Monday, January 27, 2014

Contoh ABSTRAK PTK


ABSTRAK

“ Peningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menerapan Model Pengajaran Kolaborasi Pada Siswa-Siswi Kelas II  di  MI Miftahul Khoir Purwosari Kab. Pasuruan “
Kata Kunci : Bahasa, Model Kolaborasi
            Berhasil tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor gurudalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruh, membina danmeningkatkan kecerdasan serta ketrampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan diatas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/ model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan.
Permasalan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah : (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia dengan diterapkannya model pengajaran kolaborasi pada siswa Kelas II di MI Miftahul Khoir Purwosari  kabupaten Pasuruan ? (b) Bagaimanakah pengaruh model pengajaran kolaborasi terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa Kelas II di MI Miftahul Khoir Purwosari  Kabupaten Pasuruan ?
            Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah : (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia dengan diterapkannya model pengajaran kolaborasi pada siswa. (b) Ingin mengetahui pengaruh model pengajaran kolaborasi terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa.
            Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (Action Research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas II (Dua)
Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar maengajar.
            Dari hasil analisis di dapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I ( 51%), siklus II (89%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode model permainan dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa MI Miftahul Khoir Purwosariseta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran bahasa indonesia.

No comments:

Post a Comment