ABSTRAK
“ Peningkatkan Prestasi Belajar
Bahasa Indonesia Dengan Menerapan Model Pengajaran Kolaborasi Pada Siswa-Siswi
Kelas II di MI Miftahul Khoir Purwosari Kab. Pasuruan “
Kata
Kunci : Bahasa, Model Kolaborasi
Berhasil tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak
faktor diantaranya adalah faktor gurudalam melaksanakan proses belajar
mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruh, membina
danmeningkatkan kecerdasan serta ketrampilan siswa. Untuk mengatasi
permasalahan diatas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran
guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/ model mengajar yang baik
dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep
mata pelajaran yang akan disampaikan.
Permasalan yang ingin
dikaji dalam penelitian ini adalah : (a) Bagaimanakah
peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia dengan diterapkannya model
pengajaran kolaborasi pada siswa Kelas II di MI Miftahul Khoir Purwosari kabupaten Pasuruan ? (b) Bagaimanakah pengaruh
model pengajaran kolaborasi terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia pada
siswa Kelas II di MI Miftahul Khoir Purwosari
Kabupaten Pasuruan ?
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah : (a) Ingin
mengetahui peningkatan prestasi belajar Bahasa
Indonesia dengan diterapkannya model pengajaran kolaborasi pada siswa.
(b) Ingin mengetahui pengaruh model
pengajaran kolaborasi terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa.
Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan (Action
Research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah
pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif,
sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan
bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai. Sasaran
penelitian ini adalah siswa kelas II (Dua)
Data yang diperoleh
berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar maengajar.
Dari hasil analisis di dapatkan bahwa prestasi belajar
siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I ( 51%),
siklus II (89%).
Kesimpulan dari
penelitian ini adalah metode model permainan dapat berpengaruh positif terhadap
motivasi belajar siswa MI Miftahul Khoir Purwosariseta metode pembelajaran ini
dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran bahasa indonesia.
No comments:
Post a Comment