- Siklus II
a.
Tahap Perencanaan
Pada tahap ini peneliti mempersiapkan
perangkat pembelajaran yang terdiri dari rencana pelajaran 3, soal tes formatif
3 dan alat-alat pengajaran yang mendukung. Selain itu juga dipersiapkan lembar
observasi pengelolaan model pengajaram kolaborasi dan lembar observasi
aktivitas guru dan siswa.
b.
Tahap kegiatan dan pengamatan
Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar
untuk siklus II dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2010 di Kelas II dengan
jumlah siswa 30 siswa. Dalam hal ini peneliti bertindak sebagai pengajar, sedangkan
yang bertindak sebagai pengamat adalah Kepala Sekolah II dengan dibantu oleh seorang
guru. Adapun proses belajar mengajar mengacu pada rencana pelajaran dengan
memperhatikan revisi pada siklus I, sehingga kesalahan atau kekurangan pada
siklus II tidak terulang lagi pada siklus II. Pengamatan (observasi)
dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan belajar mengajar.
Pada akhir proses belajar mengajar
siswa diberi tes formatif II dengan tujuan untuk mengetahui tingkat
keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar yang telah dilakukan.
Instrumen yang digunakan adalah tes formatif II. Adapun data hasil penelitian
pada siklus II adalah sebagai berikut:
Tabel 4.2 Hasil Tes
Formatif Siswa pada Siklus II
No
|
Uraian
|
Hasil Siklus II
|
1
2
3
|
Nilai rata-rata tes formatif
Jumlah siswa yang tuntas belajar
Persentase ketuntasan belajar
|
88,83
31
89
|
No comments:
Post a Comment