Penunjang dan Penghambat Mobilitas
Anak-anak
yang berasal dan kelas sosial menengah pada umumnya memiliki pengalaman belajar
yang lebih menunjang mobilitas naik daripada pengalaman anak-anak kelas sosial
rendah. Para sarjana teori konflik berpandangan bahwa ijazah, tes, rekomendasi,
“jaringan hubungan antar teman (merupakan jaringan
hubungan antara teman-teman dekat
dalam suatu jenis profesi atau dunia
usaha. Mereka saling tukar-menukar informasi dan rekomendasi menyangkut
kesempatan kerja, sehingga menyulitkan bagi orangorang luar” untuk dapat menerobosnya), dan diskriminasi terang-terangan terhadap kelompok
ras maupun kelompok etnik minoritas, serta orang-orang dari kelas sosial
rendah. untuk melakukan mobilitas-naik; di lain pihak, faktor penghambat
tersebut juga menutup kemungkinan terjadinya mobilitas-menurun bagi kelompok
orang dari kelas sosial atas. Di samping faktor penghambat, terdapat pula
faktor
No comments:
Post a Comment