sekolah (manajer) mulai melakukan terobosan-terobosan melalui penataan menajemen yang baik. Kepala Sekolah menerapkan pengolahan sekolah secara mandiri, Self Managing School. Dalam konsep ini hubungan birokrasi menjadi lebih fleksibel dan menyenangkan. Kunci yang dipegang dalam manajemen TK Anak Saleh adalah manajemen mnusia. Manusia adalah unsur paling krusial dalam sebuah lembaga pendidikan. Meskipun pengolahan sekolah ini sudah mendekati pengolahan sebuah perusahaan (corporate), dimana setiap sistemnya hendaklah bekerja dengan baik, tetap saja titik pentingnya adalah pengolahan manusia. Dalam hal ini adalah guru dan para staff. Apabila guru bisa berkembang secara positif, mampu bekerja secara profesional, maka lembaga bisa saja menargetkan hasil belajar yang akan dicapai.

Soal No 2: Analisa cara-cara khusus yang menggambarkan lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi kerja manajer.
            Organisasi merupakan sebuah sistem yang dinamis, dan begitu menjadi besar, kebutuhannya semakin kompleks, sehingga tidak mungkin didefinisikan hanya melalui sejumlah kecil tujuan organisasi yang bermakna. Organisasi juga merupakan sebuah sistem yang terbuka yang harus mampu memanfaatkan dan mampu merefleksikan lingkungan sekitarnya (Hoy & Ferguson, 1985).
            Berorientasi pada pendekatan proses maka keefektivan sekolah tidak dilihat dari tingkat pencapaian tujuannya, melainkan lebih ditekankan pada proses dan kondisinya yang disebut sebagai karakteristik sekolah seperti iklim, pola-pola pembuatan keputusan dan semangat kerja guru. Berkaitan dengan karakteristik sekolah, Owens (1987) membagi dua bagian. Pertama, karakteristik internalsekolah yang mencakup; gaya kepemimpinan, proses komunikasi, sistem supervisi dan evaluasi, sistem pembelajaran, kedisiplinan, dan proses pembuatan keputusan. Kedua, karakteristik eksternal sekolah yang merupakan situasi dimana sekolah berada dan saling mempengaruhi dengan karakteristik masyarakat seperti kekayaan, tradisi sosio-kultural, struktur kekuatan politik, dan demografinya.
            Keberhasilan pendidikan di TK Anak Saleh merupakan sinergi dari berbagai elemen, yang kesemuanya berpusat pada kepentingan anak didik. Oleh karena itu, kepala sekolah memiliki pandangan bahwa kesuksesan yang dicapai TK Anak Saleh bukan semata-mata dari dirinya, tetapi juga dukungan guru-guru, orang tua, masyarakat, dan pemerintah. Sinergi keempat unsur, sekolah-keluarga-masyarakat-pemerintah disebut sebagai Catur Sentris oleh Kepala Sekolah TK Anak Saleh.

Soal No 3: Analisa pekerjaan dalam suatu kegiatan:
a.      Penyusunan agenda
Agenda program pengembangan dan peningkatan UKS TK Anak Saleh terdokumentasi sebagai berikut:
1.      Perawatan sarana dan prasarana yang memadai, bersih, sehat, dan bahkan suci untuk tempat-tempat ibadah.
2.      Program pengadaan dan perawatan sarana khusus di ruang UKS.
3.      Program pengadaan dan perawatan sarana khusus di ruang perpustakaan UKS.
4.      Rapat-rapat koordinasi.
5.      Program pendidikan UKS.
6.      Program pelayanan kesehatan.
7.      Program pembinaan lingkungan sekolah sehat.
8.      Program atministrasi UKS.

No comments:

Post a Comment