(Pike, 1989) (dalam Silberman,
2004:17). Penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan hingga 200 persen
ketika digunakan media visual dalam mengajarkan kosa kata. Tidak hanya itu,
waktu yang diperlukan untuk menyajikan sebuah konsep dapat berkurang hingga 40
persen ketika media visual digunakan untuk mendukung presentasi lisan. Sebuah
gambar barangkali tidak memiliki ribuan kata, namun ia tiga kali lebih efektif
ketimbang kata-kata saja.
Ketika pengajaran memiliki dimensi
auditori dan visual, pesan yang diberikan akan menjadi lebih kuat berkat kedua
sistem penyampaian itu. Juga, sebagian siswa, seperti akan kita bahas nanti.
Lebih menyukai satu cara penyampaian ketimbang cara yang lain. Dengan
menggunakan keduanya, kita memiliki peluang yang lebih besar untuk memenuhi
kebutuhan dari beberapa tipe siswa. Namum demikian belajar tidaklah cukup hanya
dengan mendengarkan atau melihat sesuatu.
No comments:
Post a Comment