Data penelitian yang diperoleh berupa data observasi
pengamatan pengelolaan model pengajaram kolaborasi dan pengamatan aktivitas
siswa dan guru pada akhir pembelajaran, dan data tes formatif siswa pada setiap
siklus.
Data lembar
observasi diambil dari dua pengamatan yaitu data pengamatan pengelolaan model
pengajaram kolaborasi yang digunakan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pengajaram kolaborasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan data
pengamatan aktivitas siswa dan guru serta data pengamatan minat, keterlibatan,
dan partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
Data tes formatif
untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkan proses
belajar mengajar dengan menerapkan model pengajaram kolaborasi.
A. Analisis Data Penelitian
Persiklus
- Siklus I
a.
Tahap Perencanaan
Pada tahap ini peneliti mempersiapkan
perangkat pembelajaran yang terdiri dari rencana pelajaran 1, soal tes formatif
1 dan alat-alat pengajaran yang mendukung. Selain itu juga dipersiapkan lembar
observasi pengolahan model pengajaram kolaborasi, dan lembar observasi
aktivitas guru dan siswa.
b.
Tahap Kegiatan dan Pelaksanaan
Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar
untuk siklus I dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2010 di Kelas II dengan
jumlah 30
siswa. Dalam hal ini peneliti bertindak sebagai pengajar, sedangkan yang
bertindak sebagai pengamat adalah
Kepala Sekolah dengan dibantu oleh seorang guru. Adapun
proses belajar mengajar mengacu pada rencana pelajaran yang telah dipersiapkan.
Pengamatan (observasi) dilaksanakan bersamaan dengan pelaksaaan belajar
mengajar.
No comments:
Post a Comment