Pembelajaran kolaboratif (Colaborative Learning) merupakan model
pembelajaran yang menerapkan paradigma baru dalam teori-teori belajar
(Yufiarti:2003) (dalam Sulhan, 2006:69). Pendekatan ini dapat digambarkan
sebagai suatu model pembelajaran dengan menumbuhkan para siswa untuk bekerja
sama dalam kelompok-kelompok kecil untuk mencapai tujuan yang sama.
Pendekatan kolaboratif bertujuan agar
siswa dapat membangun pengetahunnya melalui dialog, saling membagi informasi
sesama siswa dan guru sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuan mental pada
tingkat tinggi. Model ini digunakan pada setiap mata pelajaran terutama yang
mungkin berkembangkan sharing of
information di antara siswa.
Pendekatan kolaboratif dipandang
sebagai proses membangun dan mempertahankan konsepsi yang sama tentang suatu
masalah. Dari sudut pandang ini, model belajar kolaboratif menjadi efisien
karena para anggota kelompok belajar dituntut untuk berpikir secara interaktif.
Para ahli berpendapat bahwa berpikir bukanlah sekedar memanipulasi objek-objek
mental, melainkan juga interaksi dengan oran
glain dan dengan lingkungan.
Dalam kelas yang menerapkan model
kolaboratif, guru membagi otoritas dengan siswa dalam berbagai cara khusus.
Guru mendorong siswa untuk menggunakan pengetahun mereka, menghormati rekan
kerjanya, dan memfokuskan diri pada pemahaman tingkat tinggi.
No comments:
Post a Comment