- Bagaimanakah Otak Bekerja
Otak kita tidak bekerja seperti
piranti audio atau video tape recorder. Informasi yang masuk akan secara
kontinyu dipertanyakan. Otak kita mengajukan pertanyaan-pertanyaan seperti ini.
Pernahkan saya
mendengar atu melihat informasi ini sebelumnya?
Di bagian
manakah informasi itu cocok? Apa yang bisa saya lakukan terhadapnya?
Dapatkah saya
asumsikan bahwa ini merupakan gagasan yang sama yang saya dapatkan kemarin atau
bulan lalu atau tahun lalu?
Otak tidak sekedar menerima
informasi, ia mengolah. Untuk mengolah informsi secara efektif, ia akan
terbantu dengan melakukan perenungan semacam itu secara eksternal juga
internal. Otak kita akan melakukan tugas proses belajar yang lebih baik jika
kita membahas informasi dengan orang lain dan jika kita diminta mengajukan
pertanyaan tentang itu. Sebagai contoh, Ruhl, Hughes, dan Schloss (1987) (dalam
Silberman, 2004:18) meminta siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangkunya
tentang apa yang dijelaskan oleh guru pada beberapa jeda waktu yang disediakan
selama pelajaran berlangsung. Dibandingkan dengan siswa dalam kelas pembanding
yang tidak diselingi diskusi, siswa-siswi ini mendapatkan nilai dengan selisih
dua angka lebih tinggi.
No comments:
Post a Comment