Monday, January 27, 2014

Contoh hasil penelitian PTK


Data penelitian yang diperoleh berupa data observasi pengamatan pengelolaan model pengajaram kolaborasi dan pengamatan aktivitas siswa dan guru pada akhir pembelajaran, dan data tes formatif siswa pada setiap siklus.
            Data lembar observasi diambil dari dua pengamatan yaitu data pengamatan pengelolaan model pengajaram kolaborasi yang digunakan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pengajaram kolaborasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan data pengamatan aktivitas siswa dan guru serta data pengamatan minat, keterlibatan, dan partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
            Data tes formatif untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkan proses belajar mengajar dengan menerapkan model pengajaram kolaborasi.
A.    Analisis Data Penelitian Persiklus
  1. Siklus I
a.       Tahap Perencanaan
Pada tahap ini peneliti mempersiapkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari rencana pelajaran 1, soal tes formatif 1 dan alat-alat pengajaran yang mendukung. Selain itu juga dipersiapkan lembar observasi pengolahan model pengajaram kolaborasi, dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa.
b.      Tahap Kegiatan dan Pelaksanaan
Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar untuk siklus I dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2010 di Kelas II dengan jumlah 30 siswa. Dalam hal ini peneliti bertindak sebagai pengajar, sedangkan yang bertindak sebagai pengamat adalah Kepala Sekolah dengan dibantu oleh seorang guru. Adapun proses belajar mengajar mengacu pada rencana pelajaran yang telah dipersiapkan. Pengamatan (observasi) dilaksanakan bersamaan dengan pelaksaaan belajar mengajar.

No comments:

Post a Comment