- Sosial Proses Belajar
Karena siswa masa kini menghadapi
dunia di mana terdapat pengetahun yang luas, perubahan pesat, dan
ketidakpastian, mereka bisa mengalami kegelisahan dan bersikap defensif.
Abraham Maslow mengajarkan kepada kita bahwa manusia memiliki dua kumpulan
kekuatan atau kebutuhan yang satu berupaya untuk tumbuh dan yang lain condong
kepada keamanan. Orang yang dihadapkan pada kedua kebutuhan ini akan memiliki
keamanan ketimbang pertumbuhan. Kebutuhan akan rasa aman harus dipenuhi sebelum
bisa sepenuhnya kebutuhan untuk mencapai sesuatu mengambil resiko, dan menggali
hal-hal baru. Pertumbuhan berjalan dengan langkah-langkah kecil, menurut Maslow, dan “tiap langkah maju hanya
dimungkin akan bila ada rasa aman, yang mana ini merupakan langkah ke depan dari
suasana rumah yang aman menuju wilayah yang belum diketahui” (Maslow, 1968)
(dalam Silberman, 2004:24).
Salah satu cara utama untuk
mendapatkan rasa aman adalah menjalin hubungan dengan orang lain dan menjadi
bagian dari kelompok. Perasaan saling memiliki ini memungkinkan siswa untuk
menghadapi tantangan. Ketika mereka belajar bersama teman, bukannya sendirian,
mereka mendapatkan dukungan emosional dan intelektual yang memungkinkan mereka
melampaui ambang pengetahun dan keterampilan mereka yang sekarang.
Jerome Bruner membahas sisi sosial
proses belajar dama buku klasiknya, Toward
a Theory of Instruction. Dia menjelaskan tentang “kebutuhan mendalam
manusia untuk merespon orang lain dan untuk bekerjasama dengan mereka guna
mencapai tujuan,” yang mana hal ini dia sebut resiprositas (hubungan timbal balik). Bruner berpendapat bahwa
resiprositas merupakan sumber motivasi yang bisa dimanfaatkan oleh guru sebagai
berikut, “Di mana dibutuhkan tindakan bersama, dan di mana resiprositas
diperlukan bagi kelompok untuk mencapai suatu tujuan, disitulah terdapat proses
yang membawa individu ke dalam pembelajaran membimbingnya untuk mendapatkan
kemampuan yang diperlukan dalam pembentukan kelompok” (Bruner, 1966) (dalam
Silberman, 2004:24).
No comments:
Post a Comment