Monday, January 27, 2014

Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Siswa Pada Siklus


Pada akhir proses belajar mengajar siswa diberi tes formatif I dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar yang telah dilakukan. Adapun data hasil penelitian pada siklus I adalah sebagai berikut:

     Tabel 4.1. Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Siswa Pada Siklus I
No
Uraian
Hasil Siklus I
1
2
3
Nilai rata-rata tes formatif
Jumlah siswa yang tuntas belajar
Persentase ketuntasan belajar
75,93
18
51

 Dari tabel di atas dapat dijelaskan bahwa dengan menerapkan model pengajaram kolaborasi diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa adalah 75,93 dan ketuntasan belajar mencapai 51% atau ada 18 siswa dari 30 siswa sudah tuntas belajar. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada siklus pertama secara klasikal siswa belum tuntas belajar, karena siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 hanya sebesar 51% lebih kecil dari persentase ketuntasan yang dikehendaki yaitu sebesar 85%. Hal ini disebabkan karena siswa masih merasa baru dan belum mengerti apa yang dimaksudkan dan digunakan guru dengan menerapkan model pengajaram kolaborasi.
a.       Analilisis Data Minat, Perhatian, Partisipasi
1)      Minat
Dari analisis data diperoleh hasil sebanyak 18 siswa (57,14%) memiliki minat baik, 7 siswa (22,92%) memiliki minat cukup, 5 siswa (22,80%) memiliki minat kurang .

2)      Perhatian
Dari analisis data diperoleh hasil sebanyak 17 siswa (57,14%) memiliki perhatian baik, 6 siswa (20,00%) memiliki perhatian cukup, 7 siswa (22,86%) memiliki perhatian kurang.
3)      Partisipasi
Dari analisis data diperoleh hasil sebanyak 16 siswa (54,28%) memiliki partisipasi baik, 7 siswa (22,86%) memiliki partisipasi cukup, 7 siswa (22,86%) memiliki partisipasi kurang.

No comments:

Post a Comment