Sehubungan dengan upaya
meningkatkan motivasi belajar siswa ada dua prinsip yang harus diperhatiakn
oleh guru sebagaimana yang dikemukakan oleh Thomas F. Saton sebagai berikut:
a.
Menyelidiki dengan jelas dan
tegas apa yang diharapkan dari pelajaran untuk dipelajari dan mengapa ia
diharapkan mempelajarinya.
b.
Menciptakan kesadaran yang
tinggi pada pelajaran akan pentingnya memiliki skill dan pengetahun yang akan
diberikan oleh program pendidikan itu.
Dari prinsip-prinsip umum di atas,
menunjukkan bahwa peranan guru Bahasa Indonesia dalam mengajar bahasa Indonesia
dapat dikatakan sangat dominan, begitu pula dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa tampaknya guru yang mengetahui akan kemampuan siswa-siswanya baik secara
individual maupun secara kelompok, guru mengetahui persoalan-persoalan belajar
dan mengajar, guru pula yang mengetahui kesulitan-kesuliatan siswa terhadap
pelajaran Bahasa Indonesia dan bagaimana cara memecahkannya.
No comments:
Post a Comment