Penjelasan alur di atas
adalah:
1. Rancangan/rencana awal, sebelum mengadakan
penelitian peneliti menyusun rumusan masalah, tujuan dan membuat rencana
tindakan, termasuk di dalamnya instrumen penelitian dan perangkat pembelajaran.
2. Kegiatan dan pengamatan, meliputi tindakan
yang dilakukan oleh peneliti sebagai upaya membangun pemahaman konsep siswa
serta mengamati hasil atau dampak dari diterapkannya strategi pembelajaran ekspositori.
3. Refleksi, peneliti mengkaji, melihat dan
mempertimbangkan hasil atau dampak dari tindakan yang dilakukan berdasarkan
lembar pengamatan yang diisi oleh pengamat.
4. Rancangan/rencana yang direvisi,
berdasarkan hasil refleksi dari pengamat membuat rangcangan yang direvisi untuk
dilaksanakan pada siklus berikutnya.
Observasi dibagi dalam setiap siklus,
yaitu siklus 1, 2, dan seterusnya, dimana masing siklus dikenai perlakuan yang
sama (alur kegiatan yang sama) dan membahas satu sub pokok bahasan yang
diakhiri dengan tes formatif di akhir masing putaran. Siklus ini berkelanjutan
dan akan dihentikan jika sesuai dengan kebutuhan dan dirasa sudah cukup.
No comments:
Post a Comment