Konsep-konsepnya Maslow dan Bruner
mengurusi perkembangan metode belajar kolaboratif yng sedemikian popular dalam
lingkup pendidikan masa kini. Menempatkan siswa dalam kelompok dan memberi
mereka tugas yang menuntut untuk bergantung satu sama lain dalam mengerjakannya
merupakan cara yang bagus untuk memanfaatkan kebutuhan sosial siswa. Mereka
menjadi cenderung lebih telibat dalam kegiatan belajar karena mereka
mengerjakannya bersama teman-teman. Begitu terlibat, mereka juga langsung
memiliki kebutuhan untuk membicarakan apa yang mereka alami bersama teman, yang
mengarah kepada hubungan-hubungan lebih lanjut.
Kegiatan belajar bersama dapat
membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang
dapat menstimulasi belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan
siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya
memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran.
Metode belajar bersama yang terbaik, semisal pelajaran menyusun gambar
(jigsaw), memenuhi persyaratan ini. Pemberian tugas yang berbeda kepada siswa
akan mendorong mereka untuk tidak hanya belajar bersama, namun juga mengajarkan
satu sama lain.
No comments:
Post a Comment